Profil Negara Inggris: Keadaan Alam, Budaya, Perekonomian, Penduduk dan Bentuk Pemerintahan

Inggris terletak di antara Benua Eropa dan Benua Amerika. Berdasarkan letak astronomisnya Inggris terletak di antara 49° LU-59,5° LU dan 11° BB 2° BT. Batas wilayah negara Inggris adalah sebagai berikut: 

  • di sebelah utara Inggris berbatasan dengan Samudra Atlantik;
  • di sebelah timur Inggris berbatasan dengan Laut Utara,
  • di sebelah selatan Inggris berbatasan dengan Selat Inggris;
  • di sebelah barat Inggris berbatasan dengan Irlandia dan Samudra Atlantik.

Posisi negara Inggris sangat strategis karena merupakan garis penghubung ,arus Benua Eropa dan Amerika. Letak negara Inggris di daerah laut utara. Daerah itu merupaikan daerah pelayaran teramai di dunia. 

A. Keadaan Alam

Inggris merupakan negara kepulauan. Kepulauan Inggris terietak pada dangkalan Eropa sehingga merupakan pulau kontinental. Batan timur dan selatan Inggris merupakan daerah subur, sedangkan bagian utara berupa Pezunungan Cornwall, Wales, Pennine, dan Peak dengan puncak tertinosz adalahNorthern Highlands (± 1.343 m). 

Di sebelah selatan Pegunungan Pennine dan timur Wales terdapat Dataran Rendah England. Semenanjung Barat Daya Englan terdiri atas plato yang mengandung granit kasar dan batu pasir dengan lembah suagai yang dalam. Di tempat itu mengalir Sungai Tyne, Tees, Trent. dan Duse menuju laut es utara melalui dataran rendah Lancashire. Daerah itu merupakan kawasan industri terbesar Inggris. 

B. Budaya

Inggris mempunyai kebudayaan yang sudah sangat terkenal di dunia, terutama seni musik dan seni rupa. Pusat kebudayaan terkenal terdapat di London. Di kota itu terdapat \ museum tua, yaitu The Victoria. and Albert Museum. 

C. Perekonomian

Inggris merupakan negara industri maju di dunia, terutama dalam bidang teknologi, ilmu pengetahuan, dan sastra. Perekonomian Inggris berkembang pesat. Kegiatan perekonomian Inggris meliputi bidang-bidang di bawah ini.
 
1) Pertanian, Peternakan, dan Perikanan Hasil pertanian Inggris adalah
  • kentang dihasilkan di Lancashire. Crishire. Linccolnshire,
  • gandum dihasilkan di sebelah timur Anglia dan daerah timur Laut London,
  • haver dihasilkan di Lancashlre dan Insersis bagian barat daya;
  • sayur-sayuran dihaslikan di Bedfordshire.

Peternakan Inggris sangat maju dan dikerjakan secara intensif. Beberapa faktor yang mendorong kemajuan peternakan di Inggris adalah adanya areal padang rumput yang luas dan iklim yang cocok untuk usaha peternakan. Binatang ternak yang dipelihara adalah unggas, lembu, biri-biri, dan babi. 

Perikanan di Inggris sangat maju dan menduduki tempat teratas di Eropa. Rusat penangkapan ikan Inggris terdapat di Grimsby, Aberdeen, dan Wick. 

2) Pertambangan
Inggris merupakan negara penghasil dan pengekspor batu bara yang besar. Daerah tambang batu bara Inggris adalah di Wales bagian selatan, sekitar Sungai Tyne, sekitar Pegunungan Peak, dan dataran rendah Skotlandia. Hasil tambang lainnya adalah kaolin dan besi (terdapat di Comwall). Tanah liat dan porselin terdal pat di Cornwall. Timah dan tembaga terdapat di Coundall.

3) Industri
Industri di Inggris sangat maju dan terkenal di dunia. Industri wol terdapat di kota Branford dan Leeds. Industri yute terdapat di kota Dundee. Industri kain lenan terdapat di Belfast. Industri kapas (cotton) terdapat di Manchester dan Liverpool.

Industri sutra terdapat di Bedford, Norwich,Glasgow, dan sebelah utara Exeter. Industri tekstil terutama berpusat di daerah Landcashire. Industri baja terdapat di Yorkshire, Sheffield, Middlebrough, Rhonbada, dan New Port. Industri perkapalan dan galangan kapal yang terbesar di seluruh dunia terdapat di Tyne, New Castle, Sundeland, dan Clyde. 

Pelabuhan kedua Inggris adalah Liverpool. Impor utama negara Inggris berupa gandum dari Kanada dan Australia; kopra, teh, timah, dan karet dari Indonesia; susu, mentega, dan keju dari Belanda dan Swedia; bijih besi dari Swedia, Spanyol, dan Aljazair, kapas dari USA, India, dan Mesir; bulu domba dari Australia dan. Argentina; dan sutra dari Jepang, Italia, dan Cina. 

Profil Negara Inggris: Keadaan Alam, Budaya, Perekonomian, Penduduk dan Bentuk Pemerintahan

 D. Penduduk

Pada tahun 1993 jumlah penduduk Inggris sebanyak 58.191.000 jiwa denzan kepa-datan penduduk 238 orang tiap kilometer persegi. Sekitar 90%penduduk inggris bertempat tinggal di daerah perkotaan. Penduduk daerah Pegunungan Skotlandia. Wales, dan Irlandia Utara sangat jarang. Penduduk asli Inggris disebut orang Inggris dan terdiri atas dua kelompok, yaitu
  • bangsa Kelt yang terdiri atas orang Skot, Irlandia, dan Wales;
  • bangsa Jerman yang terdiri atas orang Anglo, Saxon, Jute, Denmark, dan Norman. 

Bahasa Inggris termasuk rumpun bahasa Indo—Jerman. Rumpun bahasa Indo—Jerman terdiri atas kelompok bahasa Kelt dan bahasa Jerman. Agama yang dianut penduduk Inggris adalah agama Anglikan, Katolik Roma, Presbiterian, Methodist, dan Baptis. Pemeluk agama Islam, Yahudi, dan Hindu di Inggris relatif kecil. 

E. Bentuk Pemerintahan

Inggris adalah negara monarki parlementer atau kerajaan yang berkonstitusi. Kepala pemerintahan Inggris dipegang oleh seorang perdana menteri, sedangkan kepala negara dijabat oleh ratu. Parlemen di Inggris memakai sistem bicaral (terdiri atas Majelis Rendah (House of Commons) dan MajelisiTinggi (Houssrorrords) yang merupakan pengadilan tertinggi dalam perkara perdata dan pidana, kecuali di Skotlandia. 

Majelis tinggi dapat menolak undang-undang yang diajukan oleh Majelis Rendah. Di Inggris ada tiga partai yang terbesar, yakni Partai Konservatif, Partai Buruh, dan Partai Liberal. Ketua partai yang dominan diangkat oleh ratu. Partai yang berkuasa menentukan kebijaksanaan politik pemerintahan.




Daftar Pustaka: PT. Selangkah Maju