Macam Jenis Tanah di Indonesia

Jenis Tanah di Indonesia - Di Indonesia terdapat berbagai jenis tanah dan setiap jenis tanah mempunyai ciri-ciri tertentu. Ciri-ciri tersebut dipengaruhi oleh faktor-faktor pembentuk tanah seperti; iklim, makhluk hidup, topografi, bahan induk, dan waktu. Jenis-jenis tanah di Indonesia, antara lain sebagai berikut:

  • Aluvial
Di Indonesia tanah ini umumnya dijadikan lahan pertanian karena subur. Contoh tanah aluvial antara lain terdapat di pantai utara Pulau Jawa yang dialiri oleh sungai-sungai. Luas tanah aluvial di Indonesia sekitar 7.000.000 ha. 

  • Organosol (gambut)
Akumulasi bahan organis pada jenis tanah ini terjadi karena proses penghancuran bahan organis berjalan lebih lambat daripada proses penimbunan. Kondisi ini membentuk tanah organis atau tanah gambut. Contoh tanah orga-nosol di Indonesia terdapat di rawa-rawa di Kalimantan, Sumatera bagian timur, dan Papua bagian selatan. Mempunyai luas ± 27.000.000 ha.
 
  • Regosol
Tanah regosol mempunyai ciri bertekstur kasar, dengan kadar pasir lebih dari 60%, struktur remah serta memiliki horizon yang kurang jelas. Tanah regosol terbagi menjadi tiga macam, yaitu regosol abu vulkanis, bukit pasir, dan regosol batuan sedimen. Tanah ini banyak terdapat di sekitar gunung berapi di Jawa, Sumatera, Sulawesi, dan Nusa Tenggara Barat. 

  • Laterit
Di Indonesia tanah ini terdapat antara lain di Surakarta (Jawa Tengah) dan Kotabumi (Sumatera Selatan). 

  • Latosol
Tanah ini berasal dari batuan vulkanis. Terdapat di wilayah datar sampai bergunung. Luasnya mencapai 17.000.000 ha. Terdapat di Bogor (Jawa Barat), Jambi, Sumatera Selatan, Sulawesi, Makassar, dan sebagian Papua.
 
  • Litosol
Tanah ini terdapat di pegunungan kapur Jawa Timur, Jawa Tengah, Madura, Nusa Tenggara Timur, Maluku Selatan, dan Sumatera. 

Macam Jenis Tanah di Indonesia
 
  • Mediteran
Merah Kuning Di Indonesia tanah mediteran merah kuning terdapat di daerah Gunung Kidul (DI Yogyakarta), Baheran (Jawa Timur), Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Tenggara, dan Maluku. Luasnya mencapai 17.000.000 ha. 

  • Podsolik
Merah Kuning Di Indonesia luas tanah ini diperkirakan 48.000.000 ha, terdapat di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Papua, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Banten. 

  • Grumosol
Jenis tanah ini terdapat di daerah datar sampai bergelombang, terdapat di Karawang (Jawa Barat), lembah dan kaki gunung di Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, dan Maluku. Luasnya sekitar 1.000.000 ha. 

  • Andosol
Jenis tanah andosol terdapat di daerah Gunung Wayang (Pangalengan), Pegunungan Salak (Jawa Barat), Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi, Bali, Lombok, Halmahera, Makassar, dan sebagian Kalimantan. Luas wilayah sekitar 5.000.000 ha. 

  • Planosol
Jenis tanah ini tersebar di daerah Karawang (jawa Barat), Semarang (Jawa Tengah), Jawa Timur, Lampung, dan Nusa Tenggara Barat. 

  • Podsol
Jenis tanah ini tersebar di pegunungan tinggi di Indonesia, dataran rendah di Padang, Kutai (Kalimantan Timur), Bangka, Belitung, Jambi, Riau, Kalimantan barat dan Papua.

Daftar Pustaka : PT. Bumi Aksara