Prinsip Kerja yang Efektif dan Efesien

Time is money, demikian ungkapan bahasa Inggris. Waktu merupakan sumber atau modal kita yang paling berharga. Semua orang mempunyai modal waktu yang sama namun ironisnya, tidak semua memperlakukan modal waktu itu dengan sikap yang sama. 

Ada yang rajin, giat bekerja, mengisi waktu dengan hal-hal yang positif, tetapi tidak sedeikit yang membiarkan waktunya berlalu dengan kegiatan yang tidak banyak artinya. 

Meskipun demikian, ibarat modal waktu memiliki kharakteristik khusus, yaitu memaksa kita untuk selalu menggunakannya. Kekayaan kita terus berkurang, dalam 1 jam 60 menit, 1 hari 24 jam, dan setahun 365 hari. Kita diam ataupun bergerak, kekayaan waktu kita tetap menyusut seolah-olah kita memakainya.

Waktu adalah sesuatu yang tidak bisa digantikan dengan hak lain. Boroskan uang Anda, maka Anda akan kehabisan uang, Anda mungkin masih punya kesempatan untuk mencari gantinya. Tetapi jika memboroskan waktu, Anda akan kehilangan selama-lamanya. 

Tentunya, berbagai hal yang tidak patut dikerjakan sama sekali adalah penyia-nyiaan waktu dalam hidup kita. Sebagian besar orang sibuk melakukan berbagai tugas yang memiliki relevansi minimum bagi hidup produktif, utuh dan bahagia. Mereka ini mengklaim kekurangan waktu, tetapi mereka menonton televise lima jam sehari. 

Prinsip Kerja yang Efektif dan Efesien

Saat bekerja mereka bermain internet, chatting, menelepon sebanyak enam atau tujuh kali untuk masalah pribadi, dan bersosialisasi dengan kolega mereka. Menjelang hari berakhir, mereka mengeluh karena harus bekerja selama dua atau tiga jam lebih lama setelah waktu pulang. 

Kekurangan waktu bukanlah masalahnya. Masalahnya adalah bagaimana kita menggunakan waktu kita. Orang-orang paling produktifdan makmur adalah mereka yang menginvestasikan waktu dan beberapa kegiatan penting, dan berusaha dengan kecepatan nyaman. Mereka menggunakan waktu secara efektif dan efisien. 

Pengaturan waktu adalah pembagian waktu disesuaikan dengan pelaksanaan tugas-tugas. Pengaturan waktu bisa membuat pekerjaan lebih efektif dan efisien, adapun hal-hal yang dapat dilakukan untuk mengatur waktu saat bekerja adalah.
  • Jangan menunda pekerjaan karena menunda pekerjaan sama dengan mengejar hari kemarin.
  • Bekerja berdasarkan jadwak kerja yang sudah ditentukan.
  • Mengerjakan pekerjaan satu per satu sehingga perhatian, pikiran dan tenaga terpusatpada satu hal yang dikerj akan.
  • Mengerjakan pekerjaan dengan serius tetapi tidak tegang, cepat tetapi tidak tergesa--gesa, tenang tetapi tidak lambat, keras tetapi tidak memaksakan diri.



Daftar Pustaka: Yudhistira