10 Definisi Pengertian Kurikulum Menurut Ahli

TugasSekolah.com - 10 Definisi Pengertian Kurikulum Menurut Ahli. Tentunya bagi anda yang berprofesi sebagai guru sudah tak asing lagi dengan kata "Kurikulum" diatas. Jika diartikan secara langsung tentunya kurikulum merupakan suatu rancangan kegiatan yang akan dilaksanakan baik dalam jangka waktu pendek, menengah maupun jangka panjang.

Kurikulum memiliki peranan yang amat penting bagi tercapainya tujuan baik visi misi terlebih lagi dalam bidang pendidikan yang tentunya digunakan sebagai tolok ukur maupun bahan evaluasi kinerja. Bentuk dari kurikulum lebih cenderung sebuah pemetaan ataupun tulisan yang tersusun dan terjadwal beserta kegiatan yang akan dilakukan.

Secara umum, Kurikulum sebenarnya berasal dari bahasa inggris dan latin dengan kata (curriculum) yang memiliki arti sebuah rencana pelajaran. Sedang jika dilihat dari tata bahasanya yakni bahasa latin yang memiliki banyak makna dimana currere berati banyak, cepat, menjalani dan terus berusaha untuk. Jadi dalam bahasa arab ini pengertian kurikulum dapat disimbulkan jika kurikulum merupakan sebuah rencana yang banyak guna dijalani dalam waktu yang cepat.

Tak cukup sampai disitu, Kurikulum rupanya juga ada didalam kamus bahasa arab yang memiliki kata asli "Manhaj" dengan makna suatu jalan ataupun cara yang dapat dilalui seseorang melalui perencanaan maupun media yang dijadikan sebagai panduan ataupun acuan.

Ada banyak sekali pendapat mengenai definisi kurikulum baik dari ahli tata bahasa, kamus, dan juga dari para ahli. Dan berikut ini kami hadirkan secara keseluruhan dari banyak pendapat ahli:

10 Pengertian Kurikulum Menurut Ahli

1. Daniel Tanner dan Laurel Tanner
Dua tokoh terkemuka yakni Daniel Tanner dan Laurel Tanner menjadi yang pertama dalam mengemukakan pendapat mengenai pengertian kurikulum yang merupakan sebuah pengalaman dari hasil pembelajaran yang tentunya sesuai dan terarah dengan rencana yang telah dibuat dan disusun secara sistematis dan terstruktur serta melalui beragam proses yang digabungkan dari pengetahuan dan pengalaman melalui lembaga pengawas pendidikan.
2. Inlow (1966)
Berbeda seperti kedua tokoh sekaligus saudara kembar diatas, Inlow juga turut menyumbangkan pendapat mengenai pengertian kurikulum yang lebih mengarah ke aktivitas pencangan khusus yang dilakukan oleh pihak sekolah dalam usaha membimbing para morid agar dapat menghasilkan dan memperoleh proses dan hasil pembelajaran yang maksimal.

3. Hilda Taba (1962)
Hilda Taba juga turut mengeluarkan pendapatnya mengenai kurikulum yang menurutnya merupakan a plan of learning yang mana rencana tersebut dibuat sebagai bagian dari usaha untuk memudahkan baik peserta didik maupun para guru disekolah.
4. Kerr, J.F (1968)
Sedangkan menurut Kerr, J.F sebuah kurikulum dapat diartikan sebagai rancangan dan pelaksanaan dari sebuah pembelajaran yang memiliki sifat individu dan kelompok yang diterapkan didalam sekolah maupun diluar sekolah.
5. George A. Beaucham (1976)
George A. Beacham turut mengemukakan pendapatnya mengenai kurikulum yang merupakan sekumpulan dokumen tertulis yang tentunya tertuang mata pelajaran sebagai bagian dari plan (rencana) yang siap dilaksanakan dan diimplementasikan kepada peserta didik berdasarkan mata pelajaran, perkembangan kehidupan sehari-hari.
6. Neagley dan Evans (1967)
Menurut Neagley dan Evans, Kurikulum merupakan kumpulan pengalaman yang sebelumnya telah dirancang oleh yang bersangkutan (sekolah dan guru) guna mewujudkan kemampuan para siswa baik dalam hal hasil belajar maupun peningkatan moral.
10 Definisi Pengertian Kurikulum Menurut Ahli

7. UU. No. 20 Tahun 2003
Berdasarkan Undang-undang yang tertuang di No. 2 Tahun 2003 yang mengartikan kurikulum sebagai bagian dari perangkat rencana serta pokok mengenai tujuan, isi, dan bahan pengajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan nasional.
8. Good V. Carter (1973)
Good V. Carter juga menuturkan mengenai kurikulum yang menurutnya merupakan bagian dari pengajaran atau penerapan ilmu yang menggunakan perencanaan secara sistematik dengan diperkuat sertifikasi sebagai bekal para pengajar.
9. Grayson (1978)
Pengertian kurikulum adalah suatu perencanaan untuk mendapatkan pengeluaran (out-comes) yang diharapkan dari suatu pembelajaran.
10. Murray Print
Pengertian kurikulum adalah sebuah ruang pembelajaran yang terencana diberikan secara langsung kepada siswa oleh sebuah lembaga pendidikan dan pengalaman yang dapat dinikmati semua siswa pada saat kurikulum diterapkan.