Ragam Pengertian Aspek Geografi

Aspek Fisik

Dalam geografi ada empat aspek utama yang perlu dipelajari, yaitu aspek fisik, aspek sosial ekonomi, aspek teknik, dan aspek ekologi. Aspek Fisik Aspek fisik adalah seluruh kenampakan fisik yang ada di permukaan bumi. Yang termasuk aspek fisik adalah lapisan air (hidrosfer), lapisan permukaan kulit bumi (litosfer), dan lapisan udara (atmosfer).

Dalam mempelajari faktor-faktor fisik tersebut, ilmu geografi terbagi dalam beberapa bidang studi yaitu geomorfologi, ilmu tanah (pedologi), geografi wilayah (regional geography), ilmu iklim (klimatologi), dan ilmu cuaca (meteo-rologi). Uraian masing-masing ilmu tersebut telah dijelaskan pada pembahasan sebelumnya.
 

Aspek Sosial-Ekonomi

Aspek sosial-ekonomi adalah seluruh masalah sosial, budaya, dan ekonomi yang terjadi karena adanya aktivitas dan kreativitas manusia di permukaan bumi. Dalam mempelajari aspek sosial-ekonomi, ilmu geografi terbagi dalam beberapa bidang studi, antara lain, geografi ekonomi, geografi penduduk, geografi sosial, dan sebagainya.

Geografi ekonomi adalah ilmu yang mempelajari aktivitas ekonomi manusia dalam mengelola sumber daya alam dan persebarannya di permukaan bumi. Geografi penduduk adalah ilmu yang mempelajari struktur, proses, dan persebaran penduduk di suatu wilayah. Geografi sosial adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tata laku manusia dalam lingkungannya.
 

Aspek Teknik

Selain kedua aspek di atas, ilmu geografi juga mempelajari aspek teknik. Yang termasuk aspek teknik di bidang geografi adalah kartografi, penginderaan jauh, sistem informasi geografi, dan metode kuantitatif geografi.
Kartografi (pemetaan) adalah ilmu yang mempelajari teknik-teknik pe-metaan. Penginderaan jauh (Remote Sensing) adalah ilmu yang mempelari teknik dan penafsiran foto udara dan foto satelit. Sistem informasi geografis (SIG) adalah sistem berbasis komputer yang digunakan untuk menyimpan dan memanipulasi data. Kuantitatif geografi adalah ilmu yang mempelajari analisis data geografis berdasarkan teknik kuantitatif seperti analisis data geografis berdasarkan metode statistik.
 

Aspek Ekologi

Dalam geografi terpadu, aspek ekologi sangat diperlukan dalam rangka membahas masalah-masalah geografi yang terkait dengan lingkungan. Ekologi adalah ilmu yang mempelajari interaksi antara organisme hidup dengan lingkungannya.

Ragam Pengertian Aspek Geografi

Ciri-Ciri  ilmu Geografi

Untuk lebih mengetahui bidang studi geografi, berikut akan dikemukakan ciri-ciri ilmu geografi. 
  • Mempelajari bumi sebagai suatu sistem tata surya.
  • Mempelajari hubungan timbal balik antara gejala-gejala dan peristiwa-peristiwa di permukaan bumi, baik fisik maupun makhluk hidup di dalamnya.
  • Mempelajari dan menggunakan peta sebagai media pembelajaran. 
  • Mempelajari persamaan dan perbedaan karakteristik suatu wilayah.
  • Mempelajari fenomena-fenomena yang terjadi di permukaan bumi baik fisik maupun non fisik. 
  • Menentukan jarak dan lokasi suatu wilayah serta gejala-gejala dan peristiwa-peristiwa yang terjadi di permukaan bumi.
  • Ada saling interaksi dan saling ketergantungan antara fenomena satu dengan fenomena lainnya di permukaan bumi.
  • Analisis masalah dan penyelesaiannya didasarkan pada pendekatan keruangan, kelingkungan, dan kewilayahan.
  • Alat analisis yang digunakan adalah kuantitatif, kualitatif, penginderaan jauh, komputer, dan peta.
Daftar Pustaka : PT. Bumi Aksara