Profil Negara Meksiko: Keadaan Alam, Budaya, Perekonomian, Penduduk dan Bentuk Pemerintahan

Meksiko merupakan negara republik federal yang terletak di sebelah selatan Amerika Utara. Berdasarkan letak astronomisnya Meksiko terletak antara 6° LU-34° LU dan antara 86° BB-118° BB. Luas wilayah Meksiko adalah 1.958.201 km2. 

Batas wilayah negara Meksiko acialah sebagai berikut:
  • di sebelah utara Meksiko berbatasan dengan Amerika Serikat;
  • di sebelah timur Meksiko berbatasan dengan Teluk Meksiko;
  • di sebelah dan barat Meksiko berbatasan Samudra Pasifik;
  • di sebelah tenggara Meksiko berbatasan dengan Laut Karibia, Belize, dan Guatemaia.

A. Keadaan Alam

Sebagian besar wilayah Meksiko merupakan plato yang dibatasi oleh deretan Pegunungan Sierra Madre Occidental dan Pegunungan Sierre Madre Oriental. Pegunungan-pegunungan tersebut bertebing curam. Di sebelah timur Meksiko terdapat plato dan pegunungan yang terdiri atas tanah gamping dan tanah liat. 

Di bagian barat terdapat bukit-bukit dan batu-batuan vulkanis. Permukaan plato tengah berujud buicit-bulcit rendah dan cekungan yang lebar. Sebelah.selatan plato banyak tersekat oleh pegunungan yang masih menunjukkan kegiatan vulkanis. Gunung tertinggi di Meksiko adalah Gunung Orizba yang mempunyai ketinggian 5.700 m. 

Meksiko bagian utara dan plato tengah merupakan kawasan kering. Di kawasan itu tidak terdapat sungai. Dataran rendah pantai membentang dari Rio Grande hingga Semenanjung Yukatan. Dataran Rendah Pantai Pasifik merupakan dataran rendah yang sempit dan berbukit-bukit. Di sebelah utara terbentang ke arah selatan jalur pantai sempit yang dijadikan pelabuhan alami Meksiko. 

B. Budaya

Sejak zaman dahulu Meksiko terkenal seni bangunan, arsitektur, seni pahat, seni lukis, dan seni tarinya. Selain sebagai pusat kebudayaan, Meksiko juga sebagai pusat pariwisata. 

Masuknya bangsa Spanyol ke Meksiko menyebabkan terjadinya pemusnahan kebudayaan bangsa Indian yang bermutu tinggi. Semua kebudayaan penduduk asli Meksiko diganti dengan budaya barat. 

Kota Guadalajara adalah kota kedua setelah Meksiko. Kota itu dibangun dengan gaya arsitektur Spanyol. Kota Oaxaca yang dulu menjadi pusat kebudayaan bangsa Indian, kini telah berubah menjadi pusat industri kerajinan tangan yang menthasam barang pecah belah dan perhiasan dari kulit. 

C. Perekonomian

Kegiatan perekonomian penduduk Meksiko, antara lain, dapat clijelaskan sebagai berikut. 

1) Pertambangan
Meksiko merupakan penghasil perak terbes,ar dunia. Daerah penghasil perak di Meksiko adalah di Guanajuato, Taxco, Pachuza. Zacatecas, dan San Luis Potosi. Di lembah Sungai Salinias terdapat pertambanean tembaga. 

Cadangan minyak bumi dan gas alam terdapat di sepanjang Pantai Teluk Meksiko. Belerang terdapat di sebelah selatan Veracruz. Pertambangan dan galian mineral lain adalah mangan, flour, grafit, uranium, seng, dan timah.

2) Pertanian
Lima belas persen dari luas seluruh wilayah Meksiko diusahakan untuk pertanian. Kegiatan pertanian Meksiko berada di sekitar Plato Tengah yang memiliki lahan vulkanis subur serta hujan yang cukup. Usaha pertanian diselenggarakan secara kolektif yang diusahakan oleh sekelompok penggarap tanah. 

3) Peternakan
Ternak clihrsilkan di. Pegunungan Mesa. Central. Usaha peternakan yang ada adalah penkan lemba. unggas. kuda. dan babi. Peternakan besar berada di daerah bagian ugara. 

4) Perikanan
Daerah pencarian ikan yang utama terdapat di lepas pantai pasifik dan di sekitar Teluk Califomia. Ikan sarden dan tuna merupakan hasil tangkapan utama. 

5) Kehutanan
Di negara Meksiko hutan terdapat di Sierra Madre Occidental dan bagian barat negara bagian Chihuahua. Hasil hutan basah tropis adalah kayu mahoni. Pembudidayaan hutan juga dilakukan di daerah Campeche dan Quintana Roo. 

6) Industri
Industri utama Meksiko adalah tekstil dan baja. Industri baja terdapat di Monterrey, Las Truchas, dan Toluca. Industri tekstil dan bahan dasar kapas berkem-bang di Meksiko dan Puebla. Industri-industri lain di Meksiko adalah industri barang-barang kimia, barang-barang elektronik, karet, serta pengolahan minyak bumi. 

Profil Negara Meksiko: Keadaan Alam, Budaya, Perekonomian, Penduduk dan Bentuk Pemerintahan

Untuk menambah devisa negara Meksiko mengembangkan sektor pariwisata. Banyak para wisatawan berkunjung ke Meksiko, antara lain, dari Amerika Serikat, Prancis, Jerman, dan Belanda. Objek wisata Meksiko, antara lain, Acapulco, Puerto Nalliarta, sepanjang garis pantai, dan Pantai Baja California. 

D. Penduduk

Periduduk Meksiko merupakan pembauran dari berbagai bangsa. Pada tahun 1993 jumlah penduduk Meksiko 91.000.000 jiwa dengan kepadatan 47 jiwa/km2. Penduduk Meksiko terdiri atas orang Mestis, Indian, Amerika, dan Kaukasia. Sebagian besar penduduk Meksiko menganut agama Katolik Roma, sedangkan sisanya menganut agama Kristen Protestan. Bahasa resmi Meksiko adalah bahasa Spanyol. 

E. Pemerintahan

Bentuk negara Meksiko adalah republik federal. Kepala negara Meksiko adalah seorang presiden yang dipilih untuk masa bakti enam tahun. Kekuasaan legistlatif Meksiko berada di tangan kongres. Kongres terdiri atas Senat dan Dewan Rakyat. 

Anggota Senat dipilih dengan masa bakti 6 tahun, sedangkan anggota Dewan Perwakilan Rakyat dipilih dengan masa bakti tiga tahun. Kekuasaan eksekutif Meksiko berada di tangan presiden. Mahkamah Agung merupakan badan independen yang berkuasa mengendalikan kekuasaan eksekutif. 

Di tiap-tiap negara bagian terdapat pengadilan tinggi negara yang berhak menyelidiki perkara, baik perdata maupun pidana. Untuk memudahkan pemerintahan, Meksiko dibagi menjadi 31 negara bagian. Setiap negara bagian merupakan satu kesatuan otonom.




Daftar Pustaka: PT. Selangkah Maju