Contoh dan Cara Latihan Meningkatkan Kemampuan Berbahasa

A. Mendengarkan dan Menanggapi Informasi
Informasi mengenai berbagai peristiwa dapat kita cari melalui berbagai media, baik media cetak maupun media elektronik. Dengan adanya kemajuan di bidang teknologi informatika, dalam waktu singkat kita dapat menyaksikan berbagai peristiwa dari mana pun di dunia ini. Ketika kita dihadapkan dengan berbagai peristiwa, kita harus mampu memilih dan memilah peristiwa mana yang layak untuk kita konsumsi.

B. Mendengarkan Informasi dari Televisi
Dengarkan informasi yang dibacakan gurumu berikut ini!

Kasus penyakit demam berdarah yang selama ini ditemukan hanya pada usia kanak-kanak dan balita belakangan juga mulai ditemukan pada usia remaja, seperti yang terjadi pada beberapa kota di Jawa Tengah. Wakil Kepala Dinas Kesehatan, dr. Budi Rahardja menengarai ada pergeseran imunitas atau tingkat kekebalan tubuh manusia terhadap penyakit yang disebabkan oleh nyamuk Aedes aegyptytersebut sehingga demam berdarah mulai tampak menyerang usia remaja dan orang tua.

Angka kematian akibat demam berdarah juga tampak meningkat. Jika sebelumnya tercatat 1,52 kematian per 100 kasus, kini meningkat menjadi 2,18 kematian per 100 kasus. Serangan penyakit demam berdarah pada Provinsi Jawa Tengah yang sebelumnya ditemukan di Kabupaten Tegal dan Pekalongan, belakangan juga ditemukan di kawasan pantai utara Pulau Jawa, seperti: pada Kabupaten Kudus, Rembang, dan Jepara. 

C. Menangkap Isi SiaranSebuah paraton yang baru saja kalian dengar merupakan sebuah peristiwa yang sedang terjadi di Provinsi Jawa Tengah, yakni terjangkitnya penyakit demam berdarah. Paraton tersebut mengandung empat informasi. Jika keempat informasi tersebut ditulis ulang ke cialam bentuk kalimat, jadilah informasi lengkap seperti berikut ini. 

Contoh dan Cara Latihan Meningkatkan Kemampuan Berbahasa

Jika keempat kalimat tersebut disusun ke dalam bentuk paragraf (untuk bahasa tulis) atau paraton (untuk bahasa lisan), dapatlah disusun sebagai berikut. Penyakit demam berdarah tidak saja menyerang kanak-kanak dan balita, tetapi juga remaja dan orang tua. 

Wakil Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah menengarai adanya pergeseran imunitas atau tingkat kekebalan tubuh terhadap penyakit sehingga daya serangnya semakin meluas. Angka kematian yang disebabkan demam berdarah pun semakin meningkat. Saat ini demam berdarah menyerang berbagai kabupaten di Provinsi lawa Tengah.




Sumber Pustaka: Yudhistira