Pentingnya Globalisasi bagi Indonesia

Sebagai anggota masyarakat dunia Indonesia pasti tidak dapat dan tidak akan mengisplasi diri dari pergaulan internasional. Andai kata isolasi diri itu terjadi, sudah dapat dipastikan Indonesia tidak akan mampu memenuhi kebutuhannya sendiri.

Ini artinya apa? Artinya tidak lain bahwa di dalam hubungan internasional terjadi apa yang dinamakan saling hubungan dan saling ketergantungan antara negara satu dengan negara lainnya. 

Globalisasi memang sering digambarkan sebagai sebuah gejala ekonomi, yang ditandai dengan munculnya banyak perusahaan multinasional yang beroperasi melintasi batas-batas wilayah negara. Hal ini mempengaruhi proses produksi dan penyebaran teriaga kerja internasional. 

Namun sesungguhnya lebih luas dari itu sebab selain bidang ekonomi, juga menyangkut bidang politik, sosial dan budaya. Semua bidang itu digerakkan oleh perkembangan informasi dan teknologi komunikasi yang telah mampu meningkatkan kecepatan dan. lirigkup hubungan antar manusia. di seluruh penjuru dunia.

Contoh yang masih sangat aktual adalah, apa yang beberapa waktu yang lalu terjadi di Yogyakarta, tepatnya peristiwa tanggal 27 Mei 2006, yaitu gempa bumi. Dalam waktu sekejap, apa yang terjadi di Yogyakarta tersebut langsung dapat diketahui oleh hampir seluruh manusia yang ada di dunia ini. 

Contoh adalah perebutan piala dunia sepak bola atau cabang olahraga yang lain. Hampir semua mata orang sedunia. dapat menyaksikan pertandingan tersebut tanpa. harus datang ke negara penyelenggara.
 
Dari beberapa contoh ini kita tahu bahwa globalisasi sesungguhnya telah rnerambah ke segenap bidang kehidupan  kita. 

Pentingnya Globalisasi bagi Indonesia

Apa arti pentingnya globalisasi bagi Indonesia

Globalisasi memiliki arti penting bagi bangsa Indonesia yang sedang mernbangun yaitu dengan megambil manfaat dari kemajuan-kemajuan yang telah dicapai oleh bangsa atau negara lain untuk diterapkan di Indonesia. 

Sudah barang tentu tidak semua kemajuan yang dialami bangsa lain akan kita ambil atau kita tiru begitu saja. Indonesia seharusnya hanya akan mengambil kemajuan dari sisi positifnya baik itu kemajuan di bidang ekonorni, budaya,maupun teknologi. 

Untuk nilai-nilai Pancasila harus kita gunakan sebagai penyaring daisi yang diambil, karena Pancasila sesuai dengan situasi dan kondisi dari bangsa Indonesia. Pancasila bersumber dari agama dan adat istiadat yang bumi Indonesia.

Jika mengambil suatu hal atau barang yang berasal dari luar negeri, tetapi tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, maka yang terjadi adalah kaburnya jati diri bangsa Indonesia. Sesuatu yang moderen memang diperlukan tetapi tidak boleh menghilangkan nilai-nilai yang sudah berakar dalam diri bangsa Indonesia.



 Daftar Pustaka: PT. JePe Press Media Utama