Pengertian Inovasi Kreatifitas dan Motivasi

Menurut kamus Besar Bahasa Indonesia inovasi adalah penemuan baru yang berada dari  ada atau dah dikenal sebelumnya (gagasan metode atau alat). Misalnya: Revo, perintis Wikipedia Indonesia. Perintis Wikipedia Indonesia ternyata adalah Revo Arka Giri Soekanto. 

Wikipedia adalah ensiklopedia yang paling radikal yang menayakan kebebasan pengeditan. Seicihiro Honda berani membayar mahal hingga tangannya putus, untuk mencapai cita-cita menjadi pendesain piston, Kolonel Sanders pria berumur 65 tahun dengan modal muka tebal memasuki ribuan restoran untuk menjual cara menggoreng ayam dan di restoran ke 1.009 baru idenya dsambut. 

Inovator-inovator besar seperti Einstein, James Watt, Thomas Alfa Edison, Bill Gates, dan mtinusia sejenis. Kebesaran mereka tentu tidak terletak pada belenggu yang dihadirkan oleh kegiatan mengumpulkan pengetahuan bekas ala pemulung. Namun melompat ke depan melampaui apa-apa yang sudah lewat menjadi barang bekas.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia reatifitas adalah kemamuan seseoran untuk mencipta (perihal brekreasi). Seperti halnya dengan kebenaran, berpikir kreatif bisa membebaskan. Anda. Makin Anda berpikir kreatif , makin tak periu Anda kerja keras guna mencapai sukses. 

Tak ada apa pun.di dunia ini ya.ng mampu memberi imbalan lebih besar dalarn jangka waktu panjang daripada proyek imajinatif. Kreatifitas adalah alat yang sangat berdayaguna bagi setiap orang yang bersedia melakukan upaya untuk menggembangkan dan menggunakannya. 

Sebagaimana dikatakan David Letterman."Tidak ada tombol off pada mesin jenius dalam diri Anda." IV enggunakan pikiran kreatif secara maksimal berarti juga memaksimalkan kualitas hidup Anda. Berikut ini tujuh belas prisip kreatifitas, di antaranya. 

1. Memilih menjadi orang yang kreatif.
2. Mencari berbagai macam solusi/pemecahan. 
3. Menganalisis ide-ide Anda secara lengkap.
4. Mengenali masalah yang Anda hadapi dengan baik.
5. Melihat masalah sebagai peluang.
6. Mencari hal-hal yang tampak jelas.
7. Mengambil risiko.
8. Berani berbeda.
9. Bersikap tidak rasional.
10. Menikmati kegembiraan dan bertingkah seperti orang bodoh..
11. Bersikap spontan.
12. Hidup pada saat ini.
13. Berpikir luar biasa secara keliru.
14. Menentang berbagai aturan dan asumsi.
15. Tidak tergesa gesa dalam mengambil sebuah keputusan besar.
16. Bersabar dan
17. Bertekun. 

Mengikuti ketujuhbelas prinsip ini secara terus menerus bisa menjadikan seseorang, termasuk diri Anda, menjadi jauh lebih kreatif. Sejauh mana Anda mengikuti prinsip-prinsip ini akan menentukan tingkat sukses dan kebahagiaan Anda dalam hidup. Hal ini berlaku, baik Anda bekerja sendiri (wirausaha), atau bekerja kepada orang lain (sebagai karyawan). 

Dari sudut pandang finansial, modal yang paling berharga bukanlah pendidikan, pekerjaan, rumah, atau rekening bank. Modal itu adalah otak Anda karena itu, Anda bisa menggunakannya untuk mengumpulkan uang lipat sepanjang hidup Anda dengan otak Anda. Oleh karena alasan ini, kreatifitas Anda, yang menjadikan Anda seorang miliuner. 

Pengertian Inovasi Kreatifitas dan Motivasi

Jadilah lebih kreatif, dan simpan berbagai ide Anda tentang cara bertahan hidup dan menghasilkan uang menjadi makin meningkat dari hari ke hari. Kemampuan kreatif menjadi sia-sia akibat ketakutan dan kekhawatiran. 

Beberapa orang di antara kita ingin menulis, namun terlalu takut bila buku kita tak akan pernah diterima untuk diterbitkan. Ada orang-torang yang memiliki suara bagus, namun menjadi seorang akuntan yang ogah-ogahan karena mereka takut tidak bisa memperoleh penghasilan dengan menyanyi. 

Beberapa pembicara motivasional menyatakan bahwa Anda tidak bisa memiliki kemewahan meski hanya untuk satu pikiran negatif saja. Walau demikian, menghindari seluruh pikiran negatif boleh jadi adalah harapan yang berlebihan. Menghilangkan sebagian besar pikiran negatif bisa sangat membantu t kita memperoleh apa yang kita inginkan dalam hidup. 

Motivasi adalah suatu faktor yang mendorong seseorang untuk melakukan suatu perbuatan atau kegiatan tertentu, oleh karena itu motivasi seringkali diartikan pula sebagai faktor pendorong perilaku seseorang. Setiap tindakan yang dilakukan oleh seoran manusia pasti memiliki sesuatu faktor pendorong perbuatan tersebut. Faktor pendorong seseorang untuk melakukan sesuatu perbuatan tertentu adalah kebutuhan dan keinginan orang tersebut.




Daftar Pustaka: Yudhistira