Profil Negara India: Keadaan Alam, Budaya, Perekonomian, Penduduk dan Bentuk Pemerintahan

A. Keadaan Alam

Berdasarkan letak astronomisnya India terletak di antara 8° LU-37° LU dan 67,5° BT-98° BT. Secara geografis, India terletak di kawasan Asia Selatan. Wilayah India berupa semenanjung yang luasnya 3.316.500 km2. Gambaran keadaan alam India adalah sebagai berikut. 

1) Dataran Rendah
Dataran rendah di India meliputi Dataran Rendah Indus, Dataran Rendah Hindustan, dan Dataran Rendah Sungai Brahmaputra. Dataran Rendah Sungai Gangga disebut Dataran Rendah Hindustan. Dataran Rendah Sungai Brahmaputra disebut Assam.

2) Dataran Tinggi Dekan
Dataran Tinggi Dekan membujur dari barat ke timur dengan tebing sangat curam yang di sebut ghat (tangga). Bagian barat ghat disebut Western Ghats, sedang bagian timur ghat disebut Eastern Gliats. Daerah pantai tenggara disebut Coromandel dan daerah pantai barat disebut Malabar. 

Di bagian utara India terdapat Pegunungan Himalaya. Karena tinggin\ pegunungan tersebut selalu diselimuti salju. Pegunungan Himalaya membatasi iklim India dengan Asia Tengah. Daerah lembah terdapat di tepi Sungai Gangga. Brahmaputra, dan Indus. 

Pada Dataran Tinggi Dekan mengalir Sungai Godavar dan Sungai Krishna. Suntzai tersebut mengalir ke arah timur dan bermuara di Teluk Benggala. Daerah-daerah dataran sungai tersebut sangat subur karena daerah tersebut mendapat pengairan yang cukup. Sebagian kecil wilayah Dataran Tinggi Dekan merupakan daerah kurang subur. 

B. Budaya

Sejak Zaman Purba, India merupakan negara yang kaya peninggalan budaya serta tempat-tempat suci. Berdasarkan hasil penelitian, di bekas kota tua Mohenjo Daro dan Harappa disimpulkan bahwa sejak dahulu India telah memiliki kebudayaan yang tinggi. Kebudayaan India, seperti upacara keagamaan, bahasa Sanskerta, karya sastra, seni bangunan, dan huruf Palawa/Pranagari tersebar ke berbagai penjuru dunia. 

Kebudayaan India masuk ke Indonesia. Hal itu terjadi bersamaan dengan masuknya agama Hindu dan Buddha ke Indonesia. Pengaruh budaya India itu, di antaranya, tampak dalam bentuk bangunan candi dan tersebarnya bahasa Sanskerta di berbagai daerah di Indonesia, walaupun telah banyak mengalami perubahan. Ada kesamaan antara bangunan candi di India dan bangunan candi di Indonesia. 

C. Perekonomian

1) Pertanian

India termasuk negara agraris karena sebazian besar penduduk India hidup dari sektor pertanian. Para petani India hanya memililzi tanah pertanian yang sempit. Pada zaman dahulu tanah-tanah pertanian di India dikuasai oleh tuan-tuan tanah (Zamindar) India sering dilanda kelaparan. Hal itu terjadi karena gagalnya panen (musim penghujan sering datang terlambat). Hasil-hasil pertanian India meliputi tanaman pangan dan tanaman perkebunan.

  • Tanaman Pangan: Tanaman padi banyak ditanam di lembah Benggala, Assam, Madras dan sekitarnya. Tanaman gandum terdapat di Punjab, Dekan, dan Hindustan Barat.
  • Tanaman Perkebunan: Tanaman tebu terdapat di lembah Gangga. Tanaman yute (bahan pembuat goni) ditanam di Benggala. Teh ditanam di Assam. Kapas banyak ditanam di daerah Bombay dan Dataran Tinggi Dekan bagian barat laut. Pemintalan dan penenunannya dikerjakan di Bombay. Tembakau terdapat di Dataran Rendah Hindustan dan Pantai Malabar.

2) Peternakan
Orang India, terutama yang beragama Hindu, tidak makan daging sehingga usaha peternakan India kurang maju. Peternakan biri-biri dan unta banyak diusaha-kan di daerah stepa dan Dataran Tinggi Dekan. Gajah dan kerbau diusahakan di lembah Hindustan. Di Benggala banyak dipelihara ulat sutra.

3) Pertambangan

India kaya barang tambang. Jenis barang tambang India sama dengan barang tambang. negara-negara yang dilalui jalur Pegunungan Mediterania. Barang tam-bang India, antara lain, adalah
  • besi terdapat di Bihar, Orissa, dan Propinsi Tengah;
  • batu bara terdapat di Orissa dan Benggala,
  • mangan terdapat di Propinsi Tengah, Bihar, dan Madras;
  • mika terdapat di dataran tinggi Bihar,
  • emas terdapat di Mysore;
  • bauksit dan anorasit terdapat di Tranvasore.

4) Perindustrian
Industri India berkembang pesat. Berbagai industri yang terdapat di India. antara lain, adalah
  • industri tekstil terdapat di Bombay dan Akmedabat;
  • industri kapas terdapat di Bombay dan Madras;
  • industri karung goni terdapat di Calcuta;
  • industri besi baja terdapat di Yamsyudipoor dengan pusatnya di Damoder;
  • industri pesawat terbang terdapat di Bombay dan Madras;
  • industri kapal terdapat di Bombay dan Madras;
  • industri lokomotif terdapat di Calcuta dan Chittaxonjasa.

5) Perdagangan
Barang ekspor India meliputi tekstil, goni, kapas, teh, bijih besi, mangan, dan batu bara. Barang impor India meliputi beras, minyak bumi, mesin-mesin, dan hasil industri lainnya. 

Kota dan pelabuhan penting di India, antara lain, adalah pelabuhan impor terdapat di Bombay dan pelabuhan ekspor di Calcuta. 

Profil Negara India Keadaan Alam, Budaya, Perekonomian, Penduduk dan Bentuk Pemerintahan

D. Penduduk 

Pada Zaman Prasejarah bangsa Arya dari Eropa, termasuk Indo-Jerman, menyerbu India melalui lintasan Khyber (celah-celah Pegunungan Himalaya) masuk ke Punjab. Mereka mendesak penduduk asli, yakni bangsa Dravida. 

Karena peristiwa itu terjadilah percampuran darah antara penduduk pendatang dan penduduk asli sehingga ter-bentuklah ras baru yang disebut orang Hindu. Golongan itulah yang akhirnya menjadi golongan paling besar. Bangsa yang mendiami wilayah India adalah sebagai berikut:

  • Bangsa Hindu mendiami daerah subur, ,seperti Punjab, Assam, Benggala, dan Hindustan.
  • Bangsa Wedoit, termasuk di dalamnya bangsa Dravida, sebagian besar berdiam di Dataran Tinggi Dekan Tenggara. 
  • Bangsa Mongolia (berkulit kuning) kebanyakan bertempat tinggal di lereng Pegunungan Himalaya, Assam, dan Benggala. 

Hampir 80% penduduk India beragama Hindu, 11% beragama Islam, 3% beraga ma Kristen, 2% Sikh (keturunan Islam dengan Hindu), dan 0,7% beragama Budha. Dalam hal jumlah penduduk, India menduduki urutan nomor dua setelah RRC. Pada tahun 1991 jumlah penduduk India mencapai 866.000.000 jiwa dengan tingkat pertumbuhan rata-rata 2,1%. Kepadatan penduduk India 500 orang per km2. 

E. Bentuk Pemerintahan

India merupakan negara republik parlementer. Presiden berfungsi sebagai kepala negara, sedangkan perdana menteri sebagai kepala pemerintahan. Tugas perdana menteri adalah membentuk kabinet dan memimpin para menteri. 

Dewan perwakilan rakyat India terdiri atas presiden, dewan negara yang berang-gotakan 250 orang dan dipilih untuk masa bakti 6 tahun, dan dewan rakyat yang beranggotakan 525 orang dan dipilih untuk masa bakti 5 tahun. India merdeka pada tanggal 15 Agustus 1947. Akan tetapi, India masih bergabung dalam Commonwealth Inggris. Ibu kota India adalah New Delhi.




Daftar Pustaka: PT. Selangkah Maju