Pengertian dan Karakter Budaya Kerja Tim

Budaya adalah nilai-nilai yang dimiliki individu yang bermula dari adat kebiasaan, agama, norma dan kaidah yang menjadi keyakinannya. Bekerja bersama orang-orang yang memiliki beragam karakter dan latar belakang adalah sesuatu yang tidak dapat dihindari dalam tim.

Hal tersebut terkadang menjadi salah satu penyebab utama timbulnya konflik. Hal ini disebabkan karena adanya ketidakpahaman, perbedaan pandangan dan nilai-nilai atau karakter budaya yang dimiliki oleh setiap individu dalam tim. Individu dalam tim dapat memiliki latar belakang keluarga, pendidikan, status sosial, nilai-nilai dan persepsi yang berbeda.

Budaya pada hakekatnya merupakan pondasi bagi suatu tim. Jika pondasi yang dibuat tidak cukup kokoh, maka betapapun bagusnya suatu bangurian, ia tidak akan cukup kokoh untuk menopangnya. Agar nilai-nilai atau karakter budaya setiap individu tidak berkembang menjadi konflik yang dapat menganggu kinerja tim, maka perlu ada usaha tim untuk menyamakan persepsi. Yaitu bagaimana karakter budaya tersebut dapat menjadi kekuatan dalam memajukan dan mengembangkan tim. Sehingga budaya yang dimiliki oleh setiap individu dapat bersinergi menjadi budaya kerja tim.

Pengertian Budaya Kerja Tim

Jadi dapat dikatakan budaya kerja tim adalah suatu falsafah yang didasari oleh pandangan hidup sebagai nilai-nilai yang menjadi sifat, kebiasaan, dan kekuatan pendorong, membudaya dalam kehidupan suatu tim. Hal ini kemudian tercermin dari sikap, perilaku, kepercayaan, cita-cita, pendapat dan tindakan yang terwujud sebagai "kerja" atau "bekerja".

Warna budaya kerja tim adalah produktivitas, berupa perilaku kerja yang dapat diukur antara lain kerja keras, ulet, disiplin, produktif, tanggung jawab, motivasi, manfaat, kreatif, dinamis, konsekuen, konsisten, responsif, mandiri, semakin baik, dan lain-lain.

Pengertian dan Karakter Budaya Kerja Tim

1. Tujuan Budaya Kerja Tim

Tujuan budaya kerja tim adalah untuk membangun sumber daya manusia (SDM) seutuhnya agar setiap anggota tim sadar bahwa mereka berada dalam suatu hubungan dan berperan serta dalam menumbuhkan semangat kerja sama dan disiplin yang tinggi demi kemajuan tim.

2. Manfaat Budaya Kerja Tim

Manfaat budaya kerja tim adalah sebagai berikut:
a. Meningkatnya disiplin.
b. Terbentuk sikap kegotongroyongan.
c. Menjamin hasil kerja dengan kualitas yang lebih baik.
d. Membuka seluruh jaringan komunikasi.
e. Adanya keterbukaan.
f. Adanya kebersamaan.
g. Jika menemukan kesalahan dapat cepat diperbaiki.
h. Timbul rasa kekeluargaan.
i. Cepat menyesuaikan diri dengan perkembangan.
j. Mengurangi laporan berupa data-data dan informasi yang salah dan palsu.
k. Kepuasan kerja meningkat.
I. Pergaulan yang lebih akrab.
m. Ingin memberikan yang terbaik bagi tim