Profil Negara Brasil: Keadaan Alam, Budaya, Perekonomian, Penduduk dan Bentuk Pemerintahan

Berdasarkan letak astronomisnya, Brasil terletak di antara 35° BB-74° BB dan antara 6° LU-35° LS. Luas wilayah Brasil adalah 8.516.037 km2. Ibu kota Brasil adalah Brasilia. 

A. Keadaan Alam

Brasil merupakan negara terbesar di Amerika Selatan dipandang dari segi luas maupun jumlah penduduknya. Pantai Timur Brasil berhadapan dengan Samudra Atlantik. Di bagian utara Brasil terdapat Pegunungan Tumuc Humac. Di bagian tengah terdapat Plato Mato Grosso. 

Di antara Pegunungan Tumuc Humac dan Plato Mato Grosso mengalir Sungai Amazone yang merupakan sungai terbesar di dunia. Di daerah sekitar Sungai Amazone banyak dijumpai hutan rimba. Hutan tersebut merupakan hutan terlebat di seluruh dunia yang disebut Silvas. 

Pada Dataran Tinggi Brasil terdapat sabana yang disebut Campos yang terletak di balik Pegunungan Spinkaco. Lembah Parana terletak di sebelah tenggara Pegunungan Maracaju. Sebagian besar wilayah Brasil terletak di daerah tropis sehingga Brasil beriklim tropik. 

Akibat pengaruh angin pasat tenggara, daerah pantai Brasil banyak mendapat curah hujan. Di daerah pantai selatan, lereng Pegunungan Matigrecira merupakan daerah penghasil kopi terbesar. 

B. Budaya

Kebudayaan Brasil telah maju. Negara Brasil memiliki sejumlah ihnuwan. teknokrat, arsitek, dan seniman. Anak-anak Brasil usia 7-14 tahun terkena ±tele. ajar. Sekolah menengah umum di Brasil gratis. Gerakan Katolik di Brasil ban?ak menyelenggarakan sekolah menengah dan universitas, terutama di Sae yag dilengkapi dengan perpustakaan terkenal dengan nama The Municipal Pablic Library.

C. Perekonomian 

Hal-hal yang menyangkut kegiatan perekonotnian Brasil ,berikut. 

1) Pertanian dan Perkebunan
Hasil perkebunan utama Brasil adalah kopi. Brasal merupakan negara penghasil kopi nomor satu di dunia. Hasil hutan BrasiL antara lain. getah para. Hasil perkebunan Brasil, antara lain. kopi. tembakau., tebu. coklat. dan mate (sejenis teh).
 
Profil Negara Brasil Keadaan Alam, Budaya, Perekonomian, Penduduk dan Bentuk Pemerintahan

2) Peternakan
Peternakan banyak dijumpai di Dataran Tinggi Mato Grosso. Binatang yang diternak adalah lembu, kuda. dan kambing.
 
3) Pertambangan dan Industri
Tambang bijih besi diusahakan di sekitar Belo Horizonte. Pabrik peleburan bijih besi terdapat di Rio de Jeneiro. Pabrik bijih besi itu masih banyak menggunakan tenaga batu bara putih. Brasil banyak pula dibangun industri tekstil. 

D. Penduduk 

Pada tahun 1994 jumlah penduduk Brasil 158.739.000 jiwa dengan kepadatan penduduk 186 jiwa/km2. Penduduk Brasil terdiri atas bangsa In,dian, keturunan kulit putih, Mullatto, Mestizo, dan Negro.. Kou-kota yang., padat penduduknya adalah Brasilia, Sao Paulo, dan Rio de Jeneito. Bahasa resmi Brasil adalah bahasa Portugis. Agama yang dianut penduduk Brasil adalah Katolik Roma. 

E. Bentuk Pemerintahan 

Brasil merupakaa arnin republik federasi dengan kepala negara seorang presiden. Istana kepreskintars Thwid thalah Pakice of The Daitsn. Pusat pemerintahan Brasil di gedung. The Three Powers. 

Brasil tediri ,atas 23 necara bagians tiga daerah khusus, dan satu distrik federasi. Presiden Brasil menjabat sebagai kepala negara sekaligus kepala pemerintahan. Presiden dipilih oleh dengan pemilihan presiden dan negara bagian untuk masa jabatan enam tahun.




Daftar Pustaka: PT. Selangkah Maju