Pengertian dan Ciri Hewan Vertebrata

Telah dijelaskan bahwa vertebrata bukanlah nama filum, melainkan nama kelompok hewan yang memiliki tulang belakang. Dalam sistem klasifikasi, kelompok hewan tersebut ditempatkan sebagai subfilum Vertebrata dan termasuk dalam filum Chordata.

Filum Chordata (hewan kordata) memiliki anggota sekitar 45.000 spesies. Sebagian besar di antaranya termasuk dalam kelompok vertebrata (lebih kurang 43.700 spesies), sedangkan sisanya adalah invertebrata. Anggota filum ini paling sukses hidupnya, mereka dapat beradaptasi di lingkungan terestrial maupun akuatik, termasuk laut. Kordata memiliki empat ciri pokok yang muncul pada suatu masa di sepanjang hidupnya. Keempat ciri tersebut adalah sebagai berikut:
  • Notokorda. Bagian punggung (dorsal) disokong oleh batang lentur bernama notokorda. Notokorda tersebut terbentuk di dalam embrio dari lapisan mesoderm dorsal. Letaknya tepat di bawah batang saraf.
  • Tali saraf punggung. Tali saraf punggung mengandung kanal berisi cairan. Tali saraf vertebrata sering kali disebut sumsum punggung yang dilindungi oleh tulang belakang.
  • Kantong insang. Kantong insang hanya terlihat pada saat perkembangan embrio sebagian besar vertebrata. Kantong insang pada kordata invertebrata, ikan, dan amfibi berubah menjadi celah insang. Air masuk ke dalam mulut dan faring melalui celah insang yang dilengkapi dengan lengkung insang. Pada vertebrata terestrial, kantong tersebut mengalami perubahan untuk maksud-maksud tertentu (misalnya berkembang menjadi kelenjar timus dan paratiroid).
  • Ekor. Jika pada masa dewasa tidak ada, maka hanya tampak pada masa embrio. 
 

Pengertian dan Ciri Vertebrata

Vertebrata adalah golongan hewan yang memiliki tulang belakang. Tulang belakang berasal dari perkembangan sumbu penyokong tubuh primer atau notokorda (korda dorsalis). Notokorda vertebrata hanya ada pada masa embrionik yang kemudian mengalami penulangan menjadi sistem penyokong tubuh sekunder berupa tulang belakang. 

Pengertian dan Ciri Hewan Vertebrata

Tubuh vertebrata bertipe simetri bilateral. Bagian organ dalam dilindungi oleh rangka dalam (endoskeleton), khusus bagian otak dilindungi oleh tulang-tulang tengkorak (kranium). Bagian terluar tubuh berupa kulit yang tersusun atas epidermis (lapisan luar) cian dermis (lapisan dalam). Organ dalam, seperti organ pencernaan, jantung, dan pernapasan terdapat di dalam suatu rongga tubuh atau selom. Vertebrata telah memiliki alat tubuh yang lengkap, antara lain sebagai berikut:
  • Sistem pencernaan memanjang dari mulut hingga anus.
  • Sistem peredaran darah tertutup.
  • Alat ekskresi berupa ginjal.
  • Alat pernapasan berupa paru-paru atau insang.
  • Sepasang alat reproduksi (kanan dan kiri).
  • Sistem endokrin yang berfungsi menghasilkan hormon.
  • Sistem saraf yang terdiri atas susunan saraf pusat (otak dan sumsum tulang belakang) dan susunan saraf tepi (serabut saraf).
Daftar Pustaka: Yudhistira