Macam Jenis Klasifikasi Makhluk Hidup

Klasifikasi Sistem Buatan, Alami, dan Filogenik -Pada umumnya, pengelompokan makhluk hidup dilakukan dengan menggunakan suatu sistem tertentu. Sistem klasifikasi yang dikenal sampai sekarang adalah sistem buatan, alami, dan filogenik. 

  • Sistem Buatan
Klasifikasi menurut sistem buatan adalah suatu cara pengelornpokan makhluk hidup berdasarkan satu atau beberapa ciri saja dengan atau tanpa membandingkan makhluk tersebut dengan makhluk hidup lainnya. Ciri yang umumnya diamati pada sistem ini, antara lain ciri morfologi, alat reproduksi, habitat, dan penampakan makhluk hidup (bentuk dan ukuran). 

Aristoteles (384-322 SM) menggunakan sistem klasifikasi buatan dengan membagi makhluk hidup menjadi dua kelompok, yaitu kelompok tumbuhan dan hewan. Tumbuhan dikelompokkan lagi menjadi tiga kelompok, berdasarkan ukuran dan bentuknya, yaitu berupa pohon, herba, dan semak. Selanjutnya, hewan dikelompokkan menjadi dua kelompok, yaitu hewan yang hidup di darat dan hewan yang hidup.

  • Sistem Alami
Klasifikasi sistem alami adalah klasifikasi vang dischsargtan pada persamaan ciri morfologi yang diberikan alam sehingga terbentuk tingkatan Idasilikasi alami Contoh klasifikasi sistem ini adalah tumbuhan dapat dikelompolckan ata ada tidaknva kotiledon atau sifat-sifat kotiledon yang lainnya. Dengan demikian, tumbuhan dapat dikelompokkan menjadi acotyledonae, monocotyledonae, dan dycotyledonae.

Macam Jenis Klasifikasi Makhluk Hidup

John Ray (1627-1705) penganut sistem ini mengelompokkan tumbuhan dengan Enggunakan ciri bunga, batang, dan akarnya. Pengelompokan yang dilakukan John Ray rang teratur dan tidak disertai tata nama sehingga hasilnya kurang memuaskan para ahli. 

  • Sistem Filogenik
Klasifikasi sistem filogenik baru muncul setelah lahirnya teori evolusi. Sistem filogenik adalah klasifikasi yang disusun dari dasar persamaan fenotipe, fungsi alat tubuh, tingkah laku dapat diamati, dan pewarisan keturunan yang mengacu pada hubungan evolusioner dari nenek moyang hingga perkembangannya saat ini. Dengan demikian, klasifikasi sistem ini berdasarkan jauh dekatnya kekerabatan antara takson yang satu dengan takson yang lainnya.



Daftar Pustaka: Yudhistira