Panduan Cara Membuat dan Menggunakan Peta

Berdasarkan letak geografisnya, Benua Eropa terletak di sebelah utara Benua Afrika, di sebelah barat Benua Asia, dan di sebelah timur Benua Amerika.
 
1. Batas Negara
Benua Eropa terbagi menjadi Eropa Barat, Eropa Utara. Eropa Timur, Eropa Selatan, dan Eropa Tengah. Negara di Eropa Barat, Eropa Utara. Eropa Timur, Eropa Selatan, dan Eropa Tengah dapat dilihat pada daftar-daftar berikut.

2. Pegunungan
Pegunungan di Eropa meliputi Pegunungan Alpin dan kelompok Pegunungan Mediterania. Pada Pegunungan Mediterania terdapat tiga semenanjung besar. yakni Semenanjung Pyrenia, Semenanjung Italia, dan Semenanjung Balkan. 

Puncak tertinggi pegunungan adalah Pegunungan Kaukasus, yakni pada Gunung Elbrus (5.633 m). Karena tingginya puncak gunung tersebut diselimuti salju. Pegunungan lainnya adalah Pegunungan Alpen Pennine dengan puncaknya Gunung Monte Rosa (4.634 m). 

Pegunungan Pyrenia Tengah dengan puncaknya Gunung Pico de Aneto (3.404 m), dan Pezunungan Alpenina di Italia dengan puncaknya Gunung Corno Grande (2.914 m). Daerah-daerah pegunungan tersebut kurang baik untuk pertanian karena dngginya tempat dan lerentwya yang sangat curam. 

3. Sungai
Beberapa sungai penting di Benua Eropa. antara lain. sebagai berikut:
  • Sungai Volga merupakan sungai terpanjang ch Eropa:
  • Sungai Donau di Eropa Tengah merupakan sungai yang sangat penting untuk kepentingan pembangkit tenaga listrik dan perairan:
  • Sungai Rhein memegang peranan penting di Eropa Barat, terutama untuk usaha pertanian. Kebanyakan sungai tersebut melalui beberapa negara dan namanya berubah-ubah menurut bahasa negara yang dilaluinya. Sungai-sungai yang lain adalah Sungai Don, Sungai Vistula, Sungai Dnestr, Sungai Neman, Sungai Ebro, Sungai Oder, Sungai Rhone, Sungai Loire, dan Sungai Tajo.

Panduan Cara Membuat dan Menggunakan Peta

4. Danau.
Di Benua Eropa terdapat beberapa danau, antara 1ain, adalah Danau Copais, Danau Walda, Danau Rybins, dan Danau Ladoga. Danau-danau tersebut digunakan sebagai pem-bangicit tenaga listrik, irigasi, perikanan darat, dan objek wisata.

5. Bentang Alam Lainnya
Pada Pegunungan Mediteran/Laut Tengah terdapat tiga semenanjung besar, yaitu Semenanjung Pyrenia, Italia, dan Balkan. Puncak pegunungannya adalah puncak Mount Blanc, Gunung Monte Rosa, Gunung Picor de Aneto, Gunung Carno Grande. 

Kawasan itu kurang baik untuk usaha pertanian karena ketinggian dan lereng yang curam. Di Benua Eropa juga terdapat dataran rendah. Pada dataran rendah mengalir sungai-sungai yang bermuara di laut dan teluk. seperti Sungai Rhein bermuara di Laut Utara, Sungai Elbe dan Sungai Vistula bermuara di Luat Baltik, Sungai Rhone bermuara di Laut Tengah/Laut Mediterania, dan Sungai Donau bermuara di Laut Hitam. 



Daftar Pustaka: PT. Selangkah Maju