Profil Negara Zaire: Keadaan Alam, Budaya, Perekonomian, Penduduk dan Bentuk Pemerintahan

Dahulu Zaire bernama Republik Kongo. Sejak tahun 1960 Kongo berubah namanya menjadi Zaire.
 
A. Keadaan Alam

Berdasarkan letak astronomisnya, Zaire terletak pada 4° LU 15° LS dan 14° BT-32° BT. Zaire merupakan negara di Benua Afrika yang mempunyai luas wilayah nomor tiga setelah Sudan dan Aljazair. Luas wilayah Zaire ±2.353.163 km2. 

Bagian barat wilayah Zaire merupakan pantai sempit yang diapit oleh dua negara, yaitu negara Angola dan Republik Kongo. Di sebelah selatan Zaire berbatasan dengan negara Angola dan Zambia. Di bagian timur Zaire terdapat tiga danau, yakni Danau Tangan ika. 

Danau Kivu, dan Danau Albert. Danau Albert terletak pada perbatasan dengan ne2ara Uganda. Di Zaire terdapat Pegunungan Ruwenzori dan Pegunungan Virunga. Di bagian utara Zaire terdapat dataran rendah (tanah ledok) yang tertutup hutan hujan tropis. 
  • Sungai
Sebagian besar wilayah Zaire berada di daerah aliran Sungai Kongo dengan anak sungainya, antara lain, Sungai Kasai, Sungai Lolami, Sungai Lulunga, Sungai Sangkuru, dan Sungai Tshuapa. Lembah-lembah sungai tersebut merupakan daerah yang subur sehingga baik untuk pertanian.

  • Iklim
Zaire beriklim tropis. Suhu rata-rata Zaire 25° C. Zaire memiliki dua musim, yakni musim penghujan dan musim kemarau. Curah hujan tertinggi Zaire terdapat di wilayah Zaire Utara dan semakin .ke selatan semakin berkurang.

B. Budaya

Zaire termasuk negara yang maju budayanya. Seni tradisional, seperti seni lukis, seni tari, seni musik, dan seni pahat berkembang dengan baik di Zaire. Bangsa Zaire terkenal dengan seni patungnya. 

C. Perekonomian

  • Pertanian
Zaire termasuk negara agraris. Iklim Zaire sangat cocok untuk budi daya berbagai jenis tanaman. Hasil pertanian tanaman pangan Zaire, antara lain, ketela, jagung, ubi, dan kacang-kacangan. Hasil tanaman perkebunan Zaire, misalnya kelapa sawit, karet, kapas, teh. coklat, dan tebu. Daerah perkebunan Zaire terdapat di Dataran Tinggi Kivu dan Shaba.
 
  • Kehutanan
Zaire memiliki banyak hutan. Di Zaire hutan banyak tumbuh di dekat muara Sungai Kongo. Hasil hutan Zaire berupa kayu jati, kayu hitam, dan kayu mahoni. Selain berfungsi sebagai hutan lindung, hutan di Zaire juga berfungsi sebagai hutan produksi.
 
  • Peternakan
Peternakan Zaire berpusat di daerah Kivu dan Shaba. Hewan yang diternak, antara lain: biri-biri, babi, lembu, dan kambing. Hasil peternakan Zaire digunakan untuk mencukupi kebutuhan dalam negeri.

D. Pertambangan

Wilayah Zaire yang paling kaya hasil tambang adalah Provinsi Shaba. Barang tambang terpenting Zaire adalah tembaga (merupakan komoditas ekspor utama). Hasil tambang lainnya adalah radium, uranium, mangan, seng, timah, perak, dan emas. Tambang minyak bumi terdapat di Pantai Moando. Tambang intan terdapat di daerah Kasai Selatan. Tambang bijih besi terdapat di Banalia. 

Profil Negara Zaire Keadaan Alam, Budaya, Perekonomian, Penduduk dan Bentuk Pemerintahan

 E. Industri 

Industri utama Zaire adalah industri pengolahan barang tambang. Pusat industri Zaire terdapat di Kinshasa, Kisangani, dan Matadi. Industri peleburan tem-baga terdapat di Lubumbashi dan Likasi. Industri yang lain meliputi industri kimia, perakitan radio/televisi, sepatu, dan industri bir. 

F. Penduduk

Penduduk Zaire terdiri atas berbagai suku bangsa. Setiap suku memiliki perbedaan dalam segi bahasa dan budaya. Pada tahun 1991 jumlah penduduk Zaire +37.832.000 jiwa dengan pertumbuhan penduduk rata-rata 2,8% per tahun. Penduduk Zaire terdiri atas:
  • suku Bantu yang merupakan kelompok paling besar; 
  • suku Luba, suku Mongo, suku Cngo, Rwanda, Nilot, dan suku bangsa Pygmy (suku bangsa kerdil), dan lain-lain.

Sebagian besar penduduk Zaire bermukim di daerah pedesaan. Mereka masih banyak yang buta huruf. Agama yang dianut penduduk Zaire adalah agama Katolik dan Protestan. Bahasa resmi Zaire adalah bahasa Prancis.

G. Bentuk Pemerintahan 

Negara Zaire berbentuk republik. Kepala negara dan kepala pemerintahan Zaire dijabat oleh presiden. Presiden juga menjabat sebagai panglima bersenjata. Tugas presiden, antara lain. mengangkat dan memberhentikan menteri dan mengadakan referendum terhadap undang-undang yang telah diterima parlemen. Jabatan kepala negara Zaire adalah lima tahun dan selebihnya dapat dipilih kembali. 




 Daftar Pustaka: PT. Selangkah Maju