10 Definisi Pengertian Sistem Informasi Menurut Para Ahli

TugasSekolah.com - 10 Definisi Pengertian Sistem Informasi Menurut Para Ahli. Jika diartikan secara harwiah atau secara umum, segala sesuatu yang dikombinasikan dan tersusun secara sistematis guna menjadi penopang maupun pendukung sebuah pengoperasian maupun bentuk manajemen untuk selanjutnya dijadikan sebagai bahan rujukan maupun penerus sebuah informasi yang menghasilkan interaksi.

Tentunya Sistem Informasi juga erat kaitannya dengan interaksi baik antar user maupun perangkat dengan pengolahan data yang akan menghasilkan sebuah informasi. Membahas mengenai sistem dan informasi tentunya tak kan ada habisnya terlebih terkait dengan teknologi.

Namun sebelum lebih jauh membahas mengenai sistem informasi alangkah lebih baik untuk mengetahui terlebih dahulu mengenai pengertian sistem informasi yang diperkuat dengan pandangan menurut para ahli yang akan kami sajikan dibawah ini:

10 Pengertian Sistem Informasi Menurut Para Ahli

Jika merujuk dari pemaknaan mengenai sistem informasi tentunya tak akan lepas dari sistem lainnya yang berkaitan erat dengan komunikasi sebagai proses dan hasil dari sistem tersebut. Bahkan ada pula yang mengartikan sistem informaai sebagai salah satu perwakilan bahasa formal dalam mendukung aktivitas manusia dalam berinteraksi dan mengambil keputusan maupun tindakan.

Pengertian Sistem Informasi Menurut Mc. Leod

Sistem Informasi dapat dartikan sebagai sebuah kemampuan tertentu menurut Mc. Leod yang kemudian berfungsi sebagai pengumpul dari beragam informasi yang didapat dari banyak sumber seperti halnya media sebagai salah satu alat untuk menyebar maupun menampilkan informasi yang telah diperoleh tersebut.

Pengertian Sistem Informasi Menurut Hanny Lucas (1988)

Berbeda dengan Mc. Leod, Hanny Lucas juga turut menuturkan mengenai sistem informasi yang merupakan sebuah kegiatan yang diorganisasikan oleh banyak produser kemudian menghasilkan sebuah perintah untuk menyediakan dan menampilkan informasi guna menjadi pendukung interaksi maupun dalam membuat sebuah keputusan yang mampu mengendalikan organisasi tersebut.

Pengertian Sistem Informasi Menurut Tata Sutabri

Salah satu pakar tanah air juga turut mengemukakan pendapatnya mengenai sistem informasi yang merupakan bentuk penciptaan secara sistematis yang tentunya memiliki kemampuan untuk menyediakan kebutuhan informasi dari segala pengolahan data yang dilakukan serta transaksi yang berkaitan dengan fungsi manajemen dalam suatu organisasi.

Pengertian Sistem Informasi Menurut Riyadi

Dari sebuah buku karyanya, Riyadi juga turut mengungkapkan mengenai pengertian sistem informasi yang lebih ke arah penyediaan sebuah informasi yang memiliki nilai bagi para penggunanya dari sebuah sistem pengumpulan, pengolahan data informasi yang masing-masing memiliki keterkaitan antar sistem degan terintegrasi antara manusia dan mesin sebagai penyedia dan pengolahnya.

Pengertian Sistem Informasi Menurut Erwan Arbie

Erwan Arbie juga memberikan pengertian lainnya mengenai sistem informasi. Sistem informasi adalah sebuah sistem dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, bantuan dan dukungan operasi, bersifat manajerial dari suatu organisasi dan membantu memfasilitasi penyediaan laporan yang diperlukan.

Pengertian Sistem Informasi Menurut Tafri D. Muhyuzir

Jika berdasarkan pendapat Muhyuzr yang menyebutkan, Sistem informasi merupakan serangkaian proses pengumpulan data yang kemudian diklasifikasi dan diolah menjadi sebuah informasi yang memiliki tingkat entitas tunggal namun memiliki kemampuan dalam menopang satu sama lain dengan menciptakan interaksi dalam berbagi informasi yang tentunya sangat dibutuhkan oleh si pengguna.

10 Definisi Pengertian Sistem Informasi Menurut Para Ahli


Pengertian Sistem Informasi Menurut O’Brien

Sedangkan O’Brien lebih mengartikan sistem informaasi sebagai bagian dari kombinasi dari setiap komponen maupun unit yang tentunya dioperasikan oleh si pengguna seperti perangkat komputer yang terdiri dari hardware, software serta jaringan maupun databes yang mampu mengumpulkan informasi, diolah dan penyebaran informasinya.

Pengertian Sistem Informasi Menurut Leitch Rosses

Leitch Rosess turut mengatakan mengenai sistem informasi yang merupakan suatu sistem yang terdapat dalam suatu organisasi dengan kemampuan pengolahan transaksi, pengolahan kegiatan, penerapan hingga penyajian hasil dari pengolahan yang kemudian disampaikan ke beberapa pihak yang membutuhkan.

Pengertian Sistem Informasi Menurut John Nash & Robert (1988)

Dalam sebuah buku karangan Sudaya, dua tokoh yakni Nash dan Robert lebih menganggap sistem informasi sebagai kombinasi dari user (pengguna), teknologi, media, prosedur, dan juga pengendalian, yang memiliki tujuan tertentu. Tujuan tersebut adalah untuk mendapatkan atau memperoleh jalur komunikasi, memproses tipe transaksi, dan memberi sinyal kepada manajemen terhadap kejadian internal di dalam suatu organisasi.

Pengertian Sistem Informasi Menurut Lani Sidharta

Sidharta, mengatakan bahwa sistem informasi merupakan suatu sistem yang dibuat oleh manusia yang berisi serangkaian komponen-komponen terpadu, serta bagian komponen terkomputerisasi yang ditujukan untuk mengumpulkan data, mengolah data, dan menghasilkan informasi bagi pengguna.




Sumber Pustaka: "Dikutip dari berbagai sumber"