10 Definisi Pengertian Seni Menurut Para Ahli

TugasSekolah.com - 10 Definisi Pengertian Seni Menurut Para Ahli. Mungkin bagi sebagian orang masih bertanya-tanya apa sih seni itu?, memang tak asing ditelinga namun sangat sulit untuk diungkapkan mengenai maksud dari seni itu sendiri.

Seni dapat diartikan sebagai salah satu bentuk keindahan yang tak bisa dinilai baik dari sisi harga maupun level tingkatannya yang secara tak langsung mampu menggerakan kesadaran akan perasaan serta mampu mengendalikan sisi emosional baik dari pelaku seni maupun penikmat seni.

Namun jika merujuk dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, Seni memiliki pengertian sebagai sebuah hasil karya dari penciptanya yang tentunya dilandasi dengan keahlian dan memiliki nilai atau makna yang tersirat dengan imajinasi tinggi.

Pengertian Seni juga senada seperti yang dikutip dari buku Ensiklopedi Nasional Indonesia yang menuturkan seni merupakan bentuk ekpresi dari buah karya maupun ide yang tertuang didalamnya yang berakitan dengan inspirasi maupun pemikiran secara estetika yang diwujudkan dalam beragam hal seperti benda, suara, maupun karya yang memiliki nilai serta memunculkan perasaan tersendiri.

Nah untuk menilik lebih jauh mengenai seni, berikut kami hadirkan beragam definisi pengertian seni menurut para ahli yang sekalian dapat dijadikan sebagai salah satu referensi untuk anda.

10 Pengertian Seni Menurut Para Ahli

Pengertian Seni Menurut Quraish Shihab, M.A.

Salah satu mantan menteri Agama ternama sekaligus penceramah ini mengawali pendapat mengenai pengertian seni, menurut belaiu seni merupakan sebuah eksresi ruh dengan nilai keindahan yang takarannya berbeda-beda bagi setiap penikmatnya.Seni terlahir dari dalam diri penciptanya melalui sebuah doroongan yang kuat dari dalam nurani atas anugrah fitrah yang diberikan oleh allah SWT kepada para hambanya.

Pengertian Seni Menurut Yusuf Al-Qardhawi

Menurut tokoh agama ini, Seni merupakan bagian dari kemampuan dalam mengungkapkan serta meraskan bentuk keindahan yang dapat diwujudkan dalam beragam hal.

Pengertian Seni Menurut Plato dan Rousseau

Menurut beliau seni merupakan hasil tiruan yang ada dialam baik dari segala sisi kehidupan yang ada di alam.

Pengertian Seni Menurut Aristoteles

Hal berbeda justru diungkapkan Aristoteles dalam hal yang berkaitan dengan seni, ya menurutnya seni merupakan sebuah keunggulan yang memeliki falsafat dengan sifat universal. Aristoteles tak hanya menempatkan seni sebagai tiruan semata melainkan memiliki arti yang lebih dalam baik dari tiruan alamiah maupun manusia.

Pengertian Seni Menurut Schopenhauer

Schopenhauer juga turut mengungkapkan pendapatnya mengenai definisi maupun pengertian seni yang sebenarnya yakni lebih ke usaha yang dilakukan dalam beragam bentuk yang memiliki keindahan dan bersifat menyenangkan yang bertujuan untuk membuat orang lain senang, bahagian ataupun dapat menggerakan perasaannya.
10 Definisi Pengertian Seni Menurut Para Ahli

Pengertian Seni Menurut Leo Tolstoy

Seni menurut Leo Tolstoy adalah ungkapan perasaan pencipta yang disampaikan kepada orang lain agar mereka dapat merasakan apa yang dirasakan pelukis.

Pengertian Seni Menurut Thomas Munro

Seni menurut Thomas Munro adalah alat buatan manusia untuk menimbulkan efek-efek psikologis atas manusia lain yang melihatnya.

Pengertian Seni Menurut Teori Ekspresi Seni Modern

Seni adalah ungkapan emosi atau ungkapan perasaan seniman

Pengertian Seni Menurut Brade

Seni adalah pemanfaatan budi dan akal untuk menghasilkan karya yang membahagiakan jiwa spiritual manusia

Pengertian Seni Menurut Lager

Seni menurut Lager seni adalah kegiatan untuk menciptakan sesuatu yang dapat dipahami oleh perasaan manusia bentuknya berupa lukisan patung, arsitektur, musik, tari, film dan lain-lain.