Contoh Surat Permintaan Kerjasama Penelitian

Permintaan untuk Kerjasama Penelitian - Terutama untuk para peneliti yang sudah saling kenal, seorang peneliti biasanya akan menghubungi peneliti lainnya untuk menggalang kerjasama sehingga persoalan-persoalan yang dia hadapi bisa diselesaikan dengan baik dan bisa dipertanggung jawabkan secara ilmiah.

Ketika kita melayangkan surat untuk mengajak kolega kita bekerja sama dalam penelitian, minimal kita harus menyampaikan alasan yang logis/ilmiah kenapa kita mengajak kerja sama. Persoalan spesifik apa yang kita hadapi sehingga mendorong kita untuk mengajak bekerja sama.

Juga akan lebih baik jika kita memberikan pernyataan bahwa dalam makalah-makalah ilmiah hasil dari kerja sama tersebut akan menyertakan nama peneliti yang kita ajak kerjasamanya sebagai peneliti bersama. Berikut penulis berikan dua contoh surat tersebut.

Pemintaan Salinan Makalah

Ketika Anda melakukan studi literatur tentu Anda menemukan beberapa makalah yang menarik ka.rena berkaitan erat dengan bidang penelitian yang Anda geluti. Sangat beruntung jika di sekeliling Anda tersedia suatu perpustakaan lengkap yang menyediakan berbagai literatur ilmiah. Namun kondisi ideal seperti yang ada di negara-negara maju tersebut masih jauh untuk dicapai oleh kita di sini.

Di Indonesia, Anda bisa meminta jasa LIPI atau British Council untuk mendapatkan literatur. Perpustakaan di beberapa universitas di Tanah Air juga memberikan jasa pelayanan literatur. Namun semuanya dengan biaya yang relatif mahal dan waktu yang lama.

Contoh surat Permintaan Kerjasama Penelitian

Anda pun bisa mencari literatur lewat jasa perpustakaan di universitas-universitas di luar negeri. Pada umumnya, perpustakaan dari berbagai universitas besar menyediakan jasa pelayanan literatur secara profesional. Dan kini melalui internet, detail dari semua jenis pelayanan beserta biayanya dapat Anda ketahui dengan cepat.

Sebagai alternatif terakhir, Anda pun bisa meminta langsung salinan (reprint) makalah atau fotokopinya ke pengarangnya langsung. Dan ini justru lebih murah dan sederhana dalam pelaksanaannya.

Meminta halaman suatu makalah yang pernah muncul di suatu jurnal atau majalah umum, biasanya cukup dengan mengirimkan kartu pos. Di beberapa institusi, departemen, atau laboratorium tertentu, biasanya kartu pos seperti itu sudah tersetdia. Berikut adalah satu gaya penu-lisan untuk surat permintaan salinan makalah.




Sumber Pustaka: Kesaint Blanc-Anggota IKAPI