Perbandingan Sarana dan Prasarana Transportasi Masa Lalu dan Masa Kini

Perbandingan sarana dan prasarana transportasi masa lalu dan masa kini dapat dilihat dari tempat dan alatnya.

1. Tempat Prasarana tempat yang dimaksud adalah terminal, stasiun, pelabuhan, dan bandara.

  • Terminal
Terminal pada masa laiu hanya ada di beberapa kota namun sekarang sudah hampir ada di setiap kota, bahkan ada desa yang sudah mempunyai terminal.Terminal ada dua macam, yakni terminal indukdan terminal antar. 

Terminal induk merupakan terminal tempat pemberhentian jalur antarkota sehingga bus dan angkutan lain menyelesaikan jalurnya di terminal ini. Terminal antar merupakan terminal sementara, sehingga bus atau angkutan lain meneruskan perjalanan lagi setelah berhenti di terminal ini. 

  • Stasiun
Stasiun pada masa lalu hanya ada di beberapa tempat. Pada masa lalu jumlah kereta api masih sedikit sehingga tidak terlalu banyak dibangun stasiun kereta api. Pada masa kini stasiun-stasiun kereta dibangun di beberapa kota. Jalur rel kereta bertambah banyak. 

Penumpang kereta semakin meningkat jumlahnya. Stasiun kereta dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas yang modern disesuaikan dengan perkembangan zaman. Stasiun kereta api yang terkenal antara lain Gambir (Jakarta), Gubeng (Surabaya), dan Tawang (Semarang). 

  • Pelabuhan
Pelabuhan pada masa lalu sangat sederhana dan memiliki kondisi alam yang sudah baik. Pelabuhan hanya mampu menerima kapal laut dengan ukuran kecil sehingga kapal-kapal besar tidak bisa berlabuh ke dermaga.

Pada masa kini pelabuhan laut mampu menampung kapal laut yang cukup besar. Kedalaman laut di sekitar pelabuhan ditingkatkan serta dibangun sarana untuk memperbaiki kapal yang rusak. Pada saat ini dibangun pula beberapa pelabuhan laut untuk menambah pelabuhan yang sudah ada, baik untuk pelayaran nasional maupun pelayaran internasional. Contoh pelabuhan laut adalat pelabuhan Tanjung Priok (Jakarta), Belawan (Sumatra Utara), dan Tanjung Perak (Jawa Timur).
 
  • Bandara
Bandara kependekan dari bandar udara atau disebut juga pelabuhan udara (pelud). Bandara pada masa lalur disediakan hanya untuk penerbangan nasional namun sekarang sudah dibangun bandara untuk penerbangan nasional dan internasional. 

2. Alat Transportasi

Perbedaan alat transportasi pada masa lalu dan masa kini baik di darat, laut, dan udara adalah sebagai berikut.
  • Di Darat
Pada masa lalu alat transportasi belum menggunakan mesin. Alat transportasi yang digunakan masih memanfaatkan tenaga hewan. Pada masa kini alat transportasi sudah memanfaatkan tenaga mesin. Walaupun sudah banyak kendaraan bermotor namun pada masa kini di beberapa tempat masih ada alat transportasi yang menggunakan tenaga hewan.

Perbandingan Sarana dan Prasarana Transportasi Masa Lalu dan Masa Kini

Pada masa lalu jenis alat transportasi yang digunakan jumlahnya masih sedikit sedangkan pada masa kini alat transportasi bermesin sudah sangat banyak jenisnya. Berbagai macam teknologi kendaraan terus ditingkatkan. Semakin tinggi tingkat teknologinya maka semakin mahal pula harganya.  

  • Di Laut
Pada masa lalu alat transportasi laut masih memanfaatkan tenaga alam atau tenaga angin, seperti yang digunakan oleh kapal layar. Pada masa kini alat transportasi laut sudah banyak dalam jumlah dan jenisnya. Mulai dari kapal motor sederhana sampai dengan kapal laut bermesin besar. Walaupun demikian keberadaan kapal-kapal layar tradisional masih dimanfaatkan hingga kini.

  • Di Udara
Pada masa lalu jumlah pesawat terbang masih terbatas. Pesawat terbang hanya untuk penerbangan dalam negeri saja. Jumlah bandarapun masih sedikit.Pada masa sekarang jumlah pesawat terbang terus meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah penerbangan yang beroprasi.Bandara nasional dan bandara internasional dan bandara internasional sudah banyak dibangun dikota-kota besar.


Daftar Pustaka: Yudhistira