Pengertian Iklim dan Klasifikasi Berdasarkan Lintang/Suhu

Pengertian Iklim adalah pola cuaca rata-rata dalam wilayah yang luas dan jangka waktu yang lama (sekitar 30 tahun). Iklim pada suatu tempat disusun oleh unsur-unsur yang variasinya besar sehingga hampir tidak mungkin ada dua tempat yang memiliki iklim sama. Penggolongan iklim dilakukan untuk menyederhanakan tipe-tipe iklim lokal yang jumlahnya tidak terbatas.

Klasifikasi Iklim Berdasarkan Lintang/Suhu

Klasifikasi ini didasarkan pada adanya pengaruh posisi atau peredaran semu tahunan matahari sehingga disebut juga klasifikasi iklim matahari. Klasifikasi ini pertama kali dikenal pada zamanYunani yang membagi belahan bumi menjadi empat zona, yaitu sebagai berikut.

  • Iklim Tropis
Ciri-cirinya adalah berada di daerah 23 1/2°LU 23 1/2°LS, suhu udara rata-rata tinggi yaitu antara 22°C-28°C, amplitudo suhu rata-rata tahunan kecil (antara 1°C-5°C), sedangkan amplitudo hariannya lebih besar, tekanan udara rendah, dan memiliki banyak curah hujan.

  • Iklim Subtropis
Iklim subtropis terdapat pada tepi daerah tropis (23 1/2° LU/LS 40 1/2° LU/LS). Ciri-cirinya adalah merupakan daerah peralihan dari daerah iklim tropis ke iklim sedang, terdapat empat musim, suhu sepanjang tahun cukup nyaman, jika. 

Hujan jatuh pada musim dingin, sementara musim panasnya kering, disebut daerah ildim mediterania (meliputi daerah sekitar Laut Tengah, Iran, Pantai California dan di belahan selatan, Australia Selatan dan Australia Barat Daya, selatan Kalahari, dan Cillie Tengah), dan jika hujan jatuh pada musim panas, sementara musim dinginnya kering disebut daerah iklim tiongkok (meliputi daerah-daerah Tiongkok Timur, Jepang, USA bagian Tenggara, Argentina Utara, Uruguay, dan Brasilia Selatan).

Pengertian Iklim dan Klasifikasi Berdasarkan Lintang Suhu

  • Iklim Sedang
Terdapat di daerah 40° 66°LU/LS, meliputi daerah yang luas di Eropa, Asia, Amerika Utara. Adapun di belahan selatan tidak banyak daratan yang beriklim sedang, hanya wilayah ujung Amerika. Selatan, ujung Afrika. Selatan, dan Aus-tralia Selatan.

  • Iklim Dingin atau Kutub 
Iklim dingin atau iklim kutub dibagi menjadi dua, yaitu sebagai berikut;
  1. Iklim tundra, yaitu meliputi Amerika. Utara, pulau-pulau di utara Kanada. pantai selatan Greenland, dan pantai utara Siberia. Adapun ciri-cirinya adahh musim dingin sangat dingin dan berlangsung panjang, musim panas sejuk dan singkat, tanah selalu membeku sepanjang tahun, dan vegetasinya berupa lumut dan semak.
  2. Iklim es, dengan ciri-ciri suhu terus-menerus rendah sekali sehingga terdapat es abadi, dan wilayahnya meliputi Kutub Utara, yaitu Greenland (Tanah Hijau) dan Antartika di Kutub Selatan.

Daftar Pustaka : PT. Bumi Aksara