Klasifikasi Sistem Lima Kingdom

Sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan ditemukannva mikroskop elektron serta teknik biokimia, untuk mengetahui perbedaan makhluk hidup sampai ke tingkat sel menggugah pendapat para ahli biologi membuat klasifikasi baru. 

Pada tahun 1969 Robert H.Whittaker seorang ahli biologi dari Amerika Serikat menyusun klasifikasi organisme yang mempertimbangkan tingkat organisme, sel, dan jenis nutrisinsa, menjadi klasifikasi sistem Lima Kingdom. 

Konsep yang diajukan Whittaker ternyata mendapat sambutan baik dan disetujui oleh sebagian besar ahli biologi. Whittaker memisahkan jamur (Fungi) dari kerajaan tumbuhan (kingdom Plantarum) dan dijadikan kingdom tersenciirie Alasan yang dikemukakan Whittaker adalah seperti berikut. 

  • Jamur tidak melakukan fotosintetis, tetapi menyerap makanan dari organisme lain.
  • Jamur berbeda dengan tumbuhan lain dalam hal susunan dinding sel, struktur tubuh, dan cara reproduksinya.

Kelima kingdom tersebut adalah sebagai berikut:

a. Kingdom
Monera yang terdiri atas berbagai jenis bakteri dan ganggang biru (Cyanophyta). 

b.Kingdom Protista
yang terdiri atas ganggang dan protozoa. 

c. Kingdom Fungi
yang terdiri atas jamur dan khamir (ragi). 

d.Kingdom Plantarum
yang terdiri atas tumbuhan tingkat rendah dan tumbuhan tingkat tinggi. 

e.Kingdom Animalia
yang terdiri atas hewan tingkat rendah dan hewan tingkat tinggi. 

Menyusun Kunci Determinasi Sederhana
Sebelum menyusun kunci determinasi, pelajarilah yang dimaksud kunci determinasi dan cara menggunakannya! Untuk itu, mari kita pelajari uraian materi tentang kunci determinasi berikut ini:

  • Kunci Determinasi
Dalam melakukan klasifikasi makhluk hidup, para ahli biologi menggunakan alat bantu untuk mempermudah mengamati persamaan dan perbedaan ciri makhluk hidup yang akan dikelompokkan. Alat bantu tersebut berupa kunci detenninasi, yaitu daftar yang memuat sejumlah keterangan tentang suatu makhluk hidup untuk menentukan suatu makhluk hidup masuk ke dalam kelompok tertentu. Secara umum, keterangan yang termuat di dalam kunci determinasi ditentukan berdasarkan pada ciri morfologi yang mudah dilihat. 

Klasifikasi Sistem Lima Kingdom

Salah satu contoh kunci determinasi yang sering digunakan oleh para ahli untuk melakukan klasifikasi makhluk hidup adalah kunci dikotomis. Kunci dikotomis memuat keterangan (pernyataan) yang berpasangan dengan ciri-ciri yang saling berlawanan. 

Ciri-ciri itu disusun dengan urutan daftar berupa nomor-nomor. Kunci determinasi biasanya bersifat dikotomis, artinya pada setiap nomor yang memuat daftar ciri tertentu selalu terdapat dua pernyataan, satu pernyataan berciri "va ", sedangkan pernyataan lain berciri "tidak ". Kunci determinasi biasanya dirancang dan disusun untuk kelompok makhluk, hidup tertentu. Jarang sekali atau bahkan tidak ada kunci determinasi yang dirancang dan disusun untuk seluruh makhluk hidup.
 
  • Cara Menggunakan Kunci Determinasi Dikotomis
Bagaimanakah cara menggunakan kunci determinasi dikotomis?


Daftar Pustaka: Yudhistira