Profil Negara Kenya: Keadaan Alam, Budaya, Perekonomian, Penduduk dan Bentuk Pemerintahan

Berdasarkan letak astronomisnya, Kenya terletak antara LU-4t LS die ant BT. Menurut letak geografisnya Kenya terletak di kawasan Afrika limur 

A. Keadaan Alam

Republik Kenya merupakan negara yang berada di kawasan Afrika Tiamer lah utara Kenya berbatasan dengan negara Etiopia dan Sudan. Di sebelabi tamet lidap berbatasan dengan Somalia dan Samudra Hindia. Di sebelah selatan Kenya dengan negara Tanzania. 

Di sebelah barat Kenya berbatasan dengan negara Upemik, sebelah barat daya wilayah Kenya berupa dataran tinggi dan pegunungan.Kenya merupakan gunung tertinggi kedua di Benua Afrika (5.193 m). Di bat!ja han Kenya terdapat Gunung Elgon. Lereng gunung itu sangat baik untuk pertanian. 

Di sebelah barat daya Gunung Elgon terdapat Danau Victoria. Danau tersebut arew jadi milik tiga negara, yakni negara Kenya, dganda, dan Tanzania. 

Dari pantai selatan membentang ke arah utara dan barat dijumpai belukar, vaint kawasan yang terdiri atas pepohonan rendah, semak, serta tumbuhan perdu. Di Kerwa terdapat dua buah sungai besar, yakni Sungai Tana dan Sungai Athi yang mengalir ke arah timur dan bermuara di Samudra Hindia. 

Kenya terletak di daerah khatulistiwa sehingga Kenya beriklim tropis. Daerah tanah tinggi di Kenya beriklim sedang, sedangkan daerah pantai beriklim panas yang lembap. Daerah sebelah utara Danau Rudolf beriklim panas dan kering. Daerah Kenya yang paling banyak mendapat hujan adalah daerah pantai timur. Di daerah pedalaman Kenya j arang turun huj an (daerahnya berupa sabana). 

B. Budaya

Budaya penduduk Kenya tergolong masih sederhana. Adat-istiadat dan corak kehidupan penduduk masih bersifat tradisional. Kesederhanaan suku bangsa Kenya terlihat pada suku bangsa Masai yang mendiami Kenya Tengah.

Mereka membuat rumah dari lumpur yang dicampur dengan kotoran lembu. Karena kehidupan mereka masih berpindah-pindah, rumah yang akan mereka tinggalkan dihancurkan terlebih dahulu. Penduduk Kenya yang bertempat tinggal di kota telah mendapat pengaruh kebu-dayaan dari luar.
 
C. Perekonomian

1) Pertanian Kenya termasuk negara agraris. Pemerintah Kenya berupaya meningkatkan produksi pertanian, terutama tanaman ekspor. Hasil-hasil pertanian Kenya, antara lain, kopi, sisal, dan piretrum. Kenya merupakan penghasil piretrum terbesar di dunia. Piretrum adalah bahan campuran insektisida.
 
2) Peternakan Kenya merupakan salah satu negara di Benua Afrika yang banyak memelihara ternak lembu perah. Hasil utama peternakan Kenya adalah susu. Di samping lembu perah di Kenya banyak pula diternak kambing, domba, dan unta. Unta. Kenya terutama digunakan sebagai binatang beban.
 
3) PertambanganSektor pertambangan Kenya kurang begitu maju karena sebagian besar hasil tambang yang dihasilkan berupa bahan jenis logam. Hasil tambang Kenya meliputi gas bumi, asbes. mika. perak. dan baja. Tambang minyak terdapat di Lembah Tana. Industri Kenya terutama industri yang mengolah hasil pertanian (industri agraria). 

Profil Negara Kenya Keadaan Alam, Budaya, Perekonomian, Penduduk dan Bentuk Pemerintahan

 D. Penduduk

Sebagian besar penduduk Kenya adalah bangsa Kikuyu, Lua (Nilot), Luhya, Kamba. Kialenyin. dan Kissi. Kota yang terpadat penduduknya adalah Nairobi. 

Pada tahue 1991 jumlah penduduk Kenya 25.241.000 jiwa. Kepadatan penduduknya atiallah 102 per mil. Pertumbuhan penduduk Kenya setiap tahun ± 4,1%. Sebeiwn basgsa karrit putih datang, banyak penduduk Kenya yang menganut animisme. Sekarang pardialink Kenya banyak yang memeluk agama Islam, Katolik. Roma, dan Protestat 

E. Peserisiaisa

Bestak netara Karya adabh Republik. Presiden Kenya bertindak sebagai kepala negara sekaligin sebatal tepaila panerintahan. Kenya terbagi menjadi delapan pemerintahan daerah. Keidapan penierinuhan daerah itu adalah pemerintahan daerah Bagian Tengah. Daerah Pantaii. Bacian Nairobi, Bagian Timur Laut, Nyauza, Bagian Barat. dan Rift Valley.




Daftar Pustaka: PT. Selangkah Maju