Definisi Pengertian Surat Permintaan dan Pemesanan

A. Surat Permintaan (Request Letters)
Suatu surat permintaan (request letter) menanyakan informasi atau bahan dari seseorang atau badan tertentu. Hal yang ingin Anda tanyakan sama sekali tidak ada batasannya. Anda bebas menanyakan dan mengungkapkan apa yang Anda inginkan dalam surat tersebut.

Bahkan, Anda mesti memberikan sebanyak mungkin perhatian kepada surat ini seperti Anda memberikan perhatian / keseriusan terhadap surat-surat lainnya. Surat yang ditulis dengan baik akan mempunyai kesempatan yang lebih besar untuk berhasil dari pada surat yang ditulis asal-asalan.

Pada kebanyakan kasus, permintaan Anda akan mendapatkan perhatian lebih besar jika Anda menyertakan juga amplop untuk surat balasan, yang ditempeli perangko dan ditulis nama serta alamat Anda dengan jelas. Berikut penulis berikan contoh-contoh dari surat permintaan.

B. Surat Pemesanan (Order Letter) Sebagai tindak lanjut terhadap surat balasan di atas tentu Anda akan memesan barang jika sesuai dengan kebutuhan. Dan biasanya pemesanan pun dilakukan lalui surat pemesanan (order letter). Surat pemesanan harus ditulis dengan jelas, sebab kalau tidak demikian akan rnenimbulkan kekacauan.

Nyatakan secarapasti apa yang Anda inginkan ketika memesan barang dengan surat pemesanan. Dalam surat pemesanan, beberapa hal berikut biasanya mesti dimasukkan: 

  • Nama barang dan nomor katalog yang benar untuk setiap barang yang dipesan, juga kualitas dan kuantitasnya.
  • Kondisi dan kualifikasinya
  • Harga masing-masing barang dan jumlah totalnya dengan tepat.
  • Alternatif-alternatif yang bisa diterirna jika barang-barang yang dipesan tidak tersedia. 

Definisi Pengertian Surat Permintaan dan Pemesanan

  • Jika harus membayar uang muka, jumlah uang/cek yang dikirim juga harus tepat.
  • Jumlah pajak konsumsi (jika diminta).
  • Jumlah biaya pengiriman Oika diminta).
  • Alamat pengiriman barang yang jelas dan benar.
  • Kalimat penutup, yang blasanya berupa suatu permintaan kepada pihak penyuplai untuk segera melaksanakan pesanan dengan hati-hati.

Berikut penulis berikan satu contoh surat pemesanan yang sesum dengan aturan-aturan surat pemesanan: Pembayaran bisa juga dilakukan ketika barang sudah datang dan untuk kasus di atas Anda bisa menulis: Payment will be by banker's transfer on receipt of the resin.



Sumber Pustaka: Kesaint Blanc-Anggota IKAPI