Profil Negara Prancis: Keadaan Alam, Budaya, Perekonomian, Penduduk dan Bentuk Pemerintahan

Berdasarkan letak astronomisnya, Prancis terletak di antara 42° LU-51° LU dan 5° BB-8° BT.
Batas-batas wilayah negara Prancis adalah sebagai berikut:
  • di sebelah utara Prancis berbatasan dengan Selat Kanal;
  • di sebelah timur Prancis berbatasan dengan Jerman. Swiss, dan Italia;
  • di sebelah selatan Prancis berbatasan dengan Laut Ten2ah dan Spanyol;
  • di sebelah barat Prancis berbatasan dengan Teluk Biscaye.

A. Keadaan Alam

Bagian barat Prancis berupa dataran rendah dan berbatasan dengan Laut Atlantik. Bagian timur Prancis berupa dataran tinggi dengan puncaknya, antara lain Gunung Pelvaountx dengan ketinggian 4.120 m dari permukaan air laut. 

Bagian tengah Prancis terdiri atas bukit rendah, dataran sempit, dan lembah ngarai. Di daerah itu banyak terdapat jalur pegunungan, antara lain, Pegunungan Vosges, Pegunungan Alpen, Pegunungan Cevennes. dan Pegunungan Pirenea. 

Sungai di Prancis, antara lain, Sungai Rhein, Sungai Rhone, Sungai Seine, Sungai Loire, dan Sungai Garonne. Sungai Seine bermuara di Selat Kanal. Sungai tersebut memegang peranan penting bagi negara Prancis. 

Prancis beriklim lunak. Hampir semua daerah menerima curah hujan 500-1200 mm per tahun. Suhu tahunan di daerah dataran rendah rata-rata 9°C. Di Lille suhu udara mencapai 19,5°C. 

B. Budaya

Di tingkat dunia Prancis memiliki prestasi olahraga, terutama sepakbola, renang, dan atletik. Sejak zaman dahulu, Prancis terkenal dengan seni bangunan, seni lukis, seni pahat, dan seni musik. Di samping itu, Prancis memiliki sejumlah ilmuwan, penulis, pemikir, musikus, seniman, teknokrat, dan arsitek terkenal di dunia. 

C. Perekonomian

Prancis merupakan salah satu neszazaterkaya di dunia. Tingkat pendapatan perkapitanya mencapai $ 13.000 lebih kegiatan perekonomian Prancis, antara lain, seperti di bawah ini. 

1. Pertanian dan Petenakan
Hasil pertanian utama Prancis berupa gandum dan bit gula. Bretagne dan Normandia merupakan daerah perkebunan apel di Prancis. Daerah tersebut meng-hasilkan minuman sari buah apel dan per yang disebut sinder. Binatang ternak yang dipelihara di Prancis, antara lain, lembu dan. biri-biri. Daerah Roquefort menghasilkan kayu, mentega, dan susu. 

2. Pertambangan dan Industri
Hasil tambang negara Prancis adalah sebagai berikut:
  • bijih besi terdapat di Lorraine dan Saar;
  • bauksit terdapat di daerah selatan dekat Laut Tengah;
  • minyak dan gas alam terdapat di bagian barat daya;
  • garam tambang terdapat di Elzas;
  • batu bara terdapat di daerah Saar (daerah Prancis bagian utara).

Profil Negara Prancis: Keadaan Alam, Budaya, Perekonomian, Penduduk dan Bentuk Pemerintahan

Industri di Prancis maju pesat karena Prancis kaya sumber tenaga air sebagai pembangkit tenaga listrik yang didukung tenaga ahli dan modal yang cukup. Daerah industri di Prancis, antara lain, sebagai berikut: 

  • Di daerah sekitar endapan besi Lorraine terdapat industri besi dan baja. Industri logam terdapat di daerah Nanly dan Extair.
  • Di St. Afirnne He Crusof terdapat industri logam (mesin dan senjata). Di Honvges yang terletak di sebelah barat daya Anvengno terdapat pabrik' keramik.
  • Di kota Paris dan selcitarnya terdapat industri logam dan tekstil.
  • Di dekateLille dan Rijze. 1 terdapat industri gula, tekstil, dan baja.
  • Di daerah lembah Rhone dan Saone dekat Paris terdapat industri mobil, motor, dan sepeda.

D. Penduduk

Pada tahun 1993 jumlah penduduk negeri Prancis 57.378.000 jiwa. Kepadatan penduduknya adalah 104 orang tiap km2. Pertumbuhan penduduk Prancis rata-rata 0.4% setiap tahun. Sebagian besar penduduk Prancis bertempat tinggal di kota-kota besar, seperti Paris, Lyon, Marslille, Lille. Roubaix, Nantes, Nice, Toulon, Strasbourcr, Grenoble, dan St. Etiene. 

Bahasa nasional Prancis adalah bahasa Prancis. Sebagian besar penduduk Prancis menganut agama Katolik Roma, Calvinisi. Lutheran, dan Baptis. Jumlah penganut agama Islam, Yahudi, dan Gereja Ortodoks Rusia relatif sedikit. 

E. Pemerintahan

Prancis merupakan negara republik. Kepala negara Prancis adalah seorang presiden. Presiden dipilih rakyat untuk masa bakti tujuh tahun. Kepala pemerintahan Prancis dijabat oleh seorang perdana menteri. Parlemen Prancis terdiri atas Majelis Nasionat dan Senat. Anggota majelis dipilih oleh warga negara yang sudah berusia 21 tahun. Keanggotaan senat tidak melalui pemilihan. Masa bakti anggota senat adalah sembilan tahun.




Daftar Pustaka: PT. Selangkah Maju