Pengertian Komponen Abiotik

Komponen abiotik merupakan bagian ekosistem yang terdiri atas makhluk tak hidup. Seperti halnya dengan komponen biotik, peran komponen abiotik dalam menjamin kelangsungan hidup suatu organisme dan terciptanya keseimbangan ekosistem sama besarnya. Komponen abiotik terdiri atas cahaya, udara, air, tanah, suhu, dan mineral.

A. Cahaya 

Salah satu makhluk hidup yang sangat bergantung pada keberadaan cahaya adalah tumbuhan hijau. Dengan adanya cahaya, tumbuhan hijau dapat melakukan proses fotosintesis untuk menghasilkan energi. Apabila tumbuhan hijau dapat melakukan aktivitas kehidupannya dengan baik, maka secara langsung atau tidak langsung, makhluk hidup lain akan terjamin pula kelangsungan hidupnya. Dengan demikian, dapat diketahui bahwa cahaya berperan penting dalam menjamin terciptanya keseimbangan ekosistem.

B. Udara

Agar dapat bertahan hidup, setiap organisme memerlukan udara untuk melakukan kegiatan hidup sehari-hari. Udara tersusun dari berbagai macam gas. Beberapa di antaranya adalah oksigen dan karbon dioksida. Oksigen diperlukan dalam proses respirasi untuk mengoksidasi (membakar) karbohidrat sehingga terbentuk energi untuk aktivitas kehidupan, sedangkan karbon dioksida diperlukan dalam proses fotosintesis sebagai bahan utama pembentukan energi.

Proses respirasi dan fotosintesis merupakan dua proses yang saling mendukung terciptanya keseimbangan ekosistem. Lapisan udara yang menyelubungi Bumi merupakan pelindung dari bahaya radiasi sinar Matahari dan benda-benda langit yang jatuh ke Bumi. Dengan demikian, rnakhluk hidup tidak akan dapat bertahan hidup tanpa udara. 

C. Air

Setiap makhluk hidup dapat bertahan tanpa makan untuk beberapa lama. Akan tetapi, tanpa adanya air yang masuk ke dalam tubuh, mustahil suatu organisme akan bertahan hidup. Tanpa air, semua proses yang berlangsung di dalam tubuh akan terhenti sehingga mempengaruhi kelangsungan hidup organisme yang bersangkutan. Di dalam tubuh, air berfungsi sebagai pelarut zat, termasuk zat makanan yang dimakan oleh setiap makhluk hidup. Bagi ikan dan katak, air berfungsi pula sebagairtempat hidup. 

Pengertian Komponen Abiotik

D. Tanah

Tanah merupakan dasar tempat hidup bagi organisme yang ada di dalam setiap ekosistem. Tanah merupakan sumber utama tersedianya zat-zat mineral yang diperlukan oleh setiap makhluk hidup. Tanah juga merupakan bagian dari lingkungan dan habitat beberapa jenis makhluk hidup. Dengan demikian, baik secara langsung atau tidak langsung, banyak makhluk hidup yang kelangsungan hidupnya bergantung pada tanah. 

E. Suhu

Suhu lingkungan sangat ditentukan oleh banyak atau sedikitnya radiasi sinar Matahari yang diserap oleh komponen penyusun suatu ekosistem. Akibat penyerapan radiasi tersebut, akan terjadi peningkatan suhu zat yang menyerap tadi.

Apabila suhu tanah dan air laut lebih tinggi dari suhu sekelilingnya, maka energi panas akan mengalir dari tempat yang bersuhu panas ke tempat yang bersuhu lebih dingin. Keadaan seperti ini akan mempengaruhi terjadinya perubahan iklim dan curah hujan yang pada gilirannya akan berpengaruh terhadap aktivitas kehidupan organisme yang ada di dalam suatu ekosistem. 

F. Mineral 

Berbagai unsur mineral, seperti nitrogen, fosfat, kalsium, kalium, sulfur, dan magnesium merupakan zat makanan yang penting untuk menjamin kelangsungan hidup suatu organisme.



Daftar Pustaka: Yudhistira