Profil Negara Kanada: Keadaan Alam, Budaya, Perekonomian, Penduduk dan Bentuk Pemerintahan

Kanada The Dominion of Canada) adalah negara federal dan termasuk negara persemakmuran denzan ibu kota Ottawa. Berdasarkan letak astronomisnya Kanada terletak di antara 42° LIT-41541LU dan frfi antara 52° B13-140° BIL 

Batas wilayah negara Kanada adalah sebagai berikut:
1. di sebelah utara Kanada berbatasan dengan Samudra Arktik;
2. di sebelah timur Kanada berbatasan dengan Samudra Atlantik, Selat Davis, dan Teluk Baffin
3. di sebelah selatan Kanada berbatasan dengan Amerika Serikat; di sebelah barat Kanada berbatasan dengan Samudra Pasifik. 

A. Keadaan Alam

Di bagian timur Kanada terdapat Pegunungan Appalacia dan Plato Laurentia. Di bagian barat Kanada terdapat Pegunungan Rocky dan Machenzie. Di pantai barat banyak terdapat fyord, yakni pantai bertebing curam dan berliku-liku yang terjadi karena erosi gletser. Di bagian utara terdapat Pegunungan Yukon, Gunung St. Ellias. dan Pegunungan Pelly. 

Daerah sekitar Teluk Hudson merupakan kawasan hutan pinus. Sungai Laut Rence mengalir ke timur dan bermuara di Samudra Atlantik.

Bagian tengah Kanada merupakan dataran rendah. Di situ terdapat Dataran Rendah Alberta, Dataran Rendah Saskatchewan, dan Dataran Rendah Manitoba. Di samping itu, terdapat Danau Great Bear, Great Slave, dan Danau Wuripeg. 

Di sebelah barat danau tersebut terdapat Dataran Tinggi Labrador. Gunung tertinggi di Kanada adalah Gunung Logam. Tinggi gunung itu 6.050 m dari permukaan air laut. Gunung Logam terletak di Pegunungan Elias berbatasan dengan Alaska. 

B. Budaya

Kebudayaan negara Kanada maju pesat, terutama dalam bidang kesenian. Pada tahun 1969 pemerintah Indonesia pernah membuka Pusat Kesenian Nasional di Ottawa, terutama untuk seni drama, musik, dan balet.

Dalam bidang seni pahat, seniman Eskimo banyak membuat karya pahat dari gading dan beberapa lukisan pada batu yang menggambarkan aktivitas kehidupan mereka sehari-hari. Musikus kenamaan Kanada, antara lain, Glanu Gould. 

C. Perekonomian  

Gambaran perekonomian Kanada adalah sebagai berikut. 

1) Pertanian
Kanada merupakan negara agraris. Oleh karena itu, bidang pertanian menjadi mata pencaharian penting penduduk. Tanah pertanian Kanada diolah dengan menggunakan mesin-mesin. Tanaman yang diusahakan, misalnya gandum dan haver. Kanada merupakan lumbung gandum bagi negara-negara Eropa. Pasar penjualan gandum terdapat di Winnipeg. Di negara bagian Ontario terdapat perkebunam liane bakau sejenis tembakau Deli. Di Propinsi Scotia Anaoolis Vally banyak dilsafacan buah apel dan sayur-sayuran.
 
2) Peternakan
Peternakan Kanada diusahakan secara intensif. Peternakan kuda dilakulcan di luar kandang (di daerah Prairi). Usaha ternak lainnya adadah petneliharaan pelsa. Hewan pelsa menghasilkan kulit berbulu tebal ang berharga. Di daerah Prairie terdapat peternakan lembu (diambil daging dan susunya).
 
3) Perikanan
Bidang perikanan di Kanada dilaksanakan dengan teknologi tinggi. Daerah penangkapan ikan terdapat di sebelah timur Newfoundland. Di daerah tersebut terdapat banyak ikan sebab daerah itu merupakan tempat pertemuan arus dingin Labrador dan arus panas Gulf Stream. Jenis ikan yang ditangkap adalah Salmon dan haring. Pelabuhan ikan terdapat di daerah Halifax dan St. John's.
 
4) Kehutanan
Kurang lebih 30% wilayah Kanada berupa hutan berdaun jarum. Hasil peng-olahan kayu berdaun duri adalah kertas, sutra tiruan, dan triplek. Hutan kayu pinus terdapat di sekitar Teluk Hudson dan lembah-lembah Sungai St. Lawrence. Hutan di Kanada diusahakan secara modern dan serba mekanis. Kayu Kanada banyak diekspor ke Eropa dan Amerika Serikat. Binatang yang hidup di hutan, misalnya hewan berbulu tebal, pelsa, dan bever.
 
5) Pertambangan dan Perindustrian
Hasil tambang Kanada cukup banyak, antara lain, radim, emas, tembaga, nikel, platina, timah, dan bijih besi. Kawasan Industri Kanada cukup banyak, antara lain, sebagai berikut: 

Profil Negara Kanada: Keadaan Alam, Budaya, Perekonomian, Penduduk dan Bentuk Pemerintahan

  • Ontario merupakan kota tempat pabrik karet sintetis dan kerajinan tangan,
  • Winnipeg merupakan tempat prabrik tepung, pengalengan daging, dan bengkel kereta api;
  • Montreal merupakan pusat industri mobil, karet sintetis, dan galangan kapal;
  • Quebec merupakan kota tempat industri besi, kulit, dan kertas;
  • Alberta merupakan kota tempat penggilingan minyak;
  • Toronto merupakan kota tempat pabrik pesawat helikopter.

D. Penduduk

Pada tahun 1993 jumlah penduduk Kanada adalah 28.755.000 jiwa. Jumlah penduduk sebesar itu terdiri atas
  • bangsa kulit putih (kebanyakan keturunan bangsa Prancis dan Inggris);
  • bangsa Indian yang terdapat di sekitar Ontario;
  • bangsa Eskimo yang tinggal di Kanada bagian utara.

Bahasa resmi Kanada adalah bahasa Inggris dan Prancis. Penduduk asli Kanada menggunakan bahasa Creol (bahasa Indian + Spanyol). Sebagian besar penduduk Kanada memeluk agama Kristen.

Bentuk Pemerintahan Kanada merupakan negara monarki pariementer. Parlemen Kanada berkedudukan di Ottawa. Parlemen Kanada terdiri atas majelis rendah dan majelis tinggi. Anggota majelis rendah berasal dari hasil pemilihan. 

Majelis tinggi mengemban tugas untuk melancarkan roda pemerintahan. Wilayah Kanada terbagi atas sepuluh propinsi dan dua daerah teritorium. Setiap propinsi mempunyai pemerintahan serta dewan legeslatif sendiri.




Daftar Pustaka: PT. Selangkah Maju