Potensi Penduduk Dunia Bidang Ekonomi dan Budaya

Pada dasarnya, keadaan ekonomi suatu negara berbeda-beda. Perbedaan itu disebabkan oleh lokasi atau susunan penduduknya. Distribusi dan kepadatan penduduk di tiap wilayah juga berbeda. Hal itu juga mencerminkan perbedaan alam dan evolusi politik wilayah tersebut. 

Sebagian besar kawasan yang paling banyak dihuni manusia adalah kawasan sekitar sungai, lembah, dan daerah pantai. Di banyak wilayah di dunia kepadatan penduduk telah menimbulkan masalah dalam hal penyediaan bahan makanan. 

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi memberikan kesempatan kepada umat manusia untuk menemukan teknologi baru yang lebih baik. Penemuan teknologi baru ini memungkinkan manusia untuk membuka sumber-sumber alam yang lebih luas, meningkatkan taraf hidup, dan mencegah timbulnya bencana alam yang mematikan. 

Salah satu dampak kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi adalah meningkatnya taraf hidup manusia. Sebagai akibatnya. jumlah penduduk meningkat. Pertumbuhan penduduk yang cepat mempengaruhi berbagai segi kehidupan dan budaya masyarakat. 

Tingkat kemakmuran suatu bangsa diapat digambarkan dengan indeks Gross National Product. Indeks itu merupakan jumlah dari nilai/harga seluruh barang dan jasa yang dihasilkan oleh bangsa dalam tahun tertentu. Gross Nasional Product dibagi jumlah penduduk merwhasilkan pendapatan per kapita. 

Pendapatan per kapita merupakan pendapatanikekayaan rata-rata setiap orang di suatu negara. Di negara ASEAN, khususnya Indonesia, peningkatan GNP didasarkan pada peningkatan ekonomi. 

Potensi Penduduk Dunia Bidang Ekonomi dan Budaya

Negara yang sumber alam yang melimpah, misalnya dalam pertanian, pertambangan. dan perikanan telah menyerap kira-kira 20-40 persen tenaga kerja dan menyumbang sekitar 10-20 persen pendapatan nasional.
Bagi neearaeneeara yang hanya memiliki sumber alam terbatas, GNP mendorong peningkatan potensi sumber daya manusia.

Contoh yang paling jelas adalah negeri Jepang. Pendapatan negara Jepang bergantung pada sektor perdagangan luar negeri. Ekspor utamanya adalah mesin. alat-alat transportasi, tekstil, dan bahan-bahan kimia. 

Kemampuan negara-negara industri di dunia dalam menghasilkan barang-barang Indus merupakan upaya negara tersebut dalam memanfaatkan potensi sumber daya manusianya. Kemajuan pesat dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi telah mengubah pola kehidupan ekonomi dan budaya, misalnya konsumsi, produksi, investasi, dan perdagangan.



Daftar Pustaka: PT. Selangkah Maju