Definisi dan Teknik Menyusun Makalah Saintifik

Teknik Menyusun Makalah Saintifik - Menguraikan suatu persoalan berdimensi luas, seperti teknik penulisan makalah saintifik, hanya dalam satu bab saja sebenarnya jauh dari mencukupi. Apalagi penulisan makalah dalam bahasa Inggris. Materi seperti ini perlu dipaparkan secara detil dan mendalam dalam satu manuskrip tersendiri.

Oleh karenanya, apa yang penulis sajikan pada bab ini bukan sebuah pembahasan yang komprehensif mengenai teknik penulisan makalah saintifik. Bab ini hanya menyajikan secara ringkas beberapa aspek dasar dalam proses penulisan suatu makalah saintifik dalam bahasa Inggris, juga tentang cara penyusunan/ penulisan setiap bagian dari suatu makalah saintifik. 

Definisi Makalah Saintifik

Perlu penulis tegaskan terlebih dahulu bahwa istilah "makalah saintifik" yang dimaksud dalam buku ini merupakan terjemahan dari istilah scientific paper. Suatu tulisan digolongkan sebagai makalah saintifik jika berisi laporan tertulis yang telah dipublikasikan secara umum dan menggambarkan hasil-hasil penelitian.

Suatu makalah bisa disebut samtifik jika chtulis dengan cara yang sudah dibakukan menurut kaidah-kaidah penulisan tertentu dan dipublikasikan melalui suatu prosedur yang sudah ditetapkan. Publikasi yang memungkinkan suatu makalah menjadi bersifat saintifik dikatakan sebagai publikasi yang valid".

Bagaimana makna nyata dari suatu publikasi yang valid? Suatu publikasi yang valid adalah publikasi primer yang bisa diterima (acceptable) yang mengandung mformasi cukup, sedemikian rupa sehingga memungkinkan para ilmuwan lain untuk:
  • mengkaji hasil-hasil pengamatan/penelitiannya
  • mengulang eksperimennya dengan hasil yang persis sama seperti yang diinformasikan
  • mengevaluasi proses-proses intelektual yang terkandung dalam publikasi tersebut
Syarat lain untuk suatu publikasi yang valid adalah bahwa publikasi tersebut harus peka terhadap persepsi sensor, bersifat permanen, tersedia untuk semua komunitas saintifik, artinya muncul dalam suatu jumal atau dokumen sumber lain yang mudah tersedia dalam komunitas saintifik, tersedia untuk skrining reguler oleh berbagai penyedia jasa informasi publikasi yang sudah diakui reputasinya seperti Chemical Abstracts, Bibliography Agricutture, Biological Abstracts, dll. Syarat berikutnya bagi makala.h saintifik adalah harus bersi.fat logis, jelas, dan tepat

Definisi dan Teknik Menyusun Makalah Saintifik

Menyimak uraian di atas, maka abstrak, tesis, laporan konferensi, laporan teknis intern dan banyak jems hteratur lain tidak layak disebut makalah saintifik bila tidak memenuhi persyaratan publikasi yang valid. Bahkan seandainya Anda telah menulis suatu makalah dan memenuhi seinua persyaratan untuk suatu publikasi yang valid, makalah tetap tidak layak dianggap sebagai saintifik jika dipublikasikan pada tempat (baca: jurnal) yang salah.

Akan tetapi jika ditenma dan dipublikasikan pada tempat yang benar, yakni suatu jurnal berskala mternasional yang sudah diakui reputasinya secara internasional, maka ia dianggap makalah saintifik. Suatu makalah atau laporan penelitian dengan kualitas yang relatif rendah biasanya tidak bisa digolongkan dalam publikasi yang valid. Bahkan seandainya laporan penghentian telah dipersiapkan dengan baik, tetap tidak layak disebut suatu publikasi yang valid jika dipublikasikan pada tempat yang salah.



Sumber Pustaka: Kesaint Blanc-Anggota IKAPI