Proses Reproduksi Vegetatif pada Tumbuhan Berbiji

Tumbuhan berbiji berkembang biak secara seksual (generatif) dan aseksual (vegetatif). Perkembangbiakan secara seksual dengan cara membentuk biji yang dihasilkan oleh organ reproduktif (bunga). Perkembangbiakan secara aseksual dilakukan oleh organ vegetatif.

Proses Reproduksi Vegetatif

Reproduksi vegetatif merupakan cara reproduksi tanpa melewati proses peleburan dua gamet (fertilisasi). Tumbuhan yang memperbanyak diri secara vegetatif akan menghasilkan keturunan yang memiliki sifat identik. Reproduksi vegetatif dapat terjadi secara alami atau buatan (artifisial):

Reproduksi vegetatif alami Reproduksi vegetatif alami merupakan cara perbanyaka'n yang dilakukan tumbuhan tanpa melibatkan bantuan manusia. Berikut ini beberapa bagian tumbuhan yang berperan dalam reproduksi vegetatif alami:
  • Rizom (rimpang; akar tinggal)
Rizom merupakan batang yang tumbuh menjalar secara hori-zontal di dalam tanah menyerupai akar. Jenis tumbuhan yang bereproduksi dengan rizoma antara lain bunga tasbih, kunyit, temulawak, garut, jahe, lengkuas, dan alang-alang.
  • Stolon (geragih)
Stolon merupakan batang yang menjalar di atas tanah. Jika batang tersebut tertimbun tanah, bagian buku-buku (ruas) stolon akan tumbuh menjadi individu bafu. Jenis tumbuhan yang bereproduksi dengan stolon antara lain arbei (stroberi) clan daun kaki kuda (Centela asiatica).
  • Umbi lapis (bulbus)
Umbi lapis merupakan batang berukuran pendek di dalam tanah yang dikelilingi oleh berlapis-lapis daun tebal. Tunas umbi lapis tumbuh ke arah samping dari bagian tubuh induk, biasanya dinamakan siung. Jika siung dipisahkan dari induknya, siung tersebut akan tumbuh menjadi tumbuhan baru. Contoh tumbuhan yang bereproduksi dengan umbi lapis adalah bawang merah (Allium cepa). 

Proses Reproduksi Vegetatif pada Tumbuhan Berbiji

  • Tunas
Tunas merupakan bagian batang yang memiliki bakal tunas yang dapat tumbuh menjadi tunas dan individu baru. Perkembangan tunas menjadi individu baru dipengaruhi oleh lingkungan (kelembapan, suhu, pH, dan cadangan makanan). Contoh tumbuhan yang bereproduksi dengan tunas adalah bambu dan kelapa.
  • Umbi batang
Umbi batang merupakan batang yang membengkak di dalam tanah dan mengadung cadangan makanan. Pada umbi batang terdapat mata (kuncup) sehingga pada saat ditanam dapat tumbuh membentuk tunas dan akar baru. Contoh tumbuhan yang bereproduksi dengan umbi batang adalah ubi jalar dan kentang.
  • Daun
Daun merupakan organ utama tumbuhan. Pada beberapa tumbuhan tertentu, daun berfungsi sebagai alat reproduksi. Pada daun demikian, terutama bagian pinggirnya terdapat jaringan meristem yang dapat tumbuh membentuk tunas clan alcar. Contoh tumbuhan yang bereproduksi dengan daun adalah cocor bebek.
  • Kormus
Kormus merupakan pangkal batang yang membesar dan memiliki beberapa kuncup. Contoh tumbuhan yang bereproduksi dengan kormus adalah bunga tasbih dan gladiol.

Daftar Pustaka: Yudhistira