Susunan Jaringan pada Manusia dan Hewan

Seperti pada tumbuhan tingkat tinggi, manusia dan hewan tingkat tinggi (Vertebrata) tersusun dari berbagai macam jaringan, antara lain jaringan epitel, jaringan penyokong, jaringan otot, dan jaringan saraf. 

  • Jaringan Epitel
Jaringan epitel adalah jaringan yang menutupi dan membatasi permukaan di luar atau di dalam tubuh. Jaringan epitel berfungsi sebagai pelindung tubuh. Selain itu, fungsinya adalah mengangkut zat-zat masuk dan keluar jaringan atau rongga yang dipisahkannya. Contohnya adalah jaringan epitel pada saluran pencernaan yang berfungsi mengeluarkan enzim dan juga menyerap produk akhir pencernaan makanan. Berbagai macam jaringan epitel Vertebrata.

  • Jaringan Penyokong
Sesuai dengan namanya, jaringan penyokong berfungsi untuk memberi kekuatan, bantuan, dan perlindungan kepada bagian-bagian yang lemah pada tubuh. Contoh jaringan penyokong adalah jaringan ikat, jaringan darah, jaringan tulang rawan, jaringan tulang keras, dan jaringan lemak (adipose). 

Jaringan ikat berfungsi mengikat atau menghubungkan antara macam-macam jaringan lai.nnya. Contoh jaringan ikat adalah tendon dan ligamen. Tendon mengikat atau meng-hubungkan jaringan otot dan jaringan tulang. Adapun ligamen mengikat antara tulang yang satu dan tulang yang lain. 

Jaringan darah secara fungsional merupakan jaringan ikat dalam arti menghubungkan satu sama lain seluruh bagian-bagian dalam tubuh sehingga merupakan bagian yang saling berhubungan. Jaringan darah tersusun dari sel darah dan cairan darah (plasma darah). 

Jaringan tulang rawan ataupun tulang keras berfungsi untuk menguatkan tubuh dan melindungi bagian-bagian tubuh yang lemah. Jaringan tulang rawan bersifat lentur atau elastis. Contoh pada orang dewasa yang tersusun dari jaringan tulang rawan adalah daun telinga, cuping hidung, dan ujung tulang pipa.

Jaringan tulang keras bersifat keras karena mengandung matriks yang bersenyawa dengan kalsium karbonat dan fosfat, contohnya tulang badan. Jaringan lemak terdiri atas sel-sel yang penuh dengan minyak, contohnya di bawah kulit dan pada bantalan bola mata. 

Susunan Jaringan pada Manusia dan Hewan

  • Jaringan Otot
Jaringan oto merupakan jaringan yang menunjukan kerja mekanis dengan jalan berkontraksi.Fungsi jaringan otot adalah sebagai alat gerak aktif.Pada manusia ada tiga macam jaringan otot,yaitu otot rangka,otot polos dan otot jantung.

  • Jaringan Saraf
Jaringan saraf tersusun dari sel saraf (neuron). Setiap sel saraf terdiri atas badan sel yang berisi inti sel (fnikleus) dan serabut saraf (dendrit). Serabut saraf meng-hubungkan sel saraf yang satu dengan sel saraf lainnya. Jaringan saraf berfungsi untuk menerima dan menyalurkan rangsang. 

Sel saraf (neuron) adalah sel pembentuk dan penghantar informasi dari satu bagian organ ke organ lain melalui impuls saraf. Impuls saraf adalah sebuah perubahan kimia fisik di dalam dan di luar selaput sel (membran plasma).



Daftar Pustaka: Yudhistira