Pengertian dan Ciri Dunia Tumbuhan

Dunia tumbuhan beranggotakan seluruh tumbuhan yang hidup di muka bumi.Meski diperkirakan berasal dari nenek moyang yang sama,dalam perkembanggannya,tumbuhan terbagi menjadi tiga kelompok,yaitu lumut,paku,dan tumbuhan berbiji. Ciri-ciri apa sajakah yang membedakan ketiga kelompok tumbuhan tersebut?Seberapa besarkah peranan tumbuhan bagi kehidupan.

Kalian tentu masih ingat tentang ganggang hijau, bukan? Ganggang hijau dipercaya memiliki hubungan yang sangat dekat dengan tumbuhan. Banyak ahli yang berpendapat bahwa ganggang hijau merupakan leluhur dari tumbuhan.

Pendapat demikian dimungkinkan karena adanya beberapa kesamaan ciri yang dimiliki ganggang hijau dan tumbuhan. Berarti, tumbuhan sekarang ini dapat dikatakan merupakan hasil evolusi dari leluhur ganggang hijau.

Tumbuhan adalah kelompok makhluk hidup eukariotik fotosintetik yang tersusun atas banyak sel (multiseluler) dan memiliki jaringan yang sudah berkembang dengan baik. Tumbuhan hidup pada berbagai lingkungan darat, mulai dari lingkungan hutan basah hingga daerah padang pasir atau tundra.

Dalam sistem lima kingdom, semua makhluk hidup yang tergolong tumbuhan dimasukkan ke dalam kingdom Plantae atau dunia tumbuhan. Makhluk hidup yang termasuk dunia tumbuhan adalah sebagai berikut.

Pengertian dan Ciri Dunia Tumbuhan

Ciri Dunia Tumbuhan

  • Struktur tubuh berupa multiseluler, eukariotik, dan memiliki sel-sel yang sudah terspesialisasi membentuk jaringan dan organ.
  • Mengandung klorofil a dan b serta karotenoid; menyimpan makanan dalam bentuk tepung; dan memiliki dinding sel dari bahan selulosa.
  • Melindungi perkembangan embrio dari kekeringan dengan menyuplai air dan nutrisi ke dal'am struktur reproduksi betina.
  • Memiliki daur hidup berupa pergiliran keturunan (metagenesis).

Pada umumnya, dunia tumbuhan dibedakan atas dua kelompok utama, yaitu tumbuhan tidak berpembuluh dan tumbuhan berpembuluh. Anggota kelompok tumbuhan tidak berpembuluh adalah semua tumbuhan lumut (Bryophyta), sedangkan kelompok tumbuhan berpembuluh (Trachaeophyta) meliputi tumbuhan paku-pakuan dan tumbuhan berbiji.

Daftar Pustaka: Yudhistira