Contoh Surat Pemesanan Akomodasi Hotel

Ketika Anda merencanakan untuk mengikuti suatu simposium internasional di luar negeri, atau acara-acara lain maka selain persiapan bahan-bahan presentasi, pemesanan tiket pesawat, pemesanan kamar hotel dan hal lain sejenisnya, yang tak kalah pentingnya adalah mendapatkan visa dari negara yang akan dituju.

Pada beberapa kasus, proses mendapatkan visa ini tidak mudah, terutama untuk visa negara-negara maju, seperti Amerika Serikat, Inggris dan Jepang. Khususnya jika Anda ke luar negeri atas nama pribadi. Proses bisa menjadi berbelit-belit, sehingga perlu penanganan tersendiri.

Persyaratan dan pertanyaan yang paling umum adalah apa tujuan Anda .mendapatkan visa, berapa lama, siapa atau badan apa yang membiayai perjalanan Anda dan biaya hidup selama di luar negeri, kota-kota apa saja yang akan Anda kunjungi, selama tinggal di sana Anda menginap di mana, itulah beberapa pertanyaan yang harus Anda jawab.

Anda pun harus memiliki kartu kredit, atau jika tidak, Anda harus menyatakan berapa banyak uang yang akan Anda bawa pergi. Ditambah lagi, Anda harus menyertakan fotokopi pemesanan kamar hotel beserta konfirmasi dari pihak hotel (jika akan tinggal di hotel) dan tiket pesawat pulang pergi.

Segalanya akan berlangsung lancar jika semua persyaratan dapat Anda penuhi. Namun akan lebih mudah jika Anda pergi ke luar negeri atas nama instansi atau perusahaan tempat Anda bekerja. Berikut penulisan dalam memesan akomodasi hotel, hal-hal berikut harus dinyatakan dengan tepat dan jelas, permintaan tipe kamar, pemberitahuan tanggal kedatangan dan kepergian, dan meminta konfirmasi terhadap pemesanan tersebut.

Contoh Surat Pemesanan Akomodasi Hotel

Dalam beberapa kasus pemesanan akomodasi hotel harus pula disertai dengan jaminan kartu kredit atau uang tunai (biasanya senilai sewa) sebagai deposit.

Format penulisan Daftar Riwayat Hidup atau Curriculum Vitae (cv) sebetulnya cukup bervariasi. Namun CV yang baku harus mencantumkan nama lengkap (first name, middle name, family name), jenis kelamin, tempat dan tanggal lahir, kebangsaan, alamat tempat tinggal dan tempat kerja, riwayat pendidikan, pekerjaan, dan penga-laman.

Keanggoataan dalam suatu komunitas ilmiah maupun non-ilmiah juga mesti disertakan. Jika mempunyai prestasi-prestasi akademis yang cukup menonjol, misalnya karya-karya ilmiah yang berharga, harus pula disebutkan. Berikut adalah satu contoh penulisan CV yang baik.


Sumber Pustaka: Kesaint Blanc-Anggota IKAPI