Mengenal Istilah dalam Ekosistem

Setiap organisme sangat bergantung pada organisme lain dan sumber dava ada di sekitarnya. Sumber daya alam tersebut digunakan untuk keperluan pertumbuhan, perlindungan, dan perkembangbiakan. Hubungan antarorganisme dengan, lingkungan, baik lingkungan biotik maupun lingkungan abiotik merupakan hubungan timbai balik yang rumit dan kompleks.

Inilah yang dipelajari dalam ekosistem. Ekosistem terdiri atas semua organisme hidup (biotik) dan lingkungan tidak hidup (abiotik) yang mengelilinginva serta dapat menopang semua kebutuhan hidupnya dengan bantuan energi cahaya matahari.

Energi yang dihasilkan oleh tumbuhan dari hasil fotosintetis merupakan sumber energi untuk seluruh organisme yang ada dalam ekosistem. Selanjutnya, beredar melalui rantai makanan dan jaring-jaring makanan.

Sebuah ekosistem tidak sepenuhnya dalam keadaan mantap atau stabil, tetapi dalam keadaan keseimbangan yang mudah goyah. Untuk mengetahui lebih banyak tentang ekosistem dan hubungan saling ketergantungan antarkomponen penyusunnya, marilah kita perhatikan uraian materi berikut ini. 

Ekosistem disusun oleh makhluk hidup dan makhluk tak hidup. Makhluk hidup yang ada di dunia memiliki jumlah sangat banyak dengan variasi jenis yang beraneka ragam. 

Untuk mempermudah pemahaman tentang ekosistem digunakan berbagai macam istilah sehingga mempermudah mengenal satuan-satuan makhluk hidup dalam ekosistem. Istilah-istilah tersebut adalah sebagai berikut. 

1. Individu Makhluk hidup tunggal dan hidupnya dapat berdiri sendiri. Contohnya, satu tanaman pisang, seekor kera, dan seorang anak laki-laki.
 
2. Populasi Sekumpulan individu makhluk hidup sejenis yang hidup di suatu daerah (habitat) tertentu. Contohnya, beberapa ayam di kandang, serumpun padi di sawah, dan sekelompok anak difialaman.
 
3. KomunitasSekumpulan populasi berbagai jenis makhluk hidup yang hidup bersama di suatu habitat tertentu. Contohnya, populasi katak, ikan, ular, kerbau, dan tanaman padi di sawah membentuk komunitas sawah.

Mengenal Istilah dalam Ekosistem

Komunitas atau kumpulan beberapa komunitas dan lingkungan tak hidup bersama-sama membentuk suatu sistem ekologi yang dinamakan ekosistem. Dalam suatu ekosistem terjadi interaksi antara komponen-komponen penyusunnya sehingga terbentuk suatu kesatuan fungsional. Keseimbangan suatu ekosistem akan berubah apabila terjadi gangguan pada salah satu komponen penyusunnya. 

Untuk menjelaskan pemahaman tentang satuan-satuan makhluk hidup dalam ekosistem.
 
4. Lingkungan Segala sesuatu yang terdapat di sekitar makhluk hidup dan berpengaruh terhadap makhluk hidup itu disebut lingkungan. Lingkungan dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu lingkungan benda tak hidup yang meliputi tanah, batu, air, udara, dan cahaya.

Lingkungan benda hidup meliputi semua komponen biotik yang berpengaruh terhadap makhluk hidup dalam lingkungan itu. Hal ini berarti bahwa tiap makhluk hidup di daerah tertentu berkedudukan sebagai lingkungan bagi makhluk hidup yang lain di daerah itu.
 
5. Habitat Setiap makhluk hidup memerlukan tempat untuk kelangsungan hidnibnya. Akan tetapi, tidak sembarang tempat dapat digunakan untuk mendukung kelangsungan hidup agar makhluk hidup itu tetap survive. Misalnya, harimau hidup di hutan yang merupakan habitatnya. Jadi, lingkungan tempat hidup suatu makhluk hidup disebut habitat.
 
Agar kamu memperoleh gambaran tentang perbedaan antara individu, populasi, dan komunitas, berikut ini diberikan gambar perbedaan tersebut.



Daftar Pustaka: Yudhistira