10 Definisi Pengertian Pembelajaran Menurut Para Ahli

TugasSekolah.com - 10 Definisi Pengertian Pembelajaran Menurut Para Ahli. Berbicara mengenai belajar dan pembelajaran sudah tentu tak akan lepas dari dunia pendidikan. Secara langsung banyak yang mengatakan jika arti sempit dari pembelajaran tersebut merupakan sebuah transfer of kwoledge ataupun sebuah proses interaksi baik dari si pendidik maupun peserta didik.

Pembelajaran juga dapat diartikan sebagai sebuah bagian dari proses pengamatan terhadap suatu kondisi sehingga dapat diambil sebuah kesimpulan yang berguna baik untuk saat ini maupun kedepannya yang tak jarang mampu menghasilkan sebuah penghargaan.

Pembelajaran memang tak harus selalu terikat didalam kelas seperti saat guru menerangkan materi dan siswa menyimak, bahkan kejadian yang telah terjadi baik jangka waktu lama maupun baru saja terjadi dapat dijadikan sebagai salah satu pembelajaran.

Nah untuk lebih mendalami lagi mengenai pengertian pembelajaran, berikut kami hadirkan beragam pendapat mengenai pembelajaran dari para pakar dan ahli yang akan kami rangkum secara lengkap dibawah ini dan dapat dijadikan sebagai salah satu referensi untuk para pembaca.

10 Pengertian Pembelajaran Menurut Para Ahli

Pengertian Pembelajaran Menurut Trianto

Mengawali pendapat pertama dari Tiranto yang menyebutkan Pembelajaran merupakan salah satu aspek dari beragam kegiatan manusia yang memiliki tingkat kompleksitas yang tinggi. Pembelajaran juga mampu mewujudkan sebuah produk interaksi yang bersifat berkelanjutan antara pengalaman hidup dengan perkembangan kepribadian maupun intelektual. Trianto juga menambahkan jika Pembelajaran merupakan bentuk usaha kesadaran dari seorang pendidik untuk memberikan, mengarahkan, serta menumbuhkan semangat untuk mencapai tujuan yang diharapkan melalui interaksi.

Pengertian Pembelajaran Menurut Corey

Selanjutnya Corey juga turut mengemukakan pendapatnya mengenai pengertian dari Pembelajaran yang merupakan suatu proses pengelolaan sebuah lingkungan yang mencangkup kondisi dan tingkah laku yang mampu menghasilkan respon ataupun interaksi.

Pengertian Pembalajaran Menurut Warsita

Hal berbeda coba diungkapkan oleh Warsita yang lebih mengartikan Pembelajaran sebagai bentuk usaha untuk membelajarkan sesuati terhadap berseta didik untuk lebih memahami akan sesuati tersebut.

Pengertian Pembalajaran Menurut Munif Chatib

Pandangan Munif Chatib mengenai pembelajaran lebih mengarah ke suatu proses transfer ilmu antara si pendidik (guru) terhadap peserta didik (siswa) sebagai salah satu bahan informasi yang merupakan komunikasi dua arah.

Pengertian Pembelajaran Menurut Sudjana

Menurut pandangan Sudjana, Pembelajaran merupakan salah satu upaya untuk menciptakan kegiatan yang disengaja agar terjadi interaksi yang mendidik antar dua pihak dalam hal ini pendidik dan peserta didik dengan sistematis.

Pengertian Pembelajaran Menurut Oemar Hamalik

Hal berbeda juga turut diungkapkan Oemar Hamalik melalui pendapatnya mengenai Pembelajaran yang diartikan sebagai kombinasi dari beragam unsur yang telah ada dimasyarakat seperti halnya fasilitas, perlengkapan dan juga sifat manusiawi yang bertujuan untuk memberikan sebuah hikmah (pembelajaran) agar saling berpengaruh.

Oemar Hamalik juga menambahkan jika pembelajaran juga dapat berupa upaya pengorganisasian lingkungan dengan tujuan menciptakan sebuah situasi dan kondisi yang berpendidik bagi para siswa (peserta didik). Upaya tersebut dalam rangka mempersiapkan dan membina para siswa yang nantinya akan menjadi calon masyarakat baru dengan harapan lebih baik.
10 Definisi Pengertian Pembelajaran Menurut Para Ahli

Pengertian Pembelajaran Menurut Dimyati dan Mudjiono

Menurut kedua tokoh diatas, pembelajaran diartikan sebagai salah satu bentuk kegiatan para pendidik (guru) yang telah teprogram secara jelas baik sistemnya maupun intruksinya dengan bertujuan untuk membuat para peserta didik (siswa) untuk lebih aktif dalam belajar dengan bersandar pada sumber  belajar.

Pengertian Pembelajaran Menurut Woolfolk

Berbeda seperti pendapat Dimyati dan Mudjiono, Woolfolk berpendapat jika pembelajaran akan terjadi jika sebuah pengalaman yang telah disuguhkan mampu merubah dan menghasilkan perubahan kekal baik dari perilaku maupun pengetahuan (pola pikir).

Pengertian Pembelajaran Menurut Rahil Mahyuddin

Pembelajaran adalah perubahan tingkah laku yang melibatkan ketrampilan kognitif yaitu penguasaan ilmu dan perkembangan kemahiran intelek.

Pengertian Pembelajaran Menurut Achjar Chalil

Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar