Pengertian Sel dan Bagian Struktur Sel

Sel hidup melakukan aktivitas dan memiliki bagian-bagian tertentu yang ada di dalamnya Setiap sel hidup memiliki membran plasrna dan substansi menyerupai gel yang disebut sitoplasma. Sitoplasma terbungkus oleh membran.

Semua sel mempunyai inti (nukleus) atau material inti yang terdapat di pusat sel dan berperan sebagai pengendali. kegiatan sel. Sel yang tidak memiliki membran dinamakan sel prokariot, misalnya pada bakteri dan alga biru. Sel yang memiliki membran pelindung material inti disebut sebagai sel eukariot, misalnya sel hewar. dan sel tumbuhan. 

  • Dinding Sel
Dinding sel merupakan struktur yang kuat tersusun dari bahan selulosa yang terdapat di sebelah luar membran sel. Dinding sel berfungsi memberi kekuatan dan perlindungan sel dan hanya terdapat pada sel tumbuhan.
 
  • Selaput Sel (Membran Plasma)
Selaput sel merupakan bagian terluar dari sel tumbuhan dan sel hewan. Membran plasma terletak di sebelah luar sitoplasma. Membran plasma bersifat semipermeabel yang tersusun dari senyawa lemak dan protein. Fungsinva mengatur transportasi zat antarsel. Pada sel tumbuhan, membran plasma dilindungi oleh dinding sel yang tersusun dari selulosa yang kuat dan kenyal.

  • Sitoplasma
Sitoplasma adalah bagian sel berupa cairan kental yang terletak di antara selaput sel (membran plasma) dan inti sel (nukleus). Di dalamnya terlarut bermacam-macam zat organik, seperti protein, lemak, dan karbohidrat. 

Di dalam sitoplasma terdapat bagian-bagian yang disebut organel, seperti mitokondria, lisosom, ribosom, retikulum endoplasma, badan Golgi, plastida, sentrosom, dan vakuola. Tidak semua organel di dalam sel tumbuhan terdapat di dalam sel hewan, demikian pula sebaliknya. 

Contohnya adalah plastida dan sentrosom. Plastida merupakan organel yang hanya dimiliki oleh sel tumbuhan, sedangkan sentrosom merupakan organel yang hanya dimiliki oleh hewan. 

Pengertian Sel dan Bagian Struktur Sel

  • Inti Sel (Nukleus)
Inti sel merupakan bagian sel yang berukuran relatif besar dan berbentuk bulat atau bulat telur. Bentuk inti sel pada sel darah putih tidak teratur. 

Inti sel merupakan pusat pengendali kegiatan sel dan juga penentu penurunan sifat pada keturunannya. Adakah sel yang tidak mempunyai inti? Diskusikanlah! Inti sel terdiri atas kromosom, anak inti (nukleolus), cairan inti (nukleoplasma), dan selaput inti. 

Pada kromosom terdapat asam nuicleat jenis DNA (deoxyribonucleic acid) yang mengandung gen sebagai pembawa sifat menurun sehingga menentukan sifat suatu makhluk hidup. Anak inti kaya dengan asam nukleat jenis RNA (ribonucleic acid). 

Pada cairan inti terlarut bermacam-macam zat dan kromosom. Struktur selaput inti sama dengan selaput sel. Sel tumbuhan berbeda dengan sel hewan, baik bentuk maupun susunannya.



Daftar Pustaka: Yudhistira