Sejarah Proses Terbentuknya Bumi

Proses Pembentukan Bumi - Tahukah kalian bahwa bumi adalah planet ketiga? Dibandingkan jagad rava yang amat luas, bumi ibarat setetes air di dalam samudera. Di bangku SMP kalian telah mempelajari tentang keragaman bentuk muka bumi dan proses pembentuknya. Masih ingatkah kalian dengan pelajaran itu? Pada bab ini kalian akan mempelajari tentang Proses Terjadinya Bumi, Sejarah Perkembangan Muka Bumi, Karakteristik Pelapisan Bumi, dan Kaitan Teori Tektonik Lempeng dengan Persebaran Gunung Api dan Gempa.
 

Proses Terjadinya Bumi 

Keingintahuan manusia terhadap alam dilakukan dengan cara pengamatan langsung terhadap elemen-elemen gejala alam yang bersangkutan, pemahaman atas hasil yang dilakukan sebelumnya, pengamatan di laboratorium secara berulang kali terhadap gejala yang sama untuk menghasilkan fakta-fakta baru. 

Berdasarkan analisis yang dilakukan itu maka disusunlah konsep-konsep sehingga menghasilkan suatu teori. Berdasarkan penelitian para ahli Astronomi, bumi adalah sebuah planet (benda langit yang tidak memiliki cahaya sendiri) dan berputar pada orbitnya, diterangi oleh sebuah bintang (benda langit yang memiliki cahaya sendiri) yang dalam hal ini adalah matahari. 

Salah satu gugusan bintang di langit dan mempunyai kelompok tersendiri adalah matahari yang membentuk suatu sistem (hubungan yang erat yang saling memengaruhi antara satu dengan lainnya). Matahari membentuk sistem tersendiri yang disebut sistem matahari (Solar System). 

Sejarah Proses Terbentuknya Bumi

Sistem matahari terbentuk dari sebuah bintang (matahari), delapan planet yaitu; Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Terdapat 42 satelit, di antaranya adalah Bulan, dan sekitar 50.000 Asteroid, bermiliar komet, serta meteor.

Tata surya kita bukanlah merupakan satu-satunya sistem matahari yang ada di jagad raya ini. Sangat memungkinkan tiap-tiap bintang memiliki sistem sendiri-sendiri sebagaimana sistem matahari kita karena matahari hanya salah satu dari jutaan bi di alam semes bintang ta ini. Untuk memahami bagaimana proses terjadinya bumi, diterangkan olehpara ahli dengan teori-teori terjadinya tata surya dan jagad raya berikut ini:

Teori Kabut (Nebula)

Daftar Pustaka : PT. Bumi Aksara