Contoh Surat Lamaran Beasiswa Keluar Negeri

Pada umumnya berkas lamaran beasiswa berisi daftar riwayat hidup, pengalaman penelitian sebelumnya, kondisi penelitian saat ini, tema penelitian yang ingin dilakukan, dll.

Di antara semua item di atas yang terpenting adalah pengalaman penelitian sebelumnya, keinginan dan aktivitas penelitian saat ini, dan rencana penelitian yang dilakukan dalam masa pemberian beasiswa. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam pengisian formulir:
  • Kalimat harus jelas dan mudah dimengerti
  • Kalimat harus ditulis dengan bahasa Inggris yang baik dan benar. Sedapat mungkin hindari kesa-lahan-kesalahan ketik, juga kesalahan tata bahasa dan ejaan.
  • Tonjolkan keaslian dari tema penelitian Kang akan dilakukan.
  • Ketika menulis maksud dan latar belakang tema penelitian, berikan pendahuluan yang sifatnya populer/umum sehingga ilmuwan dari latar be-lakang apa pun akan mengerti. Harus diingat bahwa orang yang akan menilai berkas lamaran Anda belum tentu mempunyai latar belakang pengetahuan yang sama dengan Anda.
  • Motivasi adalah salah satu aspek terpenting yang dinilai. Jelaskan motivasi Anda belajar ke luar negeri dengan bahasa lugas dan meyakinkan.
  • Rencana penelitian setelah menyelesaikan program penelitian di luar negeri. Hal ini harus dikonsultasikan dahulu dengan atasan Anda. Selain Anda sendiri harus mengemukakannya, atasan Anda pun mesti memberikan keterangan/penjelasan tentang rencana Anda setelah selesai studi.
  • Rencana penelitian ya.ng dikemukakan harus realistis dan luwes, dan mampu diselesaikan dalam masa pemberian beasiswa. Hindari rencana-rencana penelitian yang terlalu ketat/ambisius. Hal ini tidak bermanfaat sama sekali. Dalam hal ini Anda perlu menekankan bahwa apa yang Anda pelajari/teliti akan sangat bermanfaat bagi perkembangan iptek di Indonesia.

Beberapa aspek yang dinilai dalam lamaran beasiswa, antara lain:
  • Identification of Applicant Yang ditulis dalam aspek ini adalah nama lengkap, alamat surat menyurat, alamat rumah, tempat dan tanggal lahir, kewarganegaraan, status nikah, jenis kelamin, anggota keluarga.
  • Education and Experience Kualifikasi pendidikan dan pengal‘sman kerja harus ditulis al-search Experience Pengalaman penelitian sebelumnya, daftar publikasi ilmiah, keinginan dan aktivitas penelitian yang dikerjakan saat ini. 


Contoh Surat Lamaran Beasiswa Keluar Negeri

  • Proposed Studies or Research Program selama belajar di luar negeri atau selama mendapat beasiswa, nama sekaligus alamat dari mini-mal tiga orang yang mengetahui benar pekerjaan Anda untuk bertindak sebagai tim penilai, laboratorium tempat bekerja dan pembimbing, kemampuart bahasa asing, beasiswa atau dana penelitian yang pernah diterima, nama beasiswa atau grant yang dilamar.
  • Certification Penjelasan pemerintah, penjelasan si pelamar bahwa ia menerima syarat-syarat mengikat/tidak mengikat jika menerima beasiswa,dalam hal ini atasan anda pun harus memberikan penjelasan yang sama.
  • Medical Report - Surat keterangan kesehatan.




Sumber Pustaka: Kesaint Blanc-Anggota IKAPI