10 Definisi Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli

TugasSekolah.com - 10 Definisi Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli. Mungkin dibenak anda kata "pemasaran" sama adalah sales dan hal tersebut tidaklah salah karena arti dari pemasaran sendiri memang merupakan suatu kegiatan utama dari profesi di dunia usaha yang bertujuan untuk mendapatkan laba melalui penjualan baik barang maupun jasa.

Sejatinya pemasaran merupakan asal kata dari "pasar" yang memiliki pengertian tempat dimana masyarakat terlibat didalamnya untuk melakukan jual beli baik barang maupun jasa dengan meliputi beragam proses dan sistem yang ada.

Secara umum pemasaran dapat memiliki arti sebagai salah satu upaya untuk mengenalkan barang ataupun jasa melalui promosi agar para konsumen tertarik dan melakukan aksi (membeli/menggunakan) demi tercipta penawaran yang kemudian dapat memenuhi kebutuhan masing-masing.

Nah untuk mendalami lebih lanjut mengenai makna dari pemasaran, berikut kami hadirkan beragam pendapat dari para ahli mengenai pengertian pemasaran yang dapat anda jadikan sebagai salah satu referensi.

10 Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli

Pengertian Pemasaran Menurut Kotler (2000 : 4)

Mengawali pengertian pemasaran menurut Kotler merupakan salah satu bentuk dari proses sosial dan bagian dari memanagemen diri ataupun kelompok untuk mendapatkan kebutuhannya dengan menciptakan sebuah peluang, pertukaran, maupun penawaran terhadap sekelompok orang yang juga turut memiliki kebutuhan dan keinginan dari permintaan tersebut.

Pengertian Pemasaran Menurut William J. Stanton

Dalam buku yang berjudul Basu Swasta salah satu tokok ternama yakni William J. Stanton juga turut mengungkapkan pendapatnya mengenai pengertian pemasaran yang merupakan bagian dari sistem dalam kegiatan pemasaran baik itu barang maupun jasa yang didalamnya terdapat perencanaan baik dari sisi penetuan harga, strategi promosi maupun pendistribusian barang dan jasa yang bertujuan untuk membuat para konsumen puas akan pelayanan.

Pengertian Pemasaran Menurut Philip Kotler (2001)

Masih dari pendapat Kotler yang mengatakan pemasaran merupakan salah satu bentuk aktivitas kegiatan manusia yang memiliki landasan untuk mendapatkan kebutuhan dan keinginan melalui serangkaian proses baik pertukaran, penawaran dan masih banyak lagi hal lainnya.

Pengertian Pemasaran Menurut Firdaus

Menilik pendapatan mengenai pemasaran dari Firdaus yang merupakan kegiatan yang dilakukan oleh banyak orang seperti halnya pengusaha guna mempertahankan kelangsung hidup serta memenuhi kebutuhan dan juga mendapatkan laba (keuntungan).

Pengertian Pemasaran Menurut Koller dan Amstrong

Kedua tokoh diatas berpendapat mengenai pemasaran yang merupakan salah sati strategi dan proses managerial baik itu pribadi maupun kelompok guna saling melengkapi kebutuhan untuk bertahan hidup dan berkembang melalui pertukaran produk yang memiliki nilai jual tersendiri bagi para konsumen.

Pengertian Pemasaran Menurut Lamb, Hair dan Mc. Daniel

Marketing is the process of planning and executing the conception, pricing promotional and distribution of ideas, goods and service to create exchanges that satisty individual and organizational objectives.
10 Definisi Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli

Pengertian Pemasaran Menurut Basu dan Hani (2004:4)

Adapun menurut pendapat lain, dua tokoh diatas ini juga mengemukakan pendapatnya mengenai pengertian pemasaran yang meliputi dari proses kegiatan perencanaan dalam pengelolaan barang dan jasa, penetapan banderol harga dari barang dan jasa tersebut hingga proses promosi maupun pendistribusiannya yang keseluruhannya memiliki tujuan untuk memenuhi kebutuhan maupun memperoleh keuntungan dari proses pemasaran tersebut.

Pengertian Pemasaran Menurut Swasta (1996)

Dalam sebuah buku terbitan Swasta juga dirujuk definisi pemasaran yang juga mengarah ke sebuah aktivitas pemenuhan kebutuhan (pemuas kebutuhan) baik dari penjual dan pembeli yang keduanya melakukan serankaian proses baik tawar menawar maupun tukar menukar dengan maksud mengadakan hubungan untuk mendapatkan keuntungan demi memenuhi kebutuhan.

Pengertian Pemasaran Menurut Assauri (1999)

Merujuk pada pengertian manajemen pemasaran yang bisa dikatakan mememiliki proses yang lebih komplek karena tentunya terdapat perencanaan dan evaluasi, sebuah pemasaran juga dapat dikatakan demikian karena juga mencangkun hal perencanaan, pelaksanaan, serta distribusi baik dalam hal pertukaran maupun hubungan yang cenderung kearah keuntungan demi dapat memenuhi kebutuhan.

Pengertian Pemasaran Menurut Wikipedia

Menurut salah satu perpustakan online yakni Wikipedia, pemasaran merupakan salah satu bentuk dari suatu proses membangun hubungan komunikasi antar kelompok yang memiliki tujuan untuk melakukan pertukaran maupun jual beli baik barang maupun jasa dalam rangkan memenuhi kebutuhan.

Baca Juga: Pengertian Manajemen Pemasaran