10 Definisi Pengertian Akulturasi Menurut Para Ahli

TugasSekolah.com - 10 Definisi Pengertian Akulturasi dan Contohnya. Berbicara mengenai akulturasi tentunya tak dapat lepas dari masalah kebudayaan dan proses pembentukannya. Tentu tanpa kita sadari kebudayaan saat ini adalah merupakan hasil dari akulturasi dari beragam kebudayaan yang pada intinya proses akulturasi merupakan proses penggabungan antara banyak budaya yang tanpa menghilangkan budaya aslinya dan tentunya dengan syarat dan ketentuan lebih lanjut.

Ada banyak faktor penyebab proses akulturasi budaya yang biasanya lebih disebabkan karena kontak antar budaya maupun masyarakat itu sendiri seperti halnya berdagang dimana saat berdagang para pedagang muslim mengenalkan budaya mereka di tanah air, atau dengan cara pernikahan dan bahkan dengan pengenalan budaya secara langsung melalui pagelaran/pertunjukan.

Akulturasi juga dapat dikatakan sebagai sebuah proses dimana seluruh perbedaan dapat dipersatukan dengan tanpa menghilangkan identitas masing-masing dan dapat berjalan dengan beriringan. Mengenai pengertian akulturasi banyak para pakar juga turut mengemukakan pendapatnya sekaligus contoh dari proses tersebut.

Nah berikut ini kami hadirkan serangkaian pendapat menurut para ahli mengenai definisi pengertian akulturasi yang mungkin dapat dijadikan sebagai salah satu referensi maupun bahan yang bermanfaat.

10 Pengertian Akulturasi Menurut Para Ahli

Pengertian Akulturasi Menurut Suyono

Pendapat mengenai pengertian Akulturasi datang dari pengamat Suyuno yang dikutip dalam buku Rumondor (1995:208) yang menyebutkan bahwa Akulturasi merupakan suatu proses transfer penerima dari beragam unsur budaya yang saling bertemu dan berhubungan serta menumbuhkan proses interaksi budaya yang tanpa meninggalkan budaya aslinya.

Pengertian Akulturasi Menurut Nardy

Berbeda dengan Suyono, Nardy lebih mengartikan Akulturasi sebagai bagian dari proses sosial yang muncul dari sekelompok masyarakat dengan kebudayaannya dan bertemu dengan kelompok masyarakat lain tentunya dengan kebudayaan mereka  (asing) dan berbaur yang menciptakan interaksi sosial sehingga lambat laun diterima oleh dan disatukan menjadi kebudayaan bersama tanpa menghilangkan identitas budaya itu sendiri.

Pengertian Akulturasi Menurut Hasyim

Akulturasi menurut Hasyim juga merujuk ke perpaduan dua budaya dalam kehidupan yang berjalan seiringan sertai damai dan tetap melestarikan unsur budaya aslinya. Hasyim menambahkan jika proses akulturasi ini berlangsung saat sekelompok masyarakat yang tengah melakukan transmigrasi mengadakan interaksi dengan penduduk asli yang kemudian secara bertahap meleburkan dua budaya dan tetap menjaga budaya aslinya.

Pengertian Akulturasi Menurut Harsoyo

Mengutip pendapat dari Harsoyo mengenai definisi pengertian Akulturasi yang merupakan suatu fenomena bersumber dari sebuah hasil kontak secara langsung dan continue antara sekelompok masyarakat yang memiliki budaya masing-masing dan menimbulkan perubahan dalam kebudayaan dari masing-masing dengan tetap menjaga keaslian unsurnya.

Pengertian Akulturasi Menurut Koentjaraningrat

Menuruut Konetjaraningrat, Akulturasi lebih ke sebuah proses terjadinya perubahan budaya dari hasil kontak antar kelompok masyarakat dengan kebudayaan tertentu dan asing dengan tahapan secara bertahap dan terus menerus tanpa menghilangkan unsur budaya sendiri atau kepribadian dari kebudayaan tersebut.

Pengertian Akulturasi Menurut Lauer

Pendapat Lauer mengenai Akulturasi lebih ke pembentukan pola baru dari hasil penyatuan dua budaya yang disebabkan kesamaan dominan budaya tersebut dan interaksi baik dari masyarakat itu sendiri yang kemudian mengarah ke masing-masing budaya dengan tetap mempertahankan keaslian nilainya.

Pengertian Akulturasi Menurut Sumandiyo Hadi (2006:35)

Hal tersebut juga serupa seperti pendapat yang dikemukakan oleh Sumandiyo Hadi dalam buku terbitannya dihalam 35 mengenai pengertian Akulturasi dan Inkulturasi yang merupakan dua hal dengan saling memiliki kaitan yang erat.

Sumandiyo menambahkan jika Akulturasi merupakan bagian bentuk perubahan dari kebudayaan yang dapat dilihat ataupun ditandai dengan adanya kontak dan interaksi antar budaya baik menerima maupun memberi yang sebelumnya dilakukan oleh kelompok masyarakat yang membawa masing-masing kebudayaan tersebut.
10 Definisi Pengertian Akulturasi Menurut Para Ahli

 Pengertian Akulturasi Menurut Bee dalam Hadi (2006; 35)

Menurut pandangan Bee yang dikutip dari buku Hadi, tokoh tersebut mengatakan jika akulturasi merupakan sebuah perubahan budaya dari dua sistem budaya yang saling berinteraksi. Bee juga menambahkan bahwasanya Akulturasi terjadi dengan ciri proses perubahan yang diiringi dengan difusi, inovasi maupun invensi yang mencerminkan sebuah konsep dengan lebih menunjukkan sisi kondisi kehidupan sosial budaya dari kelompok masyarakat tersebut.

Pengertian Akulturasi Menurut Kroeber


Kroeber juga menuturkan pengertian akulturasi yang merupakan bagian dari perubahan kebudayaan akibat penyatuan dua kebudayaan yang memiliki tingkat persamaan tinggi antar budaya yang satu dengan budaya yang lain tanpa menghilangkan budaya atau unsur aslinya.

Pengertian Akulturasi Menurut Murdock

Terakhir definisi akulturasi menurut Murdock yang lebih ke sebuah modifikasi secara daptif dari beragam elemen maupun unsur dari budaya yang diakibatkan dari sebuah proses interaksi antar kelompok yang membawa kebudayaan dengan tingkat persamaan unsur yang besar.

Baca Juga: Definisi Pengertian Kebudayaan