Pengertian serta Contoh Permintaan Barang dan Jasa

Apa yang menentukan tingkat harga suatu barang? Mengapa jenis barang yang sama bisa mempunyai tingkat harga yang berbeda?

Pertanyaan tersebut erat kaitannya dengan permintaan, penawaran, dan harga. Ketiga hal tersebut menunjukkan adanya dua kelompok besar yang menjalin hubungan ekonomi. 

Kedua kelompok itu adalah kelompok penyedia (produsen atau penjual) dan kelompok pemakai (konsumen atau pembeli). 

  • Kelompok penyedia berharap dapat menjual sebanyak mungkin barang dan jasa dengan harga tertentu yang menguntungkan.
  • Kelompok pemakai berharap dapat membeli barang dan jasa dalam jumlah tertentu semurah mungkin. 

Dalam bab ini, kita akan mempelajari permintaan, penawaran, dan pembentukan harga barang dalam perdagangan dan produksi. 

Pengertian Permintaan

Pengertian permintaan (demand) mengandung dua unsur: jumlah barang atau jasa yang diminta (dibeli) dan tingkat harga tertentu. Untuk memahami apa itu permintaan coba kalian perhatikan contoh pengalaman Bu Uci berikut ini! 

Daftar di atas menunjukkan berbagai jumlah bawang merah yang ingin dibeli Bu Uci pada berbagai tingkat harga pada saat tertentu. Jumlah bawang merah yang akan dibeli sebanyak 10 kg apabila harganya Rp5.000,00 per kg. Jumlah bawang merah yang akan dibeli sebanyak 8 kg apabila harganya Rp5.200,00 per kg. Demikian seterusnya. 

Kesediaan Bu Uci untuk membeli bawang merah dalam berbagai jumlah pada berbagai tingkat harga tersebut merupakan contoh permintaan. 

Kita perlu hati-hati merumuskanpengertian permintaan (demand). Ada yang-mengartikan permintaan hanya sebagai "jumlah barang dan jasa yang diminta pada tingkat harga tertentu". Pengertian tersebut mengandung kelemahan: benarkah banyak sedikitnya jumlah barang dan jasa yang diminta semata-mata ditentukan oleh harga? 

Pengertian serta Contoh Permintaan Barang dan Jasa

Kalau ingin membeli pena di toko, kalian mungkin terlebih dahulu mempertimbangkan harga pena, uang yang kalian miliki, selera terhadap barang tersebut, mendesaktidaknya untuk memiliki barang tersebut, harga tinta (barang pelengkap), dan harga pensil (barang pengganti). 

Banyaknya pena yang akan kalian beli dipengaruhi oleh hal-hal tersebut di atas. Jadi, bukan hanya dipengaruhi oleh harga semata. Tabel berikut ini memperlihatkan sejumlah faktor penentu permintaan mobil. 

Walaupun demikian, dalam merumuskan pengertian permintaan, kita cukup memperhatikan faktor harga dan jumlah barang yang diminta. Faktor lain yang sebenarnya turut menentukan jumlah barang dan jasa yang diminta tidak kita perhatikan. Faktor penentu selain harga dianggap tidak berubah atau tetap. 

Dengan demikian, pengertian permintaan dibangun berdasar anggapan bahwa faktor-faktor selain harga tidak berubah (ceteris paribus). Anggapan ceteris paribus digunakan untuk mempermudah prediksi ekonomi dan membuat formula dan peraturan ekonomi.



Daftar Pustaka: Erlangga