Pengertian Kenampakan Alam dan Pembagian Kelompoknya

Gambar di atas menunjukkan beberapa contoh kenampakan alam yang ada di sekitar lingkungan kita. Contoh kenampakan alam adalah gunung, pegunungan, sungai, tanjung, teluk, danau, dan laut. Pada dasarnya, setiap daerah mempunyai kenampakan alam yang berbeda-beda. 

Coba lihat bentuk permukaan tanah di sekitarmu. Ada yang merupakan dataran rendah dan ada pula dataran tinggi. Ada yang berupa daratan dan ada pula yang berupa perairan. Bentuk atau bentang alam di wilayah daratan contohnya adalah bukit, gunung, pantai, dan pegunungan. Bentuk kenampakan alam di wilayah perairan adalah danau, laut, lautan (samudra), selat, sungai, dan teluk.

Jadi, yang dimaksud dengan kenampakan alam atau bentang alam adalah hamparan alam dengan aneka ragam bentuk permukaan bumi, seperti bukit, gunung, pegunungan, sawah, lembah, sungai, pantai, laut, selat, dantutan. Pada dasarnya kenampakan alam yang ada di permukaan bumi dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu wilayah daratan dan perairan. 

  • Wilayah Daratan
Wilayah daratan adalah bagian dari permukaan bumi yang tidak digenangi air dan berbentuk padat. Bentang atau kenampakan alam yang termasuk wilayah daratan antara lain dataran rendah, dataran tinggi, gunung, pegunungan, tanjung, dan pantai. Pengukuran wilayah daratan selalu berhubungan dengan tinggi dan rendahnya permukaan bumi atau disebut relief. 

Pengukuran Ietak ketinggian suatu tempat dilakukan dengan mengacu pada permukaan air laut. Tepat di atas permukaan air laut, ketinggian suatu tempat dihitung 0 meter. Wilayah daratan Indonesia mencapai luas 1.941.165,52 km2 yang di dalamnya mencakup 13.667 lebih pulau besar dan kecil.

Dari jumlah pulau tersebut sekitar 6.000 pulau saja yang sudah dihuni. Setiap pulau di indonesia memiliki luas dan bentuk wilayah yang berbeda antara satu dengan yang lain. Luas pulau yang ada di Indonesia dapat dilihat pada tabel berikut.

Dataran Rendah Dataran rendah adalah wilayah datar yang memiliki ketinggian antara 0-500 meter di atas permukaan laut. Tumbuh-tumbuhan atau flora yang hidup di dataran rendah antara lain berbagai jenis palawija dan padi. Jalan, permukiman, dan pabrik pabrik industri pada umumnya terletak di wilayah dataran rendah juga.

  • Dataran Tingi
Wilayah daratan yang memiliki ketinggian 600 meter di atas permukaan laut disebut dataran tinggi. Contoh dataran tinggi di Indonesia adalah Dataran Tinggi Dieng, ljen, Bandung, dan Gayo. Dataran tinggi pada umumnya ditumbuhi hutan yang banyak menghasilkan berbagai jenis kayu jati, meranti, damar, dan lain-lain. 

Hasil hutan tersebut banyak dimanfaatkan oleh warga masyarakat untuk kepentingan industri bubur kertas, kayu lapis, mebel, dan kayu bakar. Selain itu, di hutan banyak pula hidup hewan-hewan (fauna), seperti harimau, monyet, binatang melata, dan burung.
 
Pengertian Kenampakan Alam dan Pembagian Kelompoknya

  • Pantai
Pantai adalah wilayah perbatasan antara daratan dan perairan laut. Pantai dibedakan menjadi dua, yaitu pantai landai dan curam. Pantai landai adalah pesisir atau tepi laut yang daratannya menurun sedikit demi sedikit ke arah laut. 

Pantai landai umumnya terdapat di pantai-pantai utara Pulau Jawa, seperti Pantai Ancol dan Binaria di Jakarta. Pantai curam adalah pesisir atau tepi laut yang terjal. Contoh pantai curam misalnya pantai-pantai yang ada di selatan Pulau Jawa, seperti Pantai Pacitan di Jawa Timur.

  • Gunung
Gunung adalah bukit yang sangat besar dan tinggi. Gunung terdiri atas dua macam, yaitu gunung berapi atau aktif dan gunung tidak berapi atau gunung mati. Gunung berapi adalah gunung yang di dalamnya terdapat lahar panas. Gunung tidak berapi atau gunung mati adalah gunung yang sudah tidak mengeluarkan lahar lagi.

  • Pegunungan
Pegunungan merupakan rangkaian gunung yang sambungomenyambung satu sama lain.Pegunungan mempunyai ketinggian lebih dari 600 meter di atas permukaan laut.
 
  • Tanjung
Tanjung daratan yang menjorok ke laut.


Daftar Pustaka: Yudhistira