Jenis Barang Dagangan di Pasar

Manusia memerlukan banyak kebutuhan untuk menunjang hidupnya. Kebutuhan hidup manusia yang paling utama adalah kebutuhan terhadap makanan. Kebutuhan setelah makanan adalah kebutuhan terhadap pakaian dan tempat tinggal. Tidak semua kebutuhan hidup manusia dapat dipenuhi. 

Kemampuan manusia untuk memenuhi segala kebutuhan hidupnya ditentukan oleh tingkat kesejahteraan masing-masing. Salah satu cara manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya adalah dengan cara berbelanja. Belanja biasa kita lakukan di pasar. Di pasar berbagai macam barang dagangan ditawarkan kepada pembeli. Berbagai jenis barang dagangan yang biasa diperjualbelikan di pasar di antaranya adalah sebagai berikut:

A. Makanan dan Minuman

Makanan dan minuman banyak dijual dalam berbagai bentuk. Pada zaman sekarang makanan dan minuman dijual dalam bentuk kemasan yang praktis. Makanan dan minuman yang telah masak tersebut diawetkan dan dimasukkan ke dalam kemasan yang higienis agar tahan lama. Selain makanan dan minuman dalam kemasan yang praktis, disediakan pula aneka makanan dan minuman yang segar tanpa bahan pengawet. Makanan dan minuman seperti ini dijual dan dimasak untuk langsung dimakan pada saat itu juga.

B. Hasil Pertanian dan Peternakan

Hasil pertanian dan peternakan meliputi sayur-mayur, buah-buahan, beras, palawija, tepung, ikan, daging, dan telur. Barang dagangan jenis ini adalah barang kebutuhan manusia sehari-hari untuk memenuhi energi dalam tubuh seperti karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral.

C. Bahan Pakaian

Bahan pakaian dijual di pasar dengan berbagai macam bentuk, corak, dan ukuran. Ada bahan pakaian yang dijual dalam bentuk pakaian jadi dan ada pula yang dijual dalam bentuk lembaran kain. Bahan lembaran kain ada yang dijual secara meteran dan ada yang secara kiloan.

Jenis Barang Dagangan di Pasar

D. Barang Kelontong

Barang kelontong adalah barang-barang untuk keperluan sehari-hari seperti sabun, sikat gigi, gelas, cangkir, mangkuk, piring, sendok, garpu, dan perkakas rumah tangga

C. Barang Kebutuhan Kantor dan Sekolah

Barang kebutuhan untuk pekerjaan di kantor dan kebutuhan di sekolah meliputi alat tulis, kertas, dan buku baik buku pengetahuan umum maupun buku pelajaran sekolah. 

D. Barang Elektronik, Olahraga, dan Musik

Barang elektronik untuk kebutuhan sehari-hari banyak jenisnya, demikian pula dengan alat-alat untuk bermain musik maupun berolahraga. Pacth zaman sekarang kebutuhan akan barang elektronik sudah sangat penting, seperti televisi, komputer, kalkulator, radio, dan kulkas.


Daftar Pustaka: Yudhistira