Profil Negara Nigeria: Keadaan Alam, Budaya, Perekonomian, Penduduk dan Bentuk Pemerintahan

Nigeria merupakan salah satu negara Republik di Afnka Barat Batas wilayah Nigeria adalah sebagai berikut.
  • Di sebelah barat Nigeria berbatasan dengan negara Benin.
  • Di sebelah timur Nigeria berbatasan dengan negara Kamerun.
  • Di sebelah utara Nigeria berbatasan dengan negara Niger.

A. Keadaan Alam

Sebagian besar kawasan Nigeria terdiri atas dataran rendah (rata-rata sekitar 300 m di atas permukaan laut). Di perbatasan dengan Kamerun terdapat Dataran Tinggi Adamawa. Di bagian tengah Nigeria terdapat Dataran Tinggi Jos.

Daerah sekitar pantai Nigeria merupakan lembah-lembah yang lebar dan banyak ditumbuhi hutan bakau. Sungai terpenting Nigeria adalah Sungai Niger. Sungai tersebut mengalir dari Dataran Tinggi Fouta Djallon di daerah perbatasan Sierra Leone dengan anak sungai yang bermuara di Teluk Guinea.

Iklim Nigeria beriklim tropis. Nigeria Utara beriklim kering dengan suhu udara rata-rata 10°-44°C. Pada bulan April-Oktober di Nigeria Selatan terjadi musim panas. Pada musim dingin (November-Maret) bertiup angin dari Gurun Sahara. Angin itu membawa pasir dan debu halus. 

B. Budaya

Kebudayaan Nigeria telah maju sejak tahun 500 SM. Hal itu terbukti dengan dite-mukannya patung-patung tua. Pusat kebudayaan Nigeria barada di daerah Plato Jos Nigeria Tengah. Namun demikian, kehidupan tradisional masth banyak dijumpai di da-erah pedalaman.

C. Perekonomian

1) Pertanian Lebih dari 70% penduduk Nigeria hidup dari bercocok tanam. Di TailaN ah Nigeria Selatan banyak ditanam ubi jalar. Di Nigeria Utara banyak ditanam jagung. padi, dan milet. Di Nigeria Timur banyak dijumpai perkebunan kelapa, kelapa sawit, karet, dan coklat. Hasil tanaman perkebunan Nigeria terutama untuk komoditas ekspor. 

Profil Negara Nigeria Keadaan Alam, Budaya, Perekonomian, Penduduk dan Bentuk Pemerintahan

 2) Peternakan Selain bercocok tanam penduduk Nigeria banyak yang mengusahakan peternakan. Hewan ternak yang dipelihara, antara lain, kuda, lembu, kambing, dan domba. Hasil peternakan Nigeria digunakan untuk mencukupi kebutuhan dalam negeri. 

3) Pertambangan Tulang punggung utama perekonomian Nigeria adalah minyak bumi. Nigeria merupakan produsen minyak bumi terbesar keenam di dunia. Berkat ekspor minyak bumi, Nigeria mampu menjadi negara terkaya di Afrika. Di Port Harcourt terdapat kilang minyak. Selain minyak bumi barang tambang Nigeria adalah batu bara dan timah (terutama di Dataran Tinggi Jos). 

D. Penduduk

Penduduk Nigeria terdiri atas berbagai suku bangsa. Setiap daerah di Nigeria didominasi oleh suku Hausa, Yoruba, Ibo, dan Fulani. Pada tahun 1992 jumlah penduduk Nigeria 115.000.000 jiwa. Kepadatan penduduk Nigeria rata-rata 101 jiwa per mil persegi. 

Agama yang dianut penduduk Nigeria adalah Islam (45%), Kristen (38%), dan sisanya menganut kepercayaan Animisme. Bahasa resmi penduduk Nigeria adalah bahasa Inggris. Anak-anak di daerah pedalaman Nigeria masih lxinyak yang menggunakan bahasa asli Nigeria. 

E. Pemerintahan

Bentuk pemerintahan Nigeria adalah Republik Federasi. Nigeria dipimpin oleh seorang presiden dengan masa bakti enam tahun. Untuk menjalankan pemerintahannya presiden mengangkat kabinet. Badan Legislatif Nigeria terdiri atas dua majelis, yaitu Senat dan Dewan Perwakilan Rakyat. Nigeria terbagi menjadi 19 negara bagian. Setiap negara bagian diberi wewenang untuk mengurusi pemerintahan sendiri. 




Daftar Pustaka: PT. Selangkah Maju