10 Definisi Pengertian Asimilasi Menurut Para Ahli

TugasSekolah.com - 10 Definisi Pengertian Asimilasi Menurut Para Ahli. Asimilasi memang masih ada kaitannya dengan Akulturasi yang turut menggabungkan dua kebudayaan dari interaksi sosial namun yang menjadi perbedaan dari keduanya adalah jika Akulturasi penggabungan dua budaya dengan tanpa meninggalkan unsur keasliannya namun jika Asimilasi yakni percampuran dua budaya yang diikuti dengan hilangnya budaya itu sendiri sehingga menghasilkan kebudayaan baru.

Jika merujuk dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, Pengertian Asimiliasi terdapat dua arti yang masing-masing berdasarkan linguistik dan sosial. Dari sisi tata bahasa atau linguistik lebih diartikan sebagai bagian dari fenomena atau kejadian antar dua fonem yang memiliki tingkat perbedaan yang tinggi dengan letak lokasi yang saling berdekatan.

Namun jika ditinjau dari aspek sosial, Asimilasi memiliki arti percampuran antar dua budaya dari kelompok masyarakat tertentu dalam satu kawasan yang kemudian tercipa sebuah budaya baru dengan serangkai proses yang berkelanjutan.

Proses Asimilasi sosial budaya dalam masyarakat juga memiliki beberapa syarat yang harus terpenuhi seperti halnya adanya kelompok yang memiliki kebudayaan yang berbeda antara kelompok satu dan yang lainnya. Selanjutnya terjadinya interaksi antarindividu dalam tenggang waktu yang cukup lama dan terus menerus serta berubahnya kebudayaan antara kelompok seiring dengan adanya interaksi sosial.

Nah untuk mengenal lebih lanjut mengenai asimilasi, berikut kami hadirkan sejumlah pendapat para ahli yang dapat dijadikan sebagai salah satu referensi pendukung.

10 Pengertian Asimilasi Menurut Para Ahli

Pengertian Asimilasi Menurut Vander Zanden

Vander Zanden mengawali pengertian Asimilasi yang merupakan bagian dari sebuah proses antar kelompok dalam melakukan interaksi sosial dari mulai berfikir, saling menghargai, bertindak yang memungkinkan mereka untuk berbaur dengan memiliki satu identitas baru sebagai kesatuan sosial.

Pengertian Asimilasi Menurut Koentjaraningrat (1996:160)

Koentjaraningrat kembali mengemukakan pendapatnya mengenai pengertian Asimilasi yang juga menyebut sebagai bagian dari proses sosial antar kelompok masyarakat dengan kebudayaan berbeda yang kemudian berkembang melakukan interaksi sosial antar kelompok tersebut secara intensif dan berkelanjutan yang turut membawa unsur dan nilai budaya masing-masing sehingga bercampurlah dan menjadi identitas baru atau budaya baru.

Pengertian Asimilasi Menurut Alvin L Bertrand

Alvin L Bertrand menuturkan bahwasanya Asimilasi merupakan proses tingkatakn sosial lanjut yang muncul dikarenakan adanya kelompok ataupun golongan masyarakat yang memiliki perbedaan antar budaya saling berinteraksi secara langsung dalam jangka waktu yang cukup lama yang kemudian menghasilkan perubahan kebudayaan baik dari unsur maupun secara keseluruhannya dan menjadi sebuah budaya yang baru.

Pengertian Asimilasi Menurut James Danandjaja

Berbeda dengan pendapat yang dikemukakan oleh James Danandjaja, menurutnya Asimilasi merupakan sebuah proses penyesuaian antar kelompok masyarakat yang memiliki kebudayaan berbeda dengan identitas dan ciri khas tersendiri yang lambat laun mengalami kemunduran budaya dari salah satu golongan dang menghadirkan budaya baru.

Pengertian Asimilasi Menurut Milton M. Gordon

Milton M. Gordon turut mengungkapkan pengertian Asimilasi dalam sebuah buku karangan Human Nature, Class, and Ethnicity (1978) yang menyatakan bahwasanya asimilasi dapat menjadi bagian dari akulturasi budaya. Gordon menambahkan jika tak akan ada asimilasi tanpa ada akulturasi terlebih dahulu yang merupakan sebuah tahapan dari perubahan pola budaya dari kelompok tertentu.
10 Definisi Pengertian Asimilasi Menurut Para Ahli

Pengertian Asimilasi Menurut Seymour Smith

Pendapat berbeda dikemukakan oleh Seymour Smith yang menyebutkan bahwasanya Asimilasi merupakan salah satu hasil dari Akulturasi dengan tahapan dan proses yang cukup lama dan disertai dengan pola budaya tertentu.

Pengertian Asimilasi Menurut Ogburn dan Nimkoff

Merujuk dari para ahli tersebut, asimilasi merupakan proses masuknya pengaruh budaya ke budaya lain serta hasil dari peleburan maupun interaksi antar individu maupun kelompok yang memiliki sejarah, baik dari memorial, maupun sikap yang kemudian dipersatukan dalam interaksi bertahap membentuk budaya baru.

Pengertian Asimilasi Menurut Garbarino

Garbarino menuturkan mengenai Asimilasi yang diartikan sebagai hasil serapan dari suatu kelompok seputar cara hidup maupun kebudayaan baru dari budayanya yang lama kemudian telah terbentuk dari hasil serapan tersebut.

Pengertian Asimilasi Menurut Dejun Su, Chad Ricahrdson dan Guang Zen Wang

Asimilasi budaya menurut tokoh diatas merupakan salah satu proses terjadinya perubahan budaya secara kompleks dan waktu yang cukup lama serta bersifat keanekaragaman dengan melibatkan kelompok masyarakat seperti imigran ataupun pendatang yang kemudian terjadi interaksi sosial dengan masyarakat asli dan mempelajari budaya dan kemudian menghasilkan budaya baru.

Pengertian Asimilasi Menurut Kesimpulan Penulis

Asimlasi merupakan sebuah proses perubahan budaya oleh sekelompok masyarakat dalam jangka waktu yang lama akibat pola interaksi maupun adaptasi lingkungan baru sehingga menciptakan budaya yang baru pula.