Pengertian dan Jenis Pola Aliran Sungai

Pengertian Pola aliran sungai terbentuk karena beberapa faktor yakni topografi, hujan, jenis batuan, pelapukan, dan erosi. Ada beberapa jenis pola aliran sungai, yaitu sebagai berikut:

Jenis - Jenis Pola Aliran Sungai


  • Pola Aliran Dendritik
 Pola ini menyerupai sebuah pohon yang memiliki cabang dan ranting. Biasanya terdapat pada batuan beku masif dan batuan sedimen. Cabang dan ranting merupakan anak-anak sungainya, sedangkan pohon merupakan induk sungainya. 

  • Pola Aliran Anular
Pola aliran ini membentuk suatu lingkaran. Biasanya terdapat di daerah pegunungan yang berbentuk dome (kubah). Geomor-fologinya telah mencapai stadium dewasa. 

  • Pola Aliran Rektangular
 Pola aliran rektangular adalah pola aliran yang saling tegak lurus antara induk dan anak-anak sungainya. Pola aliran semacam ini terdapat di daerah-daerah patahan. 

  • Pola Aliran Trelis 
Pola aliran ini membentuk garis saling tegak lurus antara induk dan anak-anak sungainya, akan tetapi induk-induk sungainya paralel dengan lembah-lembah pegunungan. Pola aliran semacam ini terdapat di daerah pegunungan lipatan dan patahan. 

  • Pola Aliran Radial 
Pola aliran radial adalah pola aliran yang menjauhi kerucut sebuah gunung atau memusat ke suatu wilayah cekungan. Jika menjauhi kerucut sebuah gunung, pola aliran ini disebut pola aliran sentrifugal. Pola aliran ini terdapat di wilayah gunung berapi. 

Pengertian dan Jenis Pola Aliran Sungai

Akan tetapi, jika pola aliran menuju ke suatu cekungan, maka pola aliran ini disebut pola aliran sentripetal. Pola aliran ini terdapat pada kawah-kawah bekas gunung berapi atau cekungan tektonik. Contohnya adalah sungai-sungai kecil di sekitar danau Poso.

  • Pola Aliran Paralel 
Pola aliran ini terdapat di wilayah pegunungan yang memanjang dan mempunyai lereng yang agak curam. Induk sungai mengalir sepanjang kaki lereng yang curam, sedangkan anak-anak sungainya sejajar dengan lereng di sepanjang kiri kanan induk sungai tersebut. 

  • Pola Aliran Pinate 
Merupakan pola aliran yang membentuk sudut lancip antara induk dan anak-anak sungainya. Pola aliran ini terdapat di daerah pegunungan yang mempunyai lereng yang curam. 


Daftar Pustaka: Bumi Aksara