Pengertian Nilai Sosial Menurut Para Ahli

Pengertian Nilai Sosial berdasarkan pendapat para ahli tentang nilai adalah sebagai berikut:

W.J.S. Poerwadarminta (dalam bukunya Kamus Umum Bahasa 1ndonesia)

Menurut Poerwadarminta dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia disebutkan bahwa nilai diartikan sebagai:

  • harga (dalam arti taksiran harga),
  • harga sesuatu (misalnya uang), 
  • jika diukur atau ditukarkan dengan yang lain, 
  • angka kepandaian; ponten, 
  • kadar; mutu; banyak sedikitnya isi, 
  • sifat-sifat (hal-hal) yang penting atau berguna bagi kema-nusiaan. 
 
Theodorson  

Theodorson berpendapat bahwa nilai merupakan sesuatu yang abstrak dan dijadikan pedoman serta prinsip-prinsip umum dalam bertindak atau bertingkah laku. Keterikatan orang atau kelompok terhadap nilai menurut Theodorson relatif,sangat kuat dan bahkan bersifat emosional. Oleh sebab itu, nilai dapat dilihat sebagai pedoman bertindak sekaligus tujuan kehidupan manusia itu sendiri. 

Koentjaraningrat (dalam bukunya Pengantar Sosiologi)

Koentjaraningrat berpendapat bahwa nilai budaya terdiri atas konsepsi-konsepsi yang hidup dalam alam pikiran sebagian besar warga masyarakat mengenai hal-hal yang dianggap amat mulia. Sistem nilai yang ada dalam masyarakat dijadikan orientasi dan rujukan dalam bertindak.

Oleh karena itu, nilai budaya yang dimiliki seseorang memengaruhinya dalam menen-tukan alternatif, cara-cara, alat-alat, dan tujuan-tujuan perbuatan yang tersedia. 

Pengertian-Nilai-Sosial-Menurut-Para-Ahli

Cylde Kluckhohn (dalam bukunya Common Humanity and Diverse Cultures)
 
Cylde Kluckhohn mendefinisikan bahwa nilai budaya merupakan, "... konsensi umum yang terorganisasi, memengaruhi perilaku yang berhubungan dengan alam, kedudukan manusia dalam alam, hubungan orang dengan orang, dan tentang hal-hal yang diingini dan tidak diingini yang mungkin bertalian dengan hubungan antara orang dengan lingkungan dan sesama manusia."

Woods  
Woods mengemukakan bahwa nilai sosial merupakan petunjuk umum yang telah berlangsung lama serta mengarahkan tingkah hacu dan kepuasan dalam kehidupan sehar-hari.

 Daftar Pustaka: Tiga Serangkai  Pustaka Mandiri