Contoh Bagian Surat Resmi dalam Bahasa Inggris

A. Subject Heading (Peribal Surat)

Format yang biasanya memakai subject heading (subject line) adalah format surat yang disederhanakan letter). Subject heading menunjukkan perihal surat dan memberikan ringkasan dari apa yang tertulis dalam surat. Subject line biasanya diberi garis bawah, ditulis tebal, atau ditulis dengan huruf besar. Perihal surat biasa ditulis seperti contoh-contoh berikut:

✓ SUBJECT : NEW REGULATION
✓ Subject : New Regulation 
✓ Subject : New Regulation
✓ e New Regulation 
✓ NEW REGULATION 
 

B. Body of Letter (Tubuh Surat)

Tubuh surat merupakan bagian utama surat: Di bagian inilah, Anda meminta dan memberikan informasi, mengemukakan keluhan, membuat permintaan, dll. Hal penting yang harus diingat dalam menulis bagian ini adalah menggunakan bahasa yang ringkas, sederhana dan jelas agar apa yang kita maksudkan bisa dimengerti dengan tepat oleh si pembaca, sehingga tujuan mengirimkan surat bisa tercapai.

Kata-kata yang sulit dan kompleks hendaknya dihindari, ejaan pun harus akurat. Tanda tulis harus dipertimbangkan baik-baik dan hubungan antar paragraf harus logis dan mudah dimengerti. Pada beberapa literatur, tubuh surat disebutkan terdiri dari tiga bagian yakni paragraf pembuka, tubuh surat itu sendiri, dan paragraf penutup.

Perlu tidaknya paragraf pembuka dan penutup ini sebenarnya akan tergantung pada jenis suat yang ditulis. Khusus mengenai alinea pem-. buka dan penutup ini sesungguhn. ya terdapat ungkapan-ungkapan yang sudah baku atau biasa dipakai. Pada bab-bab selanjutnya Anda akan bisa melihat contoh-contoh dari ungkapan untuk alinea pembuka dan penutup, yang bervariasi tergantung dari jenis surat yang ditulis.

C. Complimentary Close (Salam Penutup)

Salam penutup diletakkan pada bagian akhir surat. Seperti juga salam pembuka, salarn penutup bervariasi menurut tingkat formalitas. Yang paling formal adalah "Very truly yours". Bentuk-bentuk lainnya adalah: 

Contoh Bagian Surat Resmi dalam Bahasa Inggris

✓ Respectfully, atau
✓ Yours respectfully,
✓ Yours sincerely, atau
✓ Sincerely yours, Yours faithfully, Yours truly,
✓ Cordially,
✓ Sincerely,
✓ Yours, 

Jika salam pembuka memakai " Dear Sir", misalnya, maka salam penutup yang cocok adalah "Yours faithfully", atau yang kurang umum "Yours truly". Sedangkan "Yours sincerely" atau "Sineerely yours", dipakai jika salam pembukanya menggunakan misalnya "Dear Mr. Black", "Dear Ms. White", dan seterusnya. Untuk lebih jelasnya hubungan yang erat antara salam pembuka dan penutup, diikhtisarkan sebagai berikut: Dear Sir, Dear Sirs, Dear Madam, Dear Mesdamest.

Dear Mr. 131ack, Dear Ms. White
Gentlemen, Ladies 

Yours faithfully, Yours truly
Yours sincerely, Yours truly
Yours respectfully



Sumber Pustaka: Kesaint Blanc-Anggota IKAPI