10 Definisi Pengertian Prestasi Belajar Menurut Para Ahli

TugasSekolah - 10 Definisi Pengertian Prestasi Belajar Menurut Para Ahli. Prestasi seringkali diartikan sebagai sebuah hasil yang maksimal dari serangkaian proses yang telah dilalui melalui pembelajaran yang secara keseluruhan memiliki aspek berupa kognitif, afektif dan juga psikomotorik.

Tak pelak jika prestasi belajar seringkali dijadikan sebagai salah satu tolok ukur akan keberhasilan sebuah pembelajaran dalam dunia pendidikan. Kebanyakan sebuah prestasi belajar diberikan dalam bentuk reward seperti halnya angka yang menjadi perwakilan tingkat keberhasilan siswa dalam pembelajaran ataupun berupa benda yang membuat si perserta didik yang memiliki prestasi belajar senang dan semakin termotivasi.

Munculnya sebuah prestasi belajar tentu tak serta merta, namun ada banyak faktor yang mendukung seorang siswa mampu memiliki sebuah prestasi. Terkadang dorongan yang kuat dari dalam diri siswa tersebut untuk mendapatkan sebuah penghargaan ataupun keinginan untuk lebih baik menjadi faktor utama, ada pula dorongan dari pihak ketiga seperti orang tua, lingkungan maupun fasilitas yang memadai untuk belajar menjadi hal yang mampu menciptakan sebuah prestasi belajar.

Nah untuk mengenal lebih jauh mengenai prestasi belajar, berikut kami hadirkan pendapat para pakar dan tokoh yang dapat dijadikan sebagai salah satu referensi ataupun rujukan mengenai pengertian dari prestasi belajar.

10 Pengertian Prestasi Belajar

Pengertian Prestasi Belajar Menurut Sutratinah Tirtonegoro (1984 : 4)

Mengawali pendapat para ahli, Sutratinah T. mengartikan Prestasi belajar sebagai salah satu bentuk penilaian terhadap hasil dari kegiatan transfer ilmu (belajar) yang dilakukan di sekolah dan diwakilkan dalam bentuk angka sebagai salah satu bentuk penilaian standar akan pencapaian suatu perserta didik dalam rentan waktu yang telah ditentukan sebelumnya.

Pengertian Prestasi Belajar Menurut Siti Partini (1980 : 49)

Pendapat lain coba diutarakan oleh Siti Partini yang menyebutkan prestasi belajar merupakan tanda asil dari pencapaian seseorang dalam proses pembelajaran yang telah dilakukan.

Pengertian Prestasi Belajar Menurut Sunarya (1983 : 4)

Sunarya juga turut mengungkapkan pendapat berbedanya mengenai arti dari prestasi belajar yang lebih mengarah ke perubahan sikap maupun tingkah laku seseorang yang tentunya meliputi tiga ranah seperti kognitif, afektif dan psikomotorik yang dapat diwakili sebagai tolak ukur keberhasilan.

Pengertian Prestasi Belajar Menurut Haditomo dkk (1980 : 4)

Hal senada juga turut dituturkan oleh Haditomo yang berpendapat mengenai prestasi belajar yang merupakan bentuk dari kemampuan seseorang dalam melewati beragam proses pembelajaran dengan hasil yang maksimal serta tingkat kemampuan yang tinggi sehingga hasil yang dicapai memiliki kelebihan tersendiri baik dari sisi waktu, ketepatan, maupun unsur lainnya.

Pengertian Prestasi Belajar Menurut Dewa Ketut Sukardi (1983 : 51)

Berbeda dengan Haditomo, Dewa Ketut Sukardi lebih menyatakan prestasi belajar merupakan bagian dari alat ukur kemampuan para siswa untuk menghitung maupun menyimpulkan tingkat keberhasilan dari suati proses pembelajaran dari seluruh mata pelajaran yang ada.

Pengertian Prestasi Belajar Menurut Sumadi Suryabrata (1987 : 324)

Pendapat Sumadi Suryabrat yang berkaitan dengan prestasi belajar lebih mengarah ke sebuah symbol berbentuk angka yang menyatakan bentuk keberhasilan dan tolok ukur kemampuan dari para peserta didik dalam proses pembelajaran yang telah dilalui. Angka tersebut biasanya disebut dengan Nilai yang kemudian tersemat pada Rapor sebagai bahan evaluasi, jika nilai tinggi maka sudah dipastikan jika perserta didik tersebut memiliki prestasi belajar yang baik, sedangkan jika rendah maka sebaliknya.
10 Definisi Pengertian Prestasi Belajar Menurut Para Ahli

Pengertian Prestasi Belajar Menurut Asmara (2009"11)

Hal senada juga disampaikan oleh Asmara yang menuturkan Prestasi belajar merupakan suatu bentuk pencapaian atas usaha seseorang dalam penguasaan materi, keterampilan, maupun pengetahuan yang ditunjukkan ataupun diwakilkan dalam bentuk nilai.

Pengertian Prestasi Belajar Menurut Hetika ( 2008: 23 )

Prestasi belajar adalah pencapaian atau kecakapan yang dinampakkan dalam keahlian atau kumpulan pengetahuan.

Pengertian Prestasi Belajar Menurut Harjati ( 2008: 43 )

Menyatakan bahwa prestasi merupakan hasil usaha yang dilakukan dam menghasilkan perubahan yang dinyatakan dalam bentuk simbol untuk menunjukkan kemampuan pencapaian dalam hasil kerja dalam waktu tertentu.

Baca Juga: Pengertian Pembelajaran Menurut Para Ahli