Peranan Pemerintah dalam Pembentukan Harga

Keadaan pasar di mana harga ditentukan oleh permintaan dan penawaran secara bebas (tanpa campur tangan pemerintah) disebut pasar bebas. Meskipun demikian, pemerintah kadang-kadang ikut campur tangan dan turut menentukan harga barang. Bentuk campur tangan pemerintah ini antara lain menentukan batas harga tertinggi dan terendah.

Pemerintah melindungi para konsumen dengan jalan menentukan harga tertinggi (maksimum). Jika harga suatu barang naik di atas tingkat yang menurut pemerintah melebihi daya beli konsumen, maka untuk melindungi konsumen, pemerintah menentukan harga maksimum yang sesuai dengan daya beli masyarakat. 

Sebagai contoh, harga beras per kg di pasar bebas naik menjadi P = Rp 3.000,00, dan kemudian pemerintah menetapkan harga maksimum beras tersebut Pi = Rp 2.500,00. Akibat langsung dari penetapan harga maksimum.

Penetapan harga maksimum oleh pemerintah sebesar /31 mengakibatkan permintaan dan penawaran tidak seimbang. Pada harga itu jumlah permintaan adalah Q2 dan jumlah penawaran adalah Q1. Agar penetapan harga maksimum berhasil, pemerintah harus meningkatkan jumlah persediaan barang di pasar, atau mendistribusikan barang tersebut dengan sistem jatah di mana pada barang tersebut sudah ditetapkan harganya. 

Peranan Pemerintah dalam Pembentukan Harga

Pengendalian harga selain bertujuan menjaga kestabilan harga barang kebutuhan pokok, juga untuk melindungi konsumen terutama konsumen yang berpeng-hasilan rendah (konsumen marjinal dan sub marjinal). 

Jika harga terus turun dan membuat pengusaha-pengusaha yang bermodal kecil atau para pengusaha lemah tak dapat mengikuti penurunan harga, maka untuk melindungi mereka, pemerintah menetapkan harga minimum atau harga terendah. Sebagai contoh, pada waktu panen raya pemerintah menetapkan harga dasar. 

Proses penetapan harga minimum merupakan kebalikan dari proses penetapan harga maksimum. Penetapan harga maksimum dan minimum seperti itu merupakan contoh keterlibatan pemerintah dalam perekonomian, khususnya untuk mengurangi dampak dari mekanisme pasar. Keterlibatan pemerintah dapat menghindarkan keadaan di mana yang kuat menindas yang lemah.



Daftar Pustaka: PT. Phibeta Aneka Gama